Hukum Lyn ? Hukum Lenz

Bagi para pelajar di seluruh nusantara maupun di luar negeri pasti tahu apa bunyi dari hukum Lenz, bunyi dari hukum Lenz “Jika suatu pengantar listrik digerakkan dalam suatu medan magnet, maka arus listrik yang diinduksikan berarah sedemikian rupa, sehingga gerak pengantar listrik yang mengakibatkan induksi tadi terhambat olehnya.. Tapi, kita tidak akan membahas mengenai hukum Lenz, karena kita pasti semua yang pernah mengenyam bangku pendidikan tingkat SLTP pasti tahu bunyi hukum, apalagi yang senang pelajaran Fisika. Ya…, Cuma sekedar mengulang pelajaran, siapa tahu ada yang lupa.

Nah apakah hukum ini sama dengan hukum Lyn. Apakah kita tahu bunyi hukum Lyn ? Bagi Arek Suroboyo pasti tahu bunyi hukum Lyn. Ya,,,benar, bunyi dari hukum Lyn adalah jauh dekat cuma Rp 3.000,-.

Ironi, lyn yang merupakan sumber transportasi masyarakat Surabaya sangat mahal untuk perjalanan yang dekat. Dan tarif ini pun diperuntukkan bagi pelajar SD dan SMP. Seharusnya pemerintah Surabaya bisa lebih adil mengenai pemberian tarif angkutan di Surabaya, khususnya Lyn.

Ini berbeda dengan angkutan di luar kota Surabaya yang tarifnya masih termasuk murah. Uang Rp 500,- pun masih berlaku. Tapi sayang untuk sekelas angkutan di Surabaya sudah tidak akan ditemukan lagi.

Ya semoga kita memaklumi kebijakan pemerintah kota Surabaya.

 

13 Responses to “Hukum Lyn ? Hukum Lenz”

  1. areros :

    Pertamaaaxx

  2. areros :

    yap bener gak adil banget tu. kalau deket bayarnya tetep Rp 3000 , kalau jarak jauhnya kebangetan suruh tambah. mbok ya perasaan dikit napa sama kantong pelajar.

  3. Rully Patria :

    wah serius neh… 3000??
    di Jakarta aja masih 2000…
    untung di Bandung ga semahal itu

    Salam Kenal Kang…

  4. AngelNdutz :

    di Malang malah 2500, itupun kalo pelajar didiskon 500 perak jadi 2000…
    Entah kenapa Sby lebih mahal 😕

  5. aRuL :

    setelah dihitung2 apalagi kalo bepergian rame2 mending naik taxi aja, kurang lebih sama harganya dengan kondisi yang lebih menyenangkan… 😀

  6. cahwetan :

    harap dimaklumi, surabaya kota metropolitan paling ya butuh suntikan dana untuk pembangunan

  7. yud :

    Di Jakarta kalo naek Kopaja + Metromini (bus kecil ijo sialan) harganya Rp 2500. Kalo jarak dekat bisa Rp 2000.

    Info transportasi di jakarta baca di blog saya http://tempepanas.wordpress.com/2008/08/12/carut-mawut-transportasi-jakarta/

  8. gajah_pesing :

    Kalo harga saia bener2 gak tau coz gajah gak pernah naik mikrolet, paling banter truk terbuka.. :p

  9. avy :

    waaah saya baru tahu yang namanya hukum Lyn huehehehehe

  10. vincentius :

    Trus hubungan nya sama Hukum Lenz apa’an???
    Hmm…
    Rumit juga, saat sopir Lyn mencari penumpang yang banyak tidak diimbangi pelayanannya
    seperti ngebut-ngebutan dan suka ngetem(saya paling benci kalo sudah ngetem hampir 1 jam)
    Makanya, ada beberapa yang milih KOMUTER
    udah 2.500 ga pake ngetem ga ngebut-ngebut amat…
    hehe…
    http://www.de-me-on.blogspot.com

  11. mudz069 :

    Semua komen nampaknya hanya memandang dari satu sisi, dari sudut sebagai penumpang or pengguna. . . . . sesekali cobalah lemparkan fantasi ke belahan yg lain, sebagai pengemudi.
    Mereka harus menghidupi sekian mulut sementara omzet terus menurun, tergilas oleh kemudahan kepemilikan roda 2. Lihat saja angkot mereka banyak yg melompong, load factornya mungkin cuma 40%. Tekanan terus bertambah dgn mahalnya bbm n spare part.
    Bila mereka bertahan dgn ongkos segitu, berarti segitulah bea minimum yg mampu membuat survive. Kalau lebih rendah dia akan kolaps n kalau dinaikkan penumpang akan lari. . . . . . . .

  12. Nafi' :

    Tapi yang lebih kasihan tuch para penumpangnya khususnya pelajar… soalnya uang jajan mrka berkurang… he.. he.. he.. soalnya aku juga merasakan hal yang serupa…

  13. deenyoo :

    masih inget banget jaman skool dulu, tarip bemo ijik sewuan hmmm… saiki wis motoran terus…

Leave a Reply