Banjir oh banjir

Idul Adha 1428 H yang lalu, saya sekeluarga melaksanakan sholat di KBRI Melbourne. Berangkat dari rumah jam 6.30 pagi, sengaja lebih pagi dari jadwal sholat 8.30AM supaya dapat parkir yang siiip.

Sesuai dengan ramalan cuaca, pagi waktu kami berangkat, langit sudah mendung sekali. Begitu sholat selesai, seperti biasa makan-makan! Namun beberapa menit kemudian hujan turun lebat sekali, tidak seperti biasanya hujan selebat ini di Melbourne, yang telah mengalamai kekeringan (curah hujan miniiiimmm sepanjang 2007). Terpaksa kami menunggu hujan sedikit reda, karena kami parkir di secure parking di perkantoran dekat KBRI.

Jam 3.30 sore, saya ada janji dengan Supply Chain Manager AssaAbbloy Asia Pacific. Diskusi cukup panjang, sampai jam 5 sore. Nah begitu keluar kawasan AssaAbbloy, hujan turun lebaaat sekali, disertai dengan angin sangat kencang dan thunderstorm. Saya langsung lari ke mobil dan secepatnya drive mobil ke rumah, yang kebetulan tidak jauh dari AssaAbbloy, cukup 7 menit.

Hujan berlangsung sangat lebat, disertai badai, berlangsung hampir sekitar 30 menit. Lampu padam. Nampaknya karena ada jaringan yang terkena badai. Ketika hujan agak reda, sayup-sayup saya dengar suara tetangga berlarian. Saya intip di luar…oh ternyata jalan depan rumah kami sudah jadi seperti sungai. Orang-orang pada keluar bawa kamera, karena hal seperti ini tidak pernah terjadi disini. Saya juga jeprat-jepret, ini hasilnya.

dec-027-medium.jpg dec-024-medium.jpg dec-026-medium.jpg

Hujan yang lebat yang hanya beberapa saat mampu menghasilkan banjir di kota yang tata kota dan sistem gorong-gorongnya bagus. Apalagi surabaya yang dimusim hujan, hujan bisa sepanjang hari.

6 Responses to “Banjir oh banjir”

  1. pram :

    hore aq yg ptama,,

    emang di kota manapun, di negara manapun berpotensi banjir. walau cuma 5 % potensinx tapi tetep aja ada potensi untuk banjir. (ribet bgt klimatx, q juga agk bingung)

  2. tu2t :

    heleh….
    di melbourne ajah bisa banjir o______O??
    brarti cuacanya emang gak bersahabat banget.. ampe bisa banjir..

    opo maneh nang kene -____-;;

  3. aRuL :

    waduh parah juga yah…. ini akibar perubahan iklim nih…

  4. cempluk :

    banjir emang hal yang wajar dari fenomena alam saat ini..hutan gundul, buang sampah sembarangan yang berakibat tersumbatnya gorong2..Global Warminng is near from Human..

  5. magma :

    wah kirain indonesia aja yang banjir…. .

  6. deteksi :

    tata kota itu kan bikinan manusia, pasti gak sempurna.. solusi atas satu masalah pasti menimbulkan masalah baru..

    kalo Yang-punya-jagad berkehendak, apa saja bisa terjadi.. maka tidak cukup hanya berusaha, tapi juga harus berdo’a..

    semoga kita selamat dari segala marabahaya, musibah dan bencana.. aamiin..

Leave a Reply