Bung Tomo Pahlawan Nasional

Baru saja kita peringati hari Pahlawan. Sebuah momen yang paling bersejarah dalam kehidupan bangsa Indonesia, terutama buat orang Surabaya. Di tahun 45, saat Inggris mengultimatum rakyat Surabaya meletakkan senjata, atau akan dihancur-leburkan, tampil sesosok pria bernama Sutomo, atau lebih dikenal dengan sebutan Bung Tomo, dengan pidato-pidatonya yang membakar semangat arek-arek Suroboyo.

Dengar saja cuplikannya kalau berkunjung ke diorama Tugu Pahlawan. Tentu kalian akan dengar pekik Allahu Akbar!! Merdeka!! dan kalimat pembukanya yang khas, Saudara-saudara, bakul-bakul soto, tukang-tukang becak!!

Nah, sudah 62 tahun negara kita merdeka, ternyata sosok Bung Tomo ini belum pernah diakui sebagai pahlawan nasional!! sengaja saya cetak tebel kalimat ini, karena ternyata memang begitulah faktanya. Memang pasca runtuhnya Orde Lama, dan munculnya Orde Baru, Bung Tomo sempat berseberangan dengan Suharto yang menjabat Presiden waktu itu, karena sebagai sosok yang dekat dengan rakyat, Bung Tomo melihat sepak terjang Orde Baru samasekali tidak merakyat. Tapi bukannya simpati, Bung Tomo malah dipenjarakan sekitar April 1978. Setahun kemudian baru Bung Tomo dibebaskan.

Nama Bung Tomo sebetulnya pernah juga diusulkan menjadi pahlawan nasional, tapi ternyata dengan alasan Bung Tomo Hanya Seorang Tokoh Lokal, maka gelar pahlawan nasional tidak pernah disandang pria kelahiran 1920 ini. Dan tahun 2007 ini, baru usulan itu muncul kembali, dan akan dieprjuangkan beberapa pihak, seperti Fraksi Golkar di DPR RI, GP Anshor, dan didukung DPRD Jatim dan Gubernur Jawa Timur.

Di sisi lain, biarpun belum diakui secara de jure, secara de facto, Bung Tomo adalah pahlawan nasional. Bahkan setiap kali ada perbincangan tentang hari Pahlawan, nama Bung Tomo selalu disebut, termasuk di dunia internasional. Yang kadang-kadang juga muncul di benak saya, terus kalo udah dikasih gelar Pahlawan Nasional dari Presiden (soalnya untuk dapet pengakuan ini harus ada SK Presiden), so what???

24 Responses to “Bung Tomo Pahlawan Nasional”

  1. STR :

    Pak Yuki, segera baca-baca ini:

    http://tugupahlawan.com/45/buat-para-member-yang-tadi-malam-hadir-ke-wapo-kayoon/

    Trims

  2. yuki :

    oke…saya udah baca…ngikut deh, cuma memang masih penyesuaian sih, jadi masih rada kagok

  3. cempluk :

    MERDEKA !!!

  4. STR :

    sori OOT bentar. Pluk, OL sekarang pluk! pliss…..

  5. JieWa Vieri :

    Whatttttt ?? Saya yakin 99 % masyarakat kita tidak tahu ttg hal ini. Ironis..

  6. gempur :

    Bukannya sdh jadi pahlawan nasional?! Gila kalo belum jadi pahlawan! wah surabaya musti kudu turun ke jalanan..

    tapi, it’s ok! meski secara de jure belum, tapi de facto-nya bung tomo diakui internasional sebagai hero-nya surabaya..

    tapi, kok masih ngganjel di ati yoo! pancen kenemenen! pol kebangeten lek sampe bung tomo belum pahlawan nasional..!

  7. STR :

    @ gempur: turun ke jalanan piye maksude mas?? demo?? militan sekali … hehe

  8. gempur :

    @ STR: memang kudu mudun nang ndalan mas! maksude yo demo! Lha yek opo maneh?!

  9. STR :

    @ gempur: njenengan niki guru to?? saya suka kalo guru-guru pada seperti njenengan!! ngeblog, militan, kurang apalagi coba??

  10. gempur :

    @ STR:
    Justru karena saya guru maka saya seperti ini.. kalo guru, pahlawan tanpa tanda jasa, itu sudah biasa… lha kalo bung Tomo, yang harusnya bertanda jasa, lha kok malah disia-sia.. Itu kurang ajar namanya..

  11. titah :

    kalau pemerintah tidak mau ngakui bung tomo sbg pahlawan nasional, gimana kalau seluruh warga surabaya ngalah aja, mengganti istilah “hari pahlawan” dengan “hari bung tomo”?

  12. unthek :

    tak melu rembugan rek. kenal no konco anyar.
    assalamualaikum

  13. Ning Chiw :

    foto bung karno ini pernah diplesetin jadi orang beli bakso kalo gak salah…

    *ngakak guling guling*

    tanya mardun aja kalo ga percaya

  14. STR :

    @ unthek: Mas, member baru ya?? Segera baca-baca ini:
    http://tugupahlawan.com/71/rembugan-cari-moderator-buat-postingan-blog-dan-forum-cangkrukan/

    Segera dilakukan rutenya ya!!

    Wass.

  15. aRuL :

    bung tomo sudah terkenal dengan peristiwa sepuluh nopember mau tidak mau dia harus jadi seorang pahlawan.

  16. yuki :

    terus terang saya juga kaget. ternyata semasa hidup pasca 45 sampai 2007, disaat sudah beristirahat abadi di pemakaman umum Ngagel, ternyata Bung Tomo tidak pernah diberi penghargaan sebagai pahlawan nasional. Padahal pas hari Pahlawan kemarin, Presiden bagi-bagi anugerah Pahlawan Nasional buat beberapa veteran, baik yang masih idup atau yang udah wafat.

  17. Mada :

    Sekadar rujukan tambahan:

    http://yuli-ahmada.blogspot.com/search?q=bung+tomo

    Kamsia…

  18. henri :

    pahlawan yang sebenarnya tak perlu pengakuan :D

  19. yuki :

    Ada data lain yang terungkap. Bung Tomo pernah 2 kali diusulkan mendapat gelar pahlawan nasional, tahun 1990 dan 1995. Tapi semua usulan ke Badan Pembina Pahlawan itu tidak lolos, terbukti dari tidak adanya Keppres tentang ini. Oya, sekarang juga ada Pansus RUU Gelar Tanda Jasa dan Kehormatan, yang nantinya siapa saja yang diangkat jadi pahlawan, tidak harus orang militer. Orang sipil pun bisa, seperti ilmuwan yang menemukan teori baru, atau olahragawan…

  20. kdrm :

    setuju buanget…
    yang penting rakyat sudah ngerti kalo beliau pahlawan, urusan ada kepres2an ato tidak gak masalah

  21. Ellias :

    Kendala birokrasi seperti itu tapi kita tidak boleh menyerah mengusahakannya. Bagi saya, spirit perjuangan akan saya wariskan turun-temurun dan itu yang terpenting. Dan, saya bangga sebagai arek Suroboyo di Amerika.
    Selamanya, tertulis atau tidak, Bung Tomo figur kebanggaanku dan arek Suroboyo. Jangan kaget nanti akan lihat anak blasteran bule namanya ada embel-embel Tomo, ya itu putra-putra saya dan mereka itu tahu siapa Bung Tomo sebenarnya!
    Peran para Orang tua memperkenalkan Bung Tomo ke generasi penerusnya itu terpenting!Ojo bonek ngawure tok, rek! Bonek sing terarah gitu lho!

  22. sang Pahlawan arek Suroboyo : TuguPahlawan.Com :

    […] lebih setahun yang lalu, ada tulisan dari cak yuki di blog tugupahlawan.com berjudul Bung Tomo Pahlawan Nasional. Selain itu ada juga diskusi menarik yang membahas Bung Tomo for National Heroes. Kedua postingan […]

  23. Lia geulizz :

    Mas, posting biografi bung tomo dunx. . .

  24. agus dwianto :

    orang yang telah berjuang untuk negara mestinya dpat penghargaanlah.
    buat pemerintah pusat untuk bijaksana dalam hal ini.

Leave a Reply