Forum Nokia Technology Workshop

Sebuah pelatihan untuk mengembangkan kreativitas dalam menggunakan Sistem Informasi berbasis Java (netbeans), produk dari sebuah alat komunikasi (Nokia), mengadakan pelatihan bersama dengan para pengembang yang terbatas untuk kalangan umum. Menggunakan tema, “Forum Nokia Technology Workshop“, perwakilan kantor Nokia dari Singapura mencoba memberikan manfaat yang tepat guna kepada masyarakat Indonesia, khususnya para pengembang (developer) aplikasi berbasis Java (netbeans).

Menurut Gary Chan, Head Developer Relations Manager, SEAP dari Forum Nokia & Developer Community, “Indonesia adalah negara yang paling tinggi dalam mengunduh berbagai macam aplikasi, game dan tema handphone”. Sistem yang saling menguntungkan namun tidak memberikan keuntungan kepada masyarakat Indonesia. Berharap, dengan adanya pelatihan bersama seperti ini, para pengembang akan saling menambah daya kreativitasnya sekaligus menambah penghasilan dari hasil daya cipta kreativitas itu tadi. Dalam materi yang berjudul “Nokia Developer Strategy”.

Bagaimana tidak? Contoh sederhana, saya berhasil membuat aplikasi permainan dari program Java tersebut, lalu dipasarkan melalui pihak Nokia dengan program yang sudah ada yaitu Ovi Store. Semakin menarik aplikasi permainan tersebut dan semakin banyak yang mengunduhnya, tentu saja akan menambah penghasilan saya walau sedang tidur. Begitu juga dengan cara berpikir, apabila hanya orang-orang dari pihak Nokia yang mengembangkan, belum tentu dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia yang lainnya. Apabila cara berpikir yang berbeda-beda (katakanlah para peserta pelatihan), akan menghasilkan banyak ragam aplikasi yang dikembangkan, tidak hanya berbentuk aplikasi permainan. Mungkin diantara salah satu peserta pelatihan yang hadir ini dapat membuat aplikasi yang bersifat mendidik untuk anak-anak atau para murid yang sedang membutuhkan informasi di luar sekolah.

Upik Sidarta, Developer Relations Managers, Indonesia dari Forum Nokia & Developer Community, menjelaskan keuntungan yang didapatkan jika sudah banyak yang mengunduh aplikasi hasil karya kita. Bukan hanya nama yang dikenal, namun penghasilan tidak terduga dalam bentuk materi (uang). Beliau juga memberikan argumentasi, bahwa terdapati anak yang masih berumur 12 tahun, sudah mampu membuat aplikasi yang mendidik untuk anak-anak yang masih sebaya dengan anak itu. Hasilnya? Aplikasi tersebut sudah diunduh sekitar 1 juta lebih pengguna Nokia. Suatu hal yang sangat fantastis, hanya dengan daya cipta kreasi yang sederhana, namun sangat bermanfaat bagi yang lainnya. Beliau juga menjelaskan, bahwa di Ovi Store sudah bekerja sama dengan provider yang sudah terkenal di Indonesia ini.

Pelatihan yang dipimpin oleh Valerie Tai, Senior Technology Expert, Forum Nokia & Developer Community, APAC, sangat menarik sekali. Mulai dari tingkat yang sederhana hingga mengembangkan aplikasi yang sudah ada, untuk menjadikan aplikasi yang lebih baik. Menurut beliau, tidak ada yang sulit jika berkeinginan untuk terus maju. Bahkan jika sudah berhasil membuat aplikasi yang baik dan sudah di unduh sekian ratus pengguna, pasti akan ketagihan untuk membuat yang lebih banyak dan lebih baik. Penulis sangat kagum akan kemampuannya dalam mengolah kode-kode program Java tersebut, memang benar jika ada yang mengatakan Code Are Poetry.

Demikian laporan singkat tentang pelatihan bersama dengan tema “Forum Nokia Technology Workshop“, yang diselenggarakan pada tanggal 26-27 Mei 2011 (09.00 – 17.00), di Binus Square – Hall of Residence, Jl. Budi Raya No. 21, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11530, Indonesia. Menurut panitia yang terkait, pelatihan tersebut akan dilaksanakan secara rutin, dapat dilakukan secara 6 bulan sekali atau setahun sekali, tergantung dari tingkat intervensi pasar. Tulisan ini saya persembahkan kepada luxsman yang sudah memberikan informasi (yang menurut saya sangat berguna). Terima kasih.

4 Responses to “Forum Nokia Technology Workshop”

  1. budiono :

    wah mantab kalo sampe jadi developer mobile device dan laris didownload, bakal kebanjiran duit..

  2. luxsman :

    tambah jozz saiki,,, pundi.pundi rupiah siap.siap nambah,,

  3. fazza :

    mau dunk flash disknya 😀

  4. Wahyu :

    pengen rek aku jadi developer mobile service

Leave a Reply