DUKA CITA UNTUK SEPAK BOLA INDONESIA

Bismillahirrohmanirrohim

footbal

Surabaya,9 Februari 2008

Satu orang lagi korban tewas akibat kebrutalan dan anarkisme supporter fanatik Indonesia. Sungguh sangat ironis dan disayangkan ulah oknum sekelompok supporter yang terlalu fanatik dengan tim kesayangannya hingga membuahkan kebencian kepada kelompok atau supporter lainnya. entah sudah berapa kali bentrok antar supporter di negeri tercinta ini tidak dapat dihindarkan. semoga dengan kematian Fatchul salah seorang korban tewas supporter the Jack mania agar dijadikan titik balik pembaharuan dan penegakan sanksi hukum yang lebih tegas lagi terhadap anarkisme dan brutalisme.Kita semua Harusnya bisa mencari solusi dari hikmah kejadian ini. Mungkin anarkisme atau brutalisme di sepakbola ini muncul akibat kurang tegasnya penegak hukum di suma bidang yang berkaitan dalam hal olahraga yang seharusnya di landasi oleh sportifitas yang tinggi. Kita juga tidak bisa mengabaikan suara suara atau masukan untuk perbaikan kualitas wasit kita, beberapa kejadian kerusuhan terjadi karena pemahaman dan aplikasi peraturan tidak dijalankan dengan sempurna. Kita juga tidak bisa sepenuhnya menyalahkan wasit, karena di sisi lain memang para penonton ataupun supporter kita tidak pernah bisa dewasa menerima kekalahan timnya. sadarlah teman temanku supporter.. this is just the game… menang atau kalah itu pasti, yang menang tidak boleh jumawa dan merendahkan yang kalah, yang kalah harusnya koreksi diri. Kita juga tidak bisa menyalahkan supporter karena mereka terpancing emosinya karena ulah pemain timnya yang tidak bisa mengendalikan emosi. Kita pun harusnya mengkritik kebijakan PSSI ataupun BLI yang belum sepenuhnya melaksanakan aturan ataupun jadual yang telah dia buat sendiri dan dilanggar sendiri…

Kalaupun ada yang mengusulkan gak usah lagi ada sepakbola, itu bukan solusi.. tapi akan menambah masalah lagi, kita bisa bayangkan mau jadi apa pemain sepakbola jika liga atau kompetisi sudah tidak ada lagi? banyak yang cari rezeki dari kompetisi atau liga sepakbola. kita hitung lagi banyak untungnya atau banyak ruginya. sekali lagi semua harus kita pikir secara mendalam dan mendetail. jangan sampai keputusan emosional belaka.

Pendek kata semuanya harus koreksi diri dan memperbaiki semua kesalahanya tanpa menyalahkan orang lain. mari kita semua belajar koreksi diri jika kita dikritik orang lain. bukankah orang lain itu berfungsi sebagai cermin untuk melihat apa yang kita tidak bisa lihat . Saya adalah pecinta sepakbola tanpa anarkisme, brutalisme ataupun fanatisme.

moggo teman teman silahkan komentari untuk mencari solusi… bukan menambah masalah apalagi skeptis dan acuh tak acuh atas kejadian disekitar kita.

16 Responses to “DUKA CITA UNTUK SEPAK BOLA INDONESIA”

  1. Pandu :

    Sepak bola Indonesia saat ini hanya dipenuhi oleh amarah. Saat klub kesayangan mereka kalah, mereka mengamuk, merusak, dan bentrok dengan suporter lain. Tapi kalau menang, malah mengejek tim lain.

    Sulit memang. 😐
    *menghela nafas*

  2. nothing :

    saya masih percaya sepakbola endonesa bisa menjadi baik,
    ayo dukung sepakbola fair play, [dan laknatlah orang-orang yang merusak spirit fairplay]

  3. Arif Budiman :

    Saya pikir,sepak bola Indonesia sama dengan yang dari negara lain… Cuma bedanya nggak ada Bambang Pamungkasnya… 😆

  4. galih :

    Saya ingat waktu pertandingan Inter melawan Empoli. Waktu itu wasitnya sangat-sangat kontroversial. Inter dihadiahi penalti padahal bola mengenai kepala, bukan tangan. sejurus kemudian Veira diganjar kartu merah padahal hanya menyentuh tangan. Tetapi semua pihak menerima dan menghormati keputusan wasit, termasuk suporter. Jika terjadi di indonesia, mungkin stadion San Siro bakalan rata dengan tanah 🙂

  5. gatra :

    my game is fair play, gt kata FIFA.

  6. pandu :

    *baca komennya galih*
    😆

  7. Supermoto :

    Itulah Sepakbola di Indonesia, bagaimanapun solusinya tetap aja.
    Mulai dari pendidikan wasit, kesejahteraan wasit…ah nonsen deh sama aja…..
    kita cuman bisa prihatin.

  8. pram :

    udah bubarin aja sepak bola indonesia kalo tingkah supporter masih beringas, banyak mudarat-nya dari pada manfaat-nya.

  9. yus aja :

    mboh lah..karepmu PSSI.

  10. aRuL :

    semoga semua pihak mau berintrospeksi diri.

  11. magma :

    gimana mau supporter tertib, lha wong yang seharusnya dicontoh aja ndak tertib. liat aja, masak ketua PSSI dipenjara. opo gak aneh iku. lha mosok mafia narkoba iso ngontrol pabrik’e teko penjara

  12. imiL :

    bal_bal-ane dipindah ng Rutan Salemba ae..
    aman…
    dan nurdin halid isok nontok…

    penonton sing pengen rusuh, oleh nonton ng njero.. tp g oleh mulih…
    ngancani Nurdin Halid sik…

  13. tukang foto keliling :

    Saya hanya berharap agar di Ligina 2008 semua pihak dapat bersikap lebih dewasa dan lebih profesional.

  14. reka_rona :

    kayaknya Indonesia nggak cocok (siap) main sepak bola. jelas sekali, yang pernah eike tahu (pengalaman) untuk jadi pemain inti harus bayar dulu. skill dan talenta nomer 212. Indonesia tuh cuocok main balap karung, lari bawa klereng ama panjat pinang….

  15. tugu :

    … sangar dabn …

  16. jalal :

    saya dari arab saudi kepingin sepak bola indonesia maju

Leave a Reply