Gerak Jalan Mojokerto – Surabaya

Hari ini, persisnya jam 7 malam tadi, gerak jalan tradisional, yang ini juga disebut sebagai napak tilas perjuangan bangsa kita, kembali digelar. Pesertanya untuk kategori perorangan lebih dari 3 ribu orang. Sementara yang beregu mendekati angka 400. Konon dulu pejuang dari Surabaya yang dibombardir Sekutu pada 10 November, semuanya melarikan diri ke arah Mojokerto. Ini kalo dari cerita para buyut dan pinisepuh.

Yang bikin rame gerak jalan ini sebetulnya bukan karena ramainya jumlah peserta saja, tapi juga animo dan antusiasme masyarakat yang daerahnya dilewati. Banyak yang dengan sukarela nyiapkan air minum, kue-kue, bahkan sego sadhukan alias nasi bungkus pun disiapkan. Jadi persis suasana waktu perang dulu, para pejuang yang bertempur nggak perlu bingung cari ganjelan perut, karena masyarakat menyediakannya dengan semangat juang yang sama besarnya.

Yang unik, peserta gerak jalan tidak melulu dari mereka yang ikut lomba jalan kaki ini, tapi juga dari beberapa klub sepeda kuno, dan juga mobil kuno. Gerak jalan ini sendiri untuk menggairahkan kembali semangat kepahlawanan masyarakat, sekaligus biar nggak lupa gimana beratnya perjuangan dulu, meski yaa ada juga sih yang finishnya naik bis, dianter temennya naik motor, atau mobil. MERDEKA!!

20 Responses to “Gerak Jalan Mojokerto – Surabaya”

  1. alief :

    jadi ingat jaman TK dulu… Nunggu di pinggir embong untuk lihat para peserta gerak jalan 🙂

  2. yuki :

    kalo saya dulu waktu kecil, ikut nganterin konsumsi buat rombongan TNI AL yang kebetulan juga jadi peserta waktu itu. Nyampenya waktu itu malem banget, sekitar jam 12-an mungkin. Kalo dulu sih startnya agak sorean, jadi nyampe Surabaya pas malem. Kalo sekarang kan dirubah. Start malem, nyampenya bisa subuh tuh yang terakhir.

  3. santy :

    mojokerto-surabaya tuh jauh ya?

  4. deteksi :

    Mjkt-Sby kalo lewat ruteku sekitar 55KM!

    Sebenarnya saya pengen ikut, tapi sayang baru tahu kemarin di radionya mas yusuf kiki (SS FM 100). Sudah telat daftarnya!!!

    :((

  5. cempluk :

    tadi pagi kan acaranya gerak jalan sby – mjk..saya sempat lihat, trus barusan pulang ngelewatin tugupahlawan juga lagi bersih2 tempat acara gerak jalan udah pada bubar..

  6. Anang :

    wah…. ini banyak yang nanya si suara surabaya…. kira kira daerah yang dilewati mana ya… jam berapa ya… hehehehe…..

  7. ngelamunista :

    wadoooh pantesan tadi macet cet cet …

  8. yuki :

    sekarang rombongan terdepan dah nyampe KBS

  9. deteksi :

    ngawur ae cempluk iku, gerak jalane mulaine baru malam ini kok! 😀

  10. yuki :

    si cempluk lagi ngantuk be’e hehehe!! oya, udah mulai pada finish. Sampai jam 4.45 am 18 November ini, udah 70 persen masuk garis finish di tugupahlawan, tapi ndak pake dotcom lho!!

  11. deteksi :

    ayo tahun depan kita kirim delegasi ke acara ituw!!! terutama yang badannya “berisi” biar bisa mimpes… (kempes! moso ngono ae gak ngerti seh…)

    hayo diabsen: cempluk.. yuki.. mardun.. “dion!”, *duh sapa itu nyeletuk?*

  12. DrGa :

    #Deteksi: Boleh tuh idenya Deteksi,tahun depan Tugu Pahlawan[dot]com ikut.Kuat gak ya????

  13. gempur :

    kalo taun depan jadi ikut, saya daftar jadi penonton aja! kasih support sambil bagi2 air..

  14. yuki :

    saya sumbang semangat dari radio deh hehehe!!

  15. aRuL :

    beberapa hari ni ngurus pelatihan, wah ketinggalan berita2 tentang sby…
    wah kapan2 boleh ikut nih 🙂

  16. ady :

    knapa perorangan umurnya pa30 n pi31 pdhal sya kan juga pngen ikt, tpi syangnya sya kmaren d tlak krn umr sya tdk mencukupi. n sebaiknya max17 aja

  17. iw@n :

    mau tanya nih..sebenere boleh ga saya di belakang peserta sambil naek motor.soale buat bawa air minum dan makanan buat peserta gitu

  18. suhar :

    kuesel tenan rek…

    berangkat dari mojokerto jam 7 malam dan sampai di surabaya jam 4 pagi.
    Heran deh dengan yang finish pertama, kok bisa jarak 55 km ditempuh dengan waktu 6 jam (berangkat jam 4 sore sampai di sby jam 10 malam)

    salut deh, merdeka!!!

  19. agus :

    “selamat Ya yang ikut Gerak Jalan MOjokerto -surabaya..saya sedih banget di Jakarta..ngga bisa lihat..saya waktu kecil setiap hari Pahlawan lihat gerak jalan di depan Komplek Ratatex- Balongbendo…semoga tahun2 depan bisa pulang kampung..lihat gerak Jalan.

  20. madin :

    mohon restunya smoga cuaca mendukung,kali ini aku ikut perorangan dan yg pertama kalinya,smoga sukses n bs bertahan aku slama di jalan -finish

Leave a Reply