Es Pisang Ijo asli Makasar

Es Pisang Ijo merupakan salah satu makanan khas dari Makasar. Sesuai dengan namanya, makanan ini dibuat dari bahan utama pisang yang kemudian dicampur dengan es serta bahan-bahan yang lain. Jadilah makanan bernama Es Pisang Ijo. Yang bikin penasaran adalah kata “ijo”nya. Dulu saya mengira bahwa Es Pisang Ijo ini terbuat dari pisang hijau yang dicampur dengan es. Tapi ternyata bukan. Kata “ijo”nya berasal dari tepung pembungkus pisang yang berwarna hijau.

Es Pisang Ijo ini sebenarnya dibuat dari beraneka ragam makanan. Dalam penyajiaannya pisang raja yang terbungkus kulit berwarna hijau ini dipotong-potong. Sekilas kalau dilihat, kulit yang  berwarna hijau itu seperti kulit pisang sungguhan. Namun ternyata setelah dicicipi rasanya kenyal-kenyal. Untuk menambah kelezatan, di atasnya dituangkan saos seperti bubur berwarna putih. Kemudian diberi es serut yang bisa bikin “mak nyus”. Dituangkan pula sirup berwarna merah muda sebagai penambah rasa manis.

Walaupun Es Pisang Ijo ini berasal dari Makasar, namun untuk menikmati Es Pisang Ijo ini kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke sana. Di Surabaya sudah ada beberapa lokasi yang bisa dikunjungi jika ingin merasakan kesegaran Es Pisang Ijo ini. Salah satunya adalah warung PK5 yang terletak di depan Kantor Departemen Kesehatan RI di Jalan Indrapura. Tidak terlalu sulit untuk menuju ke lokasi ini. Bisa dijangkau dengan naik kendaraan umum jurusan Bungurasih – Perak atau Bungurasih – JMP turun di depan kantor Departemen Kesehatan. Kalau menggunakan kendaraan pribadi lebih mudah. Hanya ditempuh kurang dari 5 menit dari Tugu Pahlawan menuju ke arah utara. Harga yang dipatok pun tidak terlalu mahal. Hanya dengan uang Rp 3.500,- kita sudah bisa merasakan makanan khas dari Makasar ini. Benar-benar mak nyus.

Sumber foto : cahayamata.blogsome.com

41 Responses to “Es Pisang Ijo asli Makasar”

  1. Edi Psw :

    » Arul :
    Mas AruL mungkin bisa ngasih tambahan?!

  2. cempluk :

    diriku pernah coba loh..langsung di makassar..hehehe

  3. deT tolak kampanye kondom! :

    kalo gak salah es ini juga dinamakan es pallu butung. yang seperti ini diriku sering beli di dekat bunderan ITS, enaknya dimakan/diminum pas cuaca lagi panas.. *duh jadi pengen!*

    di margorejo indah juga ada, di deket plasa marina situ, berjajar-jajar…

    harga? rata-rata memang 3500 seperti kata pak edi itu, mungkin mereka para pedagang es pisang ijo pinggir jalan ini udah bikin kesepakatan masalah harga..

    trus apa pedagangnya benar-benar dari Makassar? ahahaha… beberapa pedagang es pallu butung yang saya tanya mengaku dari lamongan! lho…???

    #cempluk: gimana rasa yang asli sana?

  4. gandhi :

    Didaerah untag juga banyak tuh… berjejer2 es pisang ijo ato es pallu butung. dulu waktu rute perjalanan masih ke rungkut suka beli. Skrg udah jarang…..

  5. aRuL :

    @ edi PSW : sudah lengkap koq.
    cuman tambahan, kalo di sulsel (makassar dan sekitarnya) sering menyajikan sebagai makanan berbuka puasa, dan kegiatan-kegiatan lain.
    Enak sekali disajikan pas siang hari.

    Tempatnya juga ada di Jl. Kertajaya menuju ITS loh.

    @ Det : es Pallu butung dengan es Pisang Ijo beda.
    kalo Pisang Ijo seperti yang dijelaskan pak edi, kalo Pallu butung itu dari pisang juga tapi ngak pake kulit ijo, trus dipotong2 kecil-kecil.
    Nah untuk saosnya ada yang seperti pisang ijo ada juga yang menggunakan santan gitu *secara saya tidak terlalu tau cara buatnya, taunya cara makannya hahaha*

    Mungkin rasa es pisang ijo dan es pallu butung itu sudah mengindonesia semua orang bisa membuatnya hehehe.
    btw saya blum pernah coba pisang ijo di surabaya jadi blum bisa membandingkan, cuman dulu membandingkan cotonya, emang di sini agak kurang makyus dibanding di makassar sana…

  6. aRuL :

    siang2 gini pengen banget tuh makan pisang ijo, nikmat banget :D

  7. Avy :

    slurp jadi kepengen nih…..siang-siang gini makan es pijang ijo makasar.

  8. gempur :

    *halah, mode dongkol on*
    pak edi kurang asem, giliranku ngajar, dhewek’e pas kosong, gak masalah lek nulis sing liyane, masalahe, nulis es pisang ijo, ehhhmmmm, nggarakno ngiler, mendem njero ati.

    *bebasssss! jam habis, jingkrak2*

    tinggal cari pisang ijo, hehehehe

  9. deT :

    *sambil nyruput es pisang ijo*

    jadi habis kasih komen tadi saya langsung meluncur ke penjual es pisang ijo terdekat, konfirmasi apa bener es pisang ijo itu sama dengan es pallu butung? *soalnya pas nulis komen tadi gak yakin apa sama?*

    ternyata beda! tapi bedanya tipis, hanya di pisangnya. kalo es pallu butung pisangnya gak dikasih ijo-ijo dan jenisnya dari pisang kepok merah. campurannya? sama! rasanya? sayang tadi pas habis, jadi gak sempat nyicipi es pallu butung :)

  10. Edi Psw :

    » Arul :
    Makasih atas tambahannya, Mas.
    Aku sendiri nyicipi es pisang ijo ini juga pas di bulan puasa.
    Rasa penasaran aja ingin mencicipi makanan dari Makasar.

    » Avy :
    Iya. Siang-siang panas kaya’ gini memang enak makan es pisang ijo.

    » Gempur :
    Pantesan waktu ngajar tadi kayaknya koq nggak konsen!?
    Ternyata kepikiran pisang ijo.

    » Deteksi :
    Memang beda antara es pisang ijo dengan es pallu butung.
    Walaupun saya belum pernah mencicipi es pallu butung.
    Namun dari cerita teman2, pisangnya aja udah beda.
    Es pallu butung pake pisang kepok sedangkan es pisang ijo pake pisang raja. Tentunya rasanya pun juga beda.

  11. evelynpy :

    Waduh pagi2 buka postingan ini jadi kepengen langsung beli!

  12. Edi Psw :

    » Evelyn :
    Kalo pagi2 gini rasanya kurang mak nyus.
    Ntar siang2 dikit, gimana?

  13. gandhi :

    Meluncur ke depan untag cari es pisang ijo wahahahhahahaha mak nyuuusssssssssssssssssssssssssssssssssss

  14. santy :

    waduh,,waduh,, jadi pengen nyoba,,,, nyam-nyam…. :P

  15. yuki :

    dulu tetangga sebelah gang jualan es ini, wehhh ueeenaaaakkk…sekarang udah nggak lagi, hikss…padahal kalo beli selalu saya dikasih santannya paling banyak hehehe!!

  16. Edi Psw :

    » Yuki :
    Aku tadi siang lewat Jl. Indrapura.
    Pas lewat depan warung es pisang ijo, jadi pengin mampir
    Tapi kebetulan rada capek, jadi langsung pulang aja

  17. deT :

    #yuki
    makanya tiap kali aku beli, selau aja dibilang santan-nya dah habis.. ealah… ternyata dah diembat semua ma penyiar kondang ini, wakakakaka…

  18. aRuL :

    jadi ceritanya ini rebutan pisang ijo nih….
    *wah bangga makanan asli daerahku diperebutkan :D *

  19. yuki :

    iya dong! masa cewek doang buat rebutan, hehehehe!!

  20. deT :

    *rebutan lagi sama yuki*

    @#$@#$#%#$%#^$^$&&

    *bundas kabeh, kliru ngrebut anake bakule :D *

  21. aRuL :

    @ det : ngakak guling2 sama guling :D
    *rebutannya dalam mimpi yah*

  22. nanakiqu :

    enak neh…pengen

  23. filyung :

    mas, kalo masalah makanan mungkin nggak sebaiknya di bahas panjang lebar deh, paling pas itu kalo langsung di hidangkan pas nanti kopi darat aja, gmana?

  24. arifdoudo :

    >filyung
    Setuju!!! :lol:

  25. Edi Psw :

    » Filyung :
    Di TPC ada kategori Wisata dan Kuliner ini tujuannya adalah untuk memperkenalkan obyek2 wisaya dan makanan2 khas yang ada di Surabaya agar teman2 kita yang belum mengenal wisata dan kuliner bisa mempunyai gambaran setelah membaca postingan di TPC ini. Paling tidak bisa menambah wawasan kita.

    Saya setuju kalau kopdar diadakan di warung yang mempunyai makanan khas di Surabaya.

  26. filyung :

    Iya mas, pokoknya nnt pas kopdar tak tungguin masakannya (^_^;)

  27. magma :

    wahhh… pisang ijo, pallu butung, coto, burasa, palu basa,de-el-el… .

    jadi ingant sama someone yang da di makassar. miss u.. .
    *senyam-senyum sendiri ky org gila*
    (kok jadi curhat)

  28. Laks :

    biasane gawe sirup DHT or Sirup pisang ambon untuk gulanya. itu mnurutku yg bikin aromanya beda

  29. aRuL :

    @ Lakz : benar banget…. sirup DHT itu…

  30. Edi Psw :

    » aRuL :
    Sirup yang warnanya merah itu ya, Mas.
    Masak bahannya dari pisang ambon?

  31. Ning Chiw :

    *ngiler*
    tapi kok tampilannya kayak otak manusia ditaruh piring gitu Pak Edy?

  32. Edi Psw :

    » Ning Chiw :
    Tampilannya memang rada aneh.
    Tapi yang penting rasanya.
    Mak nyus….

  33. aRuL :

    @ Edi : iyah namanya sirup pisang ambon, atau DHT.
    @ Shiw : coba aja shiw pasti enak :D

  34. ana :

    ga enak tauuu……..rasanya itu kayak ingussssss!!

  35. Andi Darmawan :

    enik ni Pisang ijo Makanan kesulkan aku………… jadi kepengen ni……..

  36. poce :

    aku suka pisang ijo gara-gara santennya … jadi pengen!!

  37. rany :

    enak buangeeeeet…seger, tapi aq kadang cepat kenyang makan pisangnya gede banget

  38. jenny :

    buat yg di daerah depok yg pengen nyobain es pisang ijo bs ke foodcourt carrefour express (bekas alfa supermarket) jln. dewi sartika. pasar depok lama

  39. Rendicahya :

    Hmm menurut saya es pisang ijo yg paling mak nyus tuh di Jl. Dharmahusada (yg ada sutet-nya) bagian utara, di depannya sekolahan Cordova, deketnya wins disc. Saosnya benar2 menggumpal bikin ketagihan. Yg kebetulan lewat sana harus mampir!

  40. Bimo S.U. :

    gan… udah ada pisang ijo atau fruit coffe belum :D
    kalau belum bisa di lihat disini :D
    kaskus.us/showthread.php?t=3799195

  41. bagus luki saputra :

    PISANG IJO MANTAPPP EUY.. :D

Leave a Reply