Beredar Susu Segar dicampur Kaporit

Susu SegarKita semua tahu bahwa munculnya beberapa penyakit salah satunya disebabkan oleh pola makan kita. Pola makan yang tidak sehat dan pengetahuan yang kurang tentang makanan sehat menjadi salah satu pemicunya. Banyak sekali makanan yang beredar di pasaran dicampur dengan zat tertentu yang sulit untuk dikenali ciri-cirinya. Kalau kita tidak berhati-hati dalam memilih makanan yang kita konsumsi sehari-hari, bisa-bisa kita menjadi salah satu korbannya. Masih ingatkah dengan kasus bakso yang mengandung borak, daging ayam yang disuntik zat kimia, dan buah-buahan yang disuntik zat pewarna beberapa hari yang lalu? Dan tahukah efek yang akan ditimbulkannya?

Kira-kira apa yang ada dalam pikiran kita kalau mendengar kata “susu segar”? Semua orang tahu bahwa susu termasuk minuman sehat. Minuman pelengkap 4 sehat 5 sempurna. Salah satu minuman sehat yang mengandung banyak gizi yang sangat berguna bagi tubuh kita. Terus, bagaimana reaksi kita kalau mendengar adanya susu segar yang kandungannya justru membahayakan tubuh kita?

Tayangan Trans TV dalam Reportase Investigasi yang kebetulah saya saksikan hari Sabtu, 24 Nopember 2007 lalu sangat mengejutkan saya. Dalam acara TV yang berdurasi 30 menit itu menayangkan tentang susu oplosan yang beredar di pasaran. Susu kalau dicampur dengan gula, madu, kopi bahkan ginseng mungkin hal yang wajar, tapi susu yang satu ini dicampur dengan kaporit. Benar-benar keterlaluan.

Biasanya susu oplosan ini dijual di pinggir jalan oleh pedagang kaki lima dengan label “SUSU SEGAR” atau “SUSU MURNI”. Modusnya bermacam-macam, rata-rata pedagang ingin meraih keuntungan lebih banyak dengan susu oplosan ini. Sebelum dijual, susu segar yang didapat dari peternak dicampur dengan air agar lebih banyak. Dengan adanya tambahan air tentunya susu segar akan berubah menjadi encer. Nah, untuk mengembalikan kekentalannya ditambahkan kaporit kedalam susu segar tersebut. Kaporit yang biasanya digunakan untuk penjernih air dan pembunuh kuman ini sebenarnya hanya berfungsi untuk menambah kekentalan susu saja.

EFEK YANG DITIMBULKAN
Efek yang ditimbulkan dengan mengkonsumsi susu oplosan ini antara lain akan mengalami gangguan pencernaan. Jika terakumulasi akan mengakibatkan gangguan pernapasan. Jadi kita dituntut untuk lebih hati-hati lagi. Jangan asal-asalan dalam mengkonsumsi makanan tertentu. Terus, bagaimana cara mengenali susu murni dengan susu oplosan? Jika dilihat secara sekilas hampir tidak bisa dikenali. Jika disimpan, susu murni akan bertahan sampai 5 hari, sedangkan susu oplosan hanya bertahan 2 hari saja.

Sumber foto: dailymail.co.uk

23 Responses to “Beredar Susu Segar dicampur Kaporit”

  1. anasmcguire :

    wah, kita mesti kudu selektif buat beli susu eceran nih….

  2. evelynpy :

    Waduh.. di Indonesia ini ya, makanan mana yang nggak dicampur dengan hal aneh.
    Ayam mati karena sakit bukan sengaja di sembelih, dijual murah dan bebas di pasar tradisional dengan dibumbui mirip seperti ayam sehat, ayam disuntik air, terasi dibuat dari belatung, saos tomat dibuat dari pewarna dan cabe busuk yang sudah berbelatung dan masih banyak yang lainnya.
    Keliatan kan inilah hasil korupsi orang atas, jadi rakyat susah tapi tetep pengin hidup enak, dan dihalalkanlah cara seperti itu.
    Indonesia…Indonesia….

  3. cempluk :

    kudu berhati hati nih konsumen skrg..

  4. deteksi :

    makanya DEon neTEK SapI -> DETEKSI
    aku minum susu sapi langsung dari putingnya!!! wekekeke… jijay ya? tapi mau gimana lagi wong semua sudah bisa diakali. tapi njenengan semua ya jangan lantas benci minum susu. beli aja yang sudah terjamin kualitas dan kemurniannya. jangan malah lari ke produk luar negeri. belum tentu aman!!!

    trus kalo sudah berusaha, serahkan semua pada asam lambung kita sambil berdoa ke tuhan njenengan dewe2 (barangkali tuhannya beda?), semoga asam lambung kita mampu menetralisir semua “setan jahat” yang masuk bersama makanan dan minuman yang kita konsumsi..

  5. sun :

    wah..
    sUN^ ga suka susu..
    sUN^ suka ne kaldu sop aja..
    lebih aman..

    (ga nyambung mode ON)

  6. fellix :

    Edian tenannnnnnnnnnnnn
    susu apa emang?
    kok zaman saiki semakin edan
    jangan-jangan besok besok beredar kopi + kaporit >:)

  7. Neng Chiw :

    untunglah… aku duduk konsumen freak susu…

  8. aRuL :

    untung jarang minum susu…
    tapi emang tayangan di trans TV itu selalu membuat orang takut, seperti balsem palsu, bakso daging busuk, dll.

  9. yuki :

    kalo ada investigasi susu kaleng dikasih bahan kimia berbahaya, kabari ya? biar tambah mumet negeri ini, hahahaha!!!

  10. Vincentius :

    Wah, gile aje.
    Mau sehat jadi “Sehat” nih, alias masuk rumah orang ga sehat
    Lha, orang emang maunya kan untung dengan menghalalkan segala cara.
    Buntut-buntutnya melanggar hukum (Dalam hal ini melanggar hak konsumen)
    Dan ini keterlaluan banget men, ga peduli nih orang mana
    Solusinya, Hmm… wah kita harus bener2 tau nih
    Pokoknya yah, susu yang murni tuh baunya khas, kandungan lemaknya tinggi dan kalo di tuang di gelas kaca di dinding dalam gelasnya ga terlalau timbul seperti bercak2. Nah kalo dah ada campurannya alias ga murni. Baunya ga seperti susu segar dan mungkin cenderung berbeda, rasanya seperti dah ada campurannya (Entah itu gula atau lainnya) dan kalau dituang di gelas kaca maka timbul bercak-bercak putih. Nah..
    waspada aja sih,
    yang penting sebelum minum susu DOA DULU..
    Best way..

  11. ngelamunista :

    secara saya gak tahan susu sapi [suka mencret] ya ndak apa apa toh pake kaporit 😛 siapa tau jadi putih gituh kayak sapi

  12. nanakiqu :

    wow……ya saya suka minum susu sih tapi klo yang putih biasanya rasanya agak eneq jadi pilih yg coklat. Mas klo susu coklat di campur kaporit coklat juga ta..?

    * Nanaki agak sedikit hang maaf ya*

  13. gempur :

    Saya dulu hampir tiap minggu pagi selalu nongkrong tuk minum susu, tapi sekarang dah gak lagi, karena bakul susunya kena gusur ama satpol PP. Kasian bakulnya. 🙁

  14. Edi Psw :

    » Deteksi :
    Kalau ingin aman memang harus netek langsung ke sapinya seperti yang dilakukan oleh Deteksi.

    » Vincentius :
    Bener kata smpyan mas. Memang kita harus bener2 tau mana susu yg asli dan mana susu yang oplosan. Tapi, kalo dilihat sekilas kta nggak akan tau. Dibutuhkan susu asli sebagai pembanding baru ketahuan ciri2nya. Misalnya, susu yg asli putih bersih sdngkan susu oplosan putih agk kekuningan. Tanpa ada pembanding, kita sulit untuk menentukan apakah susu asli atau oplosan.

  15. iphan :

    yah kudu ati ati yaaa
    kayaknya sulit banget bedainnya

  16. iphan :

    wah mas gempur tu gak nyambung ya…….

  17. Edi Psw :

    » Iphan :
    Bener, Mas
    Memang kita harus lebih hati2 lagi.
    Lagian kalo mo beli, masak kita harus membandingkan dg yg asli.
    Nggak bisa kan.

  18. gandhi :

    Jgn hilangkan kegiatan minum susu cuma karena segelintir oknum yg tidak bertanggung jawab. Saya juga suka kok minum susu, dan saya juga baca berita ini. Ya Kebetulan aja saya kalo minum susu murni beli dari produsen yg bener2 bisa mempertanggungjawabkan barang dagangannya. Kan ada tuh yg suka pake sepeda pancal biasanya ada musiknya “Susu murni nasional” [bukan promosi loh] beli itu aja, lebih terjamin [gak janji juga sih] hahahahahha

  19. Edi Psw :

    » Gandhi :
    Tulisan ini bukan bermaksud untuk mencegah seseorang yang ingin minum susu, tetapi bermaksud untuk menginformasikan kepada semuanya yang telah membaca tulisan ini untuk berhati-hati terhadap makanan/minuman yang merugikan mereka.
    Jadi nggak ada maksud untuk mempengaruhi atau menakut-nakuti.

  20. gandhi :

    @Edi Psw

    iya mas, itu yg suka campur2 dgn kaporit kan oknum2 yg gak bertanggung jawab yg cuma mencari keuntungan tapi gak pernah tau effek samping dari orang yg minum susu campurannya. Kapan hari itu saya juga lihat kok liputannya di salah satu tv swasta, investigasi masalah ini, trus ada ulasan pakar kalo kaporitnya bisa menimbulakn kanker kalo udah terakumulasi. Trus setelah itu SUsu dicampur santan hahahahahha ada2 aja sih cara buat nipu orang huhuhuuhuhu

    Dgn postingan ini kita paling gak kita semua tau bahwa di lingkungan kita ada masalah seperti ini WASPADALAH WASPADALAH!!!!

    PS: Kalo ada teman2 yg tau bahwa pedagang susu ini oplosan kaporit pls deh temen2 disini dikasih tau biar gak ikut minum kaporit hahahahahhahahaha [bisa putih nanti ususnya kebanyakan kaporit ]

  21. Edi Psw :

    » Gandhi :
    Bener mas, memang tidak semua pedagang susu mencampur dagangannya dengan kaporit. Hanya ada beberapa gelintir orang aja yang berbuat demikian. Saya khawatir teman-teman ada yang salah menafsirkan tentang tulisan saya.

    Pedagang yang jujur masih banyak, jadi tidak usah khawatir dengan adanya tulisan ini. Kebiasaan minus susu jangan lantas dihentikan begitu saja. Tetap aja terus minum susu biar sehat tetapi tetap waspada.

  22. Badrun :

    di indonesia, ternyata yang sehat saja bisa jadi sumber penyakit, sebenernya orang indonesia itu banyak yang kreatif, tapi koq dimanfaatkan buat yang gk bener!!!!!!!!!!?

  23. KauTsaR :

    Rumit serba salah atau orang Indonesia aja yang kurang kreatif, maunya untung tapi kenyataannya dari keuntungan itu makin banyak biaya yang dikeluarkan untuk pengobatannya.
    Dilematis saat orang ingin konsumsi susu malah susu dikasih campuran bahan kayak gitu.
    So…hati-hati aja, pilih-pilih kalau mau beli susu, mending lebih selamet beli di kampung asal susu itu aja, gimana? masih dikomentari lagi..

Leave a Reply