Makna Kemerdekaan Indonesia

Jatuhnya bom atom di dua kota Hirosyima dan Nagasaki, membuat Jepang shock. Akhirnya pada tanggal 15 Agustus 1945, pemerintah Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu. Mendengar berita kekalahan Jepang, para pemuda melihat adanya momentum yang tepat untuk segera memproklamirkan kemerdekaan. Namun, harapan para pemuda tidak semulus yang dibayangkan. Golongan tua justru melihat pada saat itu kekuatan Jepang masih terlalu kuat. Akhirnya, timbullah peristiwa penculikan Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok. Setelah didesak, akhirnya semua sepakat pada tanggal 17 Agustus 1945 kemerdekaan RI diproklamasikan.

Namun, disini saya tidak membahas tentang sejarah proklamasi kemerdekaan. Karena, saat ini banyak sekali sejarah yang ditutup-tutupi. Saya mencoba untuk memaknai hari kemerdekaan tersebut. Memaknai berarti mengungkap arti yang tersembunyi dibalik peristiwa tersebut.

Pernahkah kita berpikir kalau pada tanggal 17Agustus 1945 merupakan tanggal yang sakral? Dalam ilmu eksakta (science) susunan angka 17-08-45 merupakan kumpulan bilangan yang memiliki arti mendalam.

Angka 17

Dalam ilmu matematika, angka 17 merupakan bilangan prima. Bilangan prima adalah bilangan yang tidak bisa dibagi dengan bilangan berapapun, kecuali bilangan 1 dengan bilangan itu sendiri. Bilangan 17 merupakan bilangan prima ketujuh (2,3,5,7,11,13,17). Oleh karena urutannya (urutan bilangan 17) juga merupakan bilangan prima(7), maka angka ”7” juga memiliki arti yang mendalam.

Kita semua tahu, kalau didunia ini terdapat 7 Benua yaitu : Asia, Afrika, Australia, Amerika, Amerika Selatan(setelah dibangunnya terusan panama), Antartika, dan Eropa. Terdapat 7 Samudera yaitu : Pasifik Utara, Pasifik selatan, Hindia Barat, Hindia, Atlantik Utara, Atlantik Selatan, dan Arktik.

Jika kita kaitkan antara bilangan prima dengan makna kemerdekaan, maka kemerdekaan itu merupakan hak segala bangsa. Dan yang mampu mewujudkan kemerdekaan itu adalah pemerintah dan rakyat. Kernapa bisa begitu? karena sesuai dengan definisi bilangan prima yang hanya bisa dibagi dengan bilangan ”1” dan ”bilangan itu sendiri”. Bilangan ”1” disini merepresentasikan pemerintah. Pemerintah yang satu dan berdaulat. Sedangkan ”bilangan itu sendiri”, merepresentasikan rakyat, rakyat dari negara itu sendiri.

Angka 8

Dalam ilmu Kimia modern, angka delapan juga memiliki peranan vital. Berdasarkan sistem periodik unsur-unsur Kimia modern yang dikemukakan oleh, Dmitri Mendeleyev, angka ”8” merupakan nomor Atom dari Oksigen. Massa atom Oksigen sendiri adalah 16 kali dari massa atom Hidrogen. Jadi, angka ”8” merupakan urutan dari atom Oksigen dalam sistem periodik unsur.

Kita semua tahu, kalau Oksigen merupakan komponen utama dalam kehidupan. Hampir semua reaksi Kimia memerlukan oksigen. Kita bernafas memerlukan oksigen, tumbuhan juga memerlukan oksigen dalam fotosintesisnya, dan masih banyak yang lain.

Jika kita kaitkan dengan kemerdekaan Indonesia, bahwa kemerdekaan itu adalah sesuatu yang mutlak diperlukan oleh semua makhluk. Sama dengan oksigen yang juga dibutuhkan oleh semua makhluk. Jadi, wajar jika seluruh umat di bumi ini berjuang mati-matian untuk mendapatkan kemerdekaan.

Angka 45

Dalam ilmu fisika modern, terutama dalam bidang mekanika. Angka 45 sangat berperan dalam menentukan jauhnya jarak tempuh suatu benda. Dalam busur derajat, 45º merupakan sudut yang dapat menghasilkan jarak tempuh terjauh jika kita menembakkan suatu benda terhadap garis horizontal. Misalnya, jika kita menembakan sebuah meriam, maka jarak terjauh dapat dihasilkan jika sudut yang dibentuk sebesar 45º dengan tanah

.

Jika dikaitkan dengan kemerdekaan Indonesia. Cita-cita bangsa ini harus jauh meninggalkan segala bentuk penjajahan. Bukan hanya penjajahan militer, namun juga penjajahan Ekonomi, Sosial, dan Ilmu pengetahuan. Kita harus melakukan akselerasi sekencang-kencangnya agar tidak tertinggal dengan negara lain.

Itulah makna yang tersembunyi dibalik angka 17-08-45. Susunan angka tersebut dapat diungkapkan dalam ilmu Matematika, Kimia, dan Fisika. Ketiga bidang ilmu tersebut merupakan bidang ilmu eksakta, yaitu ilmu pasti yang tidak dapat direkayasa. dan kitra semua berharap, semoga kemerdekaan Indonesia saat itu bukan merupakan sebuah rekayasa.

MERDEKA………!!!

 

38 Responses to “Makna Kemerdekaan Indonesia”

  1. ar_eros :

    Pertamaaaxxx..

  2. p4ndu_454kura© :

    Lho, lomba posting kok di post disini? Kan seharusnya di pasang di blog pribadi. :?

  3. gajah_pesing :

    Buset.. Hasil penelitian ya?

  4. ndop :

    iyo, sangar pek.. aku gak sampek kepikiran koyo ngono… sip.. moga2 menang lomba postinge..

  5. aRuL :

    adit, kalo emang tulisan ini buat lomba, dipostingnya di blog sendiri. Ok.
    Silahkan diturunkan sendiri tulisannya.
    Sekali lagi buat peserta lomba blog dan foto, dipostingnya di blog sendiri

  6. galih :

    kalau orang jawa bilang, ini namanya “utak atik mathuk” (translate: ngepas-ngepasin sesuatu hal yang berbau kebetulan)

  7. Chief Editor :

    Tolong kalo tulisan tampil di depan itu diSPLIT setelah 1 paragraf! biar gak merepotkan Editor! Trus tulisan lomba blog harusnya tidak diposting di sini. Tapi karena terlanjur, silakan menulis lagi di blog Anda dengan isi berbeda!

    :mrgreen:

  8. Aditcenter :

    Sori, salah kirim……

  9. Manager Milis :

    MERDEKAAAA..!!!!!!

  10. Panda :

    170845 baru tau kalo banyak makna dalam angka itu

    MERDEKA!!!!!!! :)

  11. gandhi :

    @aeros

    coba komen yg bener, kasih pendapat apa gitu, jgn cuma komen gak penting gitu.

  12. cakdul :

    Wah..mas adit termasuk orang jawa tulen yah…
    ciri cirinya semua hal dihubung hubungkan dengan klenik dan ilmu gotak gatuk matuk…he he he..
    yang jelas kita juga harus merdeka dari sifat ruwet bin jlimet seperti itu. yang penting kita bisa bersyukur dan mengisi kemerdekaan ini dengan hal yang bermanfaat..
    MERDEKA !

  13. toro :

    wah oapiiik teniiin
    coba gaweo kanggo hari pahlawan 10 november, rek

  14. neng-shei :

    Wah wah..keren banget postingannya..
    saiyentipik :P

  15. Sri yuliyanti :

    Ga da slhnya ko,, kbtulan ato bkn, yg pntng ini brdasarkan fkta nyata bkn mitos,,

  16. achmad_3 :

    MERDEKA…. !!!
    Sya salut dgn kmauan anda mnulis makna ttg kmerdkaan(170845) mmg sbgai gnerasi pnerus bgsa qta tdk hrus tgl diam saja stlah diperolehx hak kmerdkaan indonesia trcinta. . . Buatlah dan kembangkan kemampuan diri anda dan kita smua untuk INDONESIA . . .
    Semangatttt. . .
    MERDEKA. . . :-D

  17. Makna Kemerdekaan Indonesia « Nicxx’s Weblog :

    […] source […]

  18. dzKa.. :

    Waah.. Keren bgt…
    Trnyta tuh angka 170845 mkna’a bnyk yoa..

  19. ghaniarasyid :

    tentang apa sih ini?
    lomba? :mrgreen:

  20. mudz069 :

    Yen, nurut primbon 17 Agustus 45 iku dino Jumat legi. . . .iku wayahe poro dedemit koyoto sundel bolong, gondoruwo , wewe gombel ngadakno pul kumpul, wayahe arisan.
    Jumat iku 5 legi iku 1 dadi 51. . . . . Weleh, iku persis nomer omahku

  21. torasham :

    wolooh…
    apik’e reeek….

  22. Linda :

    terxta kemerdekaan itu mempunyai makna yg tersendiri yauw….???

  23. ichigo :

    makna kemerdekaan buat Q tu,Kita dah bebas untuk berbuat apa! n dengan didasari tanggung jawab

  24. any :

    ohhhhhhhhhhhhh ternyata tanggal 17-08-1945 ternyatatanggal bagus gitu!!!!!!!!!!!!!!!!

  25. Gito :

    Wah….aku jadi merasa gimana ya…..

  26. claradania :

    MERDEKA INDONESIAKU!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  27. joko kunjali :

    kita sebagai muda-mudi indonesia, wajib belajar giat…..agar kita dapat menjadi tumpuan indonesia tercinta…..

  28. danny :

    saya msh berjuang bljr nih…:(

  29. Rozie Zie :

    Merdeka mah merdea wae atuh, gak usah disambung-sambung sama angka sagala…!

    MERDEKA ……………………………….. !!

  30. cheez :

    Makna yang begitu dalam. Salam MERDEKA!!!

  31. w!2d :

    maCa KEMERDEKAAN di samakan den9an hasil hiyun9-hitun9an ?
    Ada hbun9anny , yah ?

  32. AGUY :

    bagus tuh / gpp kan berbagi yang bagus untuk orang lain / sebagai informasi yang tentunya harus di ketahui .Trim’s.Sukses slalu

  33. anespe :

    pinteran manehna

  34. anespe :

    1+7+8+1+9+4+5=35. dibagi indungna poe = 5. euweuh sisana,
    tuh alus, ninggang di lumbung gumuling

  35. Juan :

    wah, skrng kita sdh merdeka terima kasih Bung Karno

  36. Juan :

    merdeka……………… akhirnya kita meeeeeerdekaaaaa……………………………………………………………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  37. Juan :

    Indonesia sdh merdeka bebeas dari penjajah. Mari kita bilang

    Merdeka…………………………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1………….

  38. Sumber: http://tugupahlawan.com/865/makna-kemerdekaan-indonesia/ « salman0503 :

    […] Sumber: http://tugupahlawan.com/865/makna-kemerdekaan-indonesia/ Posted: Oktober 5, 2011 by salman0509 in Uncategorized 0 […]

Leave a Reply