Jula-juli kidungan & dagelan

Jula-juli kidungan adalah ciri khas Surabaya plus dagelan alias guyonannya. Cak Kartolo, Cak Sidik, Ning Tini, Cak Basman, Sokran, Blontang adalah nama-nama seniman dibidang jula-juli dan dagelan ini.

Dulu ketika saya di Surabaya, sambil belajar, malam-malam selalu ditemani dengan siaran ludruk Sawunggaling bersama cak Kartolo Cs.  Bagi yang kangen Surabaya seperti saya, silahkan disimak guyonan berikut ini:

http://sawunggaling.wordpress.com

Bagi yang suko humor suroboyan versi text, bisa didownload disini.

Yu Painten klélékén timbo
cekap semanten atur kulo
.

19 Responses to “Jula-juli kidungan & dagelan”

  1. deteksi :

    vertamaxxx dulu…
    *baca*

  2. cempluk :

    donload ah..

  3. magma :

    ijin donlot

  4. arifaji :

    wah biyen biasane ngungokno……”arum dalu” karo baca buku alias belajar….lha trus bablas turu…..radione “muni” dhewe….hehehe….

  5. Gempur :

    Sepinya komentar di artikel ini menandakan semakin pudarnya kecintaan anak muda surabaya terhadap budaya aslinya.. kira-kira begitu kah?

    Jadi, ati-ati kalau nanti diakui Malaysia, jangan ada yang marah! Awas kalo marah! Kalo ada yang marah, akan saya tanya, “Anda kenal Kartolo?”

  6. aRuL :

    bukannya ngak mau ngoment, tapi ngak ngerti julajuli kidungan… :D

  7. khuclukz :

    la lek iki (cak kartolo), peneman setia khuclukz dikala khuclukz mo memejamkan mata (tidur maksudte), koleksi ku akeh rek. cak kartolo cs

  8. dupiddapid :

    Wadohhhh cak Gempur seng macak cilik karena pancene wong cilik ngancem…
    Jo lali ben gak koment, awake dewe gak katene wedhi nek malaysia nyaru-nyaru… Seng penteng “LUDRUK MEMERDEKAKAN DIRI NEK DIKEMBANGNO”.
    Ngono cak…..
    SETUBUHHHHHHH?!!!! nek gak SETUJU!!!

  9. Yoga :

    I luv Kartolo Cs … !! Sayang kok nggak ada yg meneruskan yah sekarang …

  10. Dodo :

    yak opo carane awaku iso ndelok macem2e kidungan yo peno sedoyo,soale ki awakku katene melu cak ning dadi kudu weruh maceme kidungan mbek ludruk (wes apik durung boso suroboyo ku iki?)
    piss

  11. Badan, Jiwa, dan Ruh Perspektif Agus Mustofa - bahtiarhs.net :

    […] acara silaturahmi ini selain menghadirkan Cak Kartolo cs dengan jula-julinya, juga menghadirkan Pak Agus Mustofa, penulis buku Tasawuf Modern yang sering mendatangkan pro dan […]

  12. HARIS :

    Sianau karo ngrungokno Cak Kartolo cs. iku kerjoanku 20 tahunan biyen.
    Eee… Pas kangen-kangene, aku dikirimi CD Kartolo lengkap 70 episode !
    Pokoke 1 Ger-geran maneh. Dan gawe sangu ngajari anakku Kartolo-an.
    Maklum wis dadi wong Jkt, dadi anake yo duduk Bonek maneh

  13. adil pandriyo :

    buat temen-temen aku pecinta gending jula-juli suroboyoan, aku dulu dah punya tapi hilang dipinjam temen. kalo temen sudi kirimin aku vcd nya 2-3 keping. ntar tak ganti beli dan ongkos kirimnya. trim

  14. kyanosi :

    secara ilmiah saya coba mencari tahu apa itu jula-juli, dan bagaimana asal-usulnya sehingga disebut jula-juli dan mengapa jula-juli selalu di ikuti dengan tari remo, namun informasi yang saya dapat tidak pernah llengkap. tolong dong bagi seniman di surabaya informasi mengenai hal etrsebut dimuat, trims

  15. GIMBAL :

    manuk e manuk e manuk prenjak
    manuk prenjak menclok neng tunggak
    onok prawan ayu rokan cekak
    bareng weroh aduh manuk ku ndangak

  16. GIMBAL :

    manuk e manuk e manuk cipret
    manuk cipret buntute sak ipret
    onok rondo tuwek atine sumpek
    bareng weroh aduh..manuk ku puret

  17. Andrianto :

    Nisor mejo akeh ulane dek..
    ojo gelo wes dadi carane dek..

    Padeh oreng Jember’na, mator skalangkong gik padeh apolong…

    Dunia manapun tidak akan pernah bisa membajak khasanah ludruk Jawatimuran… Hidup KARTOLO for President…

  18. SHODIQ :

    ONO MENUR AKEHE SONGO
    ONO ULO DIBREKI GANDEN
    AYO DULUR PODO NDUNGO
    CAK KARTOLO DADI PRESIDEN

  19. debby :

    Halo cak..mau tanya2 tentang jula-juli nih buat penelitian. Ada yg punya kontak yg bisa dihubungi gak? Tulung caaak, dikejar deadline soalnya hehe. Aku tunggu balesannya ya. Matur nuwun :-D

Leave a Reply