Museum Tugu Pahlawan (10 November)

2 minggu lalu aku dan teman2 dari komunitas Wisata Surabaya mengadakan Tour de Museum 2009. Kita mengitari 4 museum kondang di Surabaya. Salah satunya, adalah museum yang menjadi insipirasi nama bagi komunitas ini, yakni Tugu Pahlawan.

Sebenarnya lumayan malu, masa sudah 8 tahun di Surabaya tapi belum pernah menginjakkan kaki ke museum ini :D Paling banter, sebelumnya saya hanya bisa menatap Tugu Pahlawan dari kejauhan saat menyantap Bebek Goreng Tembaan. Tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali bukan?

Tugu Pahlawan sendiri berdiri setinggi 41 meter. Areal ini tidak hanya terdiri dari tugu, namun juga taman dan museum 10 November. Pada pintu masuk, terdapat patung proklamator negri kita, Bung Karno dan Bung Hatta. Aroma patriotisme memang terasa sangat kental.

Yang tak kalah megahnya adalah sebuah gapura dengan berbentuk lidah api. Mungkin untuk tetap mengingatkan kita mengobarkan semangat perjuangan para pahlawan.

Aristektur Museum 10 November terbilang unik, dari tampak luar bangunan utama berbentuk limas laksana piramid. Mirip sekali dengan museum Louvre yang ada di Paris.

Sesuai dengan namanya, museum ini berisi memori dan artefak dari perjuangan arek-arek suroboyo yang heroik saat pertempuran 10 November. Bagian dalam museum bisa dikatan cukup megah dan terawat. Saya sebelumnya tidak menyangka bahwa ada tempat sebagus ini di Surabaya.

Di bagian tengah museum, terdapat sebuah karya patung retorika peperangan 10 November. Melihat ekspresi yg terlukis pada ekspresi patung-patung itu, kita serasa ditarik kembali ke dalam suasana perang berpuluh-puluh tahun lalu.

Di lantai dua, terdapat diorama dan benda-benda sejarah dari jaman perjuangan. Sayang kita dilarang mengabadikan foto demi kemanan benda-benda sejarah tersebut (karena beresiko untuk dicuri pihak luar). Diorama yang ada dapat memutar background suara, namun kita harus memasukkan koin dulu. Yah, itung-itung nyumbang kan ? :)

Mengunjungi Tugu Pahlawan adalah sebuah pengalaman menarik. Memberi nuansa yang berbeda daripada hanya menghabiskan waktu jalan-jalan di mall. Jangan bilang kamu arek Suroboyo tulen kalo belum ke Tugu Pahlawan :P

by Jiewa
blogger inijie.com

27 Responses to “Museum Tugu Pahlawan (10 November)”

  1. fahmi! :

    koleksi di dalam museumnya menarik, dan banyak yg bisa dipelajari dari sana. sayang karena waktunya sempit jadi nggak sempat nonton dokumentasi perjuangan arek2 suroboyo di bioskop mini dalem kompleks museum. padahal aku pikir material dalam video itu sangat penting, karena mengungkap sejumlah fakta sejarah yg karena salah paham, jadi tertangkap secara keliru orang masyarakat. beberapa fakta yg tercatat oleh salim suharis ada disini:
    http://salimsuharis.blogspot.com/2007/11/salah-paham-saya-tentang-peristiwa-10.html

  2. mudz069 :

    Weleh, saya malah belum pernah kesitu. Namun begitu saya suka melihat film pertempuran 10 Nopember yang dibintangi bung Tomo.
    Sayang, film itu gak diputar rutin di tv pas hari pahlawan.

  3. luxsman :

    ternyata masih belum berubah dari sejak saya SMP kelas satu sampe sekarang dalaman Tugu Pahlawan……..

  4. mantan kyai :

    hidup tugu pahlawan !!!!

  5. DETEKSI :

    lha ini baru pertama kali ada postingan tentang tugu pahlawan di tugupahlawan.com special thanks buat jiwa!!!

    ayo rek kapan2 awake dewe dolan mrono!

  6. Ms. Intan :

    ikutan komunitas wisata surabaya dunk,… :)

  7. Rusa Bawean™ :

    saya juga pernah tuh ke sana
    pas itu nyari bule buar diwawancarai
    sayang gak ada bule di sana

  8. gajah_pesing :

    hidup tugu pahlawan…!!!

  9. aRai :

    dari dolo ampe sekarang lom kesampeanke museum Tugu Pahlawan :(

    baru kemaren2 juga ikutan milis wisata surabaya eh ada artileknya ngomong disini tentang tugu pahlawan … xixixi

    yuk ah rame2 kesana :D

  10. Henri :

    Salam kenal dari kalbar.

  11. radit :

    smangaaaddd

  12. Frenavit Putra :

    Yo rek di adakan Tour ke museum-museum… Setuju gak???

  13. aLe :

    huhu, ada kenangan dengan brondonk SMK disitu

  14. galuharya :

    wah salut rek ambek sing posting tulisan iki

    aku sing asli arek suroboyo ae durung tau melbu mrono

    isin aku… :(

    salam kenal dulur…

  15. noviantopr :

    Boleh tuh Kopdar dan tour ke sana, gimana kie, bisakah dikordinasikan, gelem aku melu

  16. JieWa Nakamura :

    @All : boleh sekali-kali kopdar di Museum Tugu Pahlawan, Masuknya mudah kok, cuma bayar karcis..

  17. aRai :

    ayo di kondisikan rek …

  18. Rina :

    Lah iyoh…mosok mrunu malah gag melbu museum malah blonjo isuk2 nang ngarepe!Q melu ah nek mrunu…cm 1x kesana waktu SD kelas 5.haduh payah

  19. muchammad :

    KERENN TUGU PAHLAWAN SUKSES SELALU YAAA…..JADI PINGIN NNIY KE MARKASNYA TUGU PAHLWAN

  20. edith :

    hay hay…bagussss banget fotonya =)

    Mo nyari info ni gw.
    Ada ga si bangunan di Surabaya yg perlu di re-design?
    Teman2..klo punya info kasih tau yach.
    Lagi bantuin orang nyari proyekan ni,hehe ;)
    Mohon kerjasamanya yah..
    Tengkyu =)

    edith_ratna@yahoo.com
    almirahandmade.blogspot.com

  21. niLuh_pirngadii :

    musiium.na kerenn .
    ada 2 lantaii , ac.na lumayann dingin ..

    yg pling bkin semangat pas denger pidato.na bung tomo ..
    kerennd abiss ..
    bkinn semangatt ajj gtuu .. ,
    tpiii satuu ..
    lift.na matii ..
    mendingan gga ussa pake lift ajj skaliian ..
    biarr issa buat issi yg laen ..
    gtuu ajj de
    trimakasi arek-arek suroboyo .
    MERDEKA !!!!!!

  22. hizba :

    he onok aku nanng kene.

  23. zuki zacko :

    emang bagus rek sekalian kemaren dapat info katanya udah ada wifi nya so buat kamu yang hoby banget ma yang namanya internet ria tnggal bawa aja laptop terus bisa online gratis deh….
    tapi juga denger2 tanggal 17 ada pameran perjuangan kayaknya bagus dan edukatif tuh
    datang gak yaaah

  24. alpin :

    peristiwa buruk masa lalu yang di kenang lewat sebuah monemen indah. Saya jadi berniat ke sana krn lihat picturenya.

  25. nibraas faadiyah suhana :

    koleksi di dalam museumnya menarik, dan banyak yg bisa dipelajari dari sana. sayang karena waktunya sempit jadi nggak sempat nonton dokumentasi perjuangan arek2 suroboyo di bioskop mini dalem kompleks museum. padahal aku pikir material dalam video itu sangat penting, karena mengungkap sejumlah fakta sejarah yg karena salah paham, jadi tertangkap secara keliru orang masyarakat. beberapa fakta yg tercatat oleh salim suharis ada disini:

  26. Nur rochmad :

    Sebenarnya anak sekolah yang mau berkunjung ke Tugu Pahlawan itu kena biaya berapa ya ?

  27. faiza afifatun n. :

    wah betapa hebatnya tugu pahlawan surabaya, dan semoga semangat 45 masih tersimpan di surabaya

Leave a Reply