Ziarah Blogger : Jamasan bersama Blogger Yogya

Perjalanan lanjutan dari Ziarah Blogger  2009 setelah dari Solo mengunjungi Komunitas Blogger Solo (bengawan.com) adalah Yogyakarta mengunjungi komunitas blogger di tersebut, yaitu Cahandong dan Angkringan. Kegiatan dilangsungkan di Alun-alun Kidul (selatan) Yogyakarta. Suasana Alun-alun Kidul ramai dengan masyarakat yang sekedar angkringan ataupun menyaksikan pertunjukan wayang.

Rencana awal jam 4 sore, namun perjalanan yang cukup panjang, akhirnya baru sampai sekitar jam 6 sore. Namun teman-teman Cahandong dan Angkringan yang beramai-ramai walaupun hujan mengujur kota Yogya, masih setia menunggu rombongan Ziarah Blogger Timur Tengah (beberapa blogger dan komunitas ikut antara lain Tugupahlawan.com, warok Kotareyog.com, dan Blogger Solo bengawan.com).

Kita disambut dengan hangat, duduk di pinggiran pelataran Alun-alun Kidul. Bersilaturahmi di angkringan Alun-alun kidul. dengan menu angkringan seperti teh anget, jeruk anget, jajanan, dan  tak lupa nasi kucing, ciri khas Yogya, nikmat merasakan kehangatan di tengah dinginnya kota Yogya yang diguyur gerimis hujan.

Ada acara khusus yang disediakan oleh teman-teman di yogya, yaitu JAMASAN (Jamuan Masangin) Wali Blogger 2009. Acara tersebut seperti kutipan dari situs cahandong.org berikut :

Acara Masangin itu sendiri adalah berjalan ke selatan melintasi dua pohon beringin tua yang ada di tengah lapangan Alun-alun Kidul. Dua pohon yang jaraknya adalah sekitar 15 meter tidak mudah dilewati, lho. Karena ketika berjalan itu mata harus dalam kondisi tertutup. Sesuai mitos yang beredar di kalangan masyarakat, apabila seseorang mampu melewati kedua pohon maka keinginana atau impiannya akan dikabulkan. Sedangkan jika gagal, maka jangan berharap banyak keinginannya akan dikabulkan. Tapi sekali lagi ini adalah mitos. Boleh percaya, tidak percaya pun silahkan.Jamasan

Acara tersebut menarik, beberapa dari teman-teman ziarah blogger melakukan ritual tersebut, menambah kemeriahan acara ziarah di Yogya kali ini. Namun  kebanyakan yang salah arah, tidak bisa menembus di antara kedua pohon tersebut, bahkan sampai mencoba dua kali atau lebihpun ndak bisa. Hanya ada 2 anggota TPC yang lolos dari mitos tersebut, yaitu aRuL dan Pandu.

Sekitar pukul 20.30 kita melanjutkan perjalanan menuju Purworejo menuju Gunung Kelir sebagai pusat kegiatan dari Ziarah Blogger 2009 ini. Terima kasih buat teman-teman Cahandong dan Angkringan atas sambutan luar biasanya 😉

Foto-foto kegiatan

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Berikut daftar hadir teman-teman dari cahandong dan angkringan ikut kopdar bersama kami :

  1. Yeni : http://the.sandalian.com
  2. Choro : http://choro.wordpress.com
  3. Momon http://hermansaksono.com
  4. Memeth http://restlessangel.wordpress.com
  5. Zaki Senafal http://senafal.wordpress.com
  6. Lina http://pericantik.blogspot.com
  7. Danoe http://mengeja.wordpress.com
  8. Alle http://alle.wordpress.com
  9. Pengki http://blog.superpengki.net
  10. Wisnu http://westnu.wordpress.com
  11. Peter http://17april.com
  12. Paydjo http://paydjo.net
  13. Anno smile http://teamtouring.web.id
  14. Nico Wijaya http://sekarduside.com
  15. Fickry http://defickry.wordpress.com
  16. Indah http://tintaindah.net
  17. Funkshit http://funk-shit.la
  18. Lala http://cinila.com
  19. Thomas Arie http://orangescale.net
  20. Amma http://asmaul.org
  21. Iphan http://otakiphan.wordpress.com
  22. Tika banget http://tikabanget.com
  23. Anto bilang http://antobilang.wordpress.com

23 Responses to “Ziarah Blogger : Jamasan bersama Blogger Yogya”

  1. radit :

    pertamaxxx……

    emang ritual yg nembus pohon itu udah melegenda, dan saya sudahmencoba dan membuktikan,ternyata berhasil…

    Sukses bwad acara di jogja nya… sambutannya meriah banged

    titip gudeg satu…

  2. ndoro kakung :

    semoga menjadi wali blogger yang mabrur

  3. Fenty :

    Arul sama Pandu hebat bisa melewati pohon itu, sama kaya’ Deddy Corbuzer, hahahahaha … dulu kan ada acaranya :p

  4. p4ndu_454kura® :

    Foto pas jamasannya mana? 😕

  5. budiOno :

    wah sayang sekali ndak ikut, kan bisa ketemu memeth meong sesama pecinta kucing. [mandi kucing?]

  6. Video Blogging by Thomas Arie Setiawan :

    Ziarah Wali Blogger…

    Some bloggers from East Java — organized by TPC (Tugu Pahlawan Community) holds an event called “Ziarah Wali Blogger”. In this event, they travelled (by cars and motorbikes) from Surabaya to other cities in Java. They started their j…

  7. Dony Alfan :

    Pas neng Solo gak ono liputane yo?

  8. Gempur :

    @Dony Alfan: untuk reportase solo, kayaknya reporternya masih kesulitan update postingan mas. tunggu ajah! 😀

  9. aRai :

    wih seru rek …

  10. kyai slamet :

    budhal

  11. Sharon :

    apa yang yang dipengenin arul? hmmmmm

  12. sandal :

    Nyuwun sewu ya Cak kalau ada kekurangan dalam penyambutan kami. Gelas di angkringan jumlahnya terbatas jadi harus diplastiki kayak kemarin itu.

  13. Mrs. Intan :

    Waaaaaaaaaaaaaaa kok ndak ngajak2 ta ziarahnya,…
    pengen JAMASAN lage. Hampir 8 taon di Jgja lom prnah berhasil “nembus dua pohon itu.”
    Pa masih kebanyakan dosa ya,…. 🙂

  14. azaxs :

    Mapag terus budhal! 😆

  15. Ziarah Part II | LiVi@_poetRi :

    […] wali blogger timur tengah yang diikuti blogger TPC dan dkk udah finish hari senin kemarin. Ziarah diteruskan oleh rombongan BPC blogger ngawi tapi […]

  16. Yunan :

    wuah, teman lama saya di angkringan Thomas..apa kabar nya ?

  17. amril :

    wah buat anak jogja slamat ya atas kumpul breng dgn blogger indonesia

  18. amril :

    ass.slamat ya buat anak jojgja yg ngerayain ramatamah dipohon beringin

  19. amril :

    aril86

  20. annosmile :

    he3x..
    kapan2 ontime ya

  21. farida :

    HMM… SERU TUH KUMPUL2NYA

  22. liqo' :

    enak nih.. kapan ya manado ada komunitas blogger.. bagi blogger manado, bikin komunitas yuk. di web aku ada facebook aku. kita in touch disana ok. thanks to arul

  23. excelvou :

    banyak juga ya membernya

Leave a Reply