Ide Unik : SATE BARONGAN PAK UNIQ

Beberapa waktu yang lalu, saya melakukan perjalanan dari Surabaya ke Sepanjang-Sidoarjo untuk urusan pekerjaan. Di jalan wonocolo-sepanjang saya melihat sesuatu yang “beda” yaitu sebuah rombong tempat jualan kaki lima lengkap dengan pajangan daging kambing utuh satu badan yang kelihatan segar & muda tetapi ada asap yang menandakan ada bakaran daging di tempat itu.

Saya tanya ke teman sebelah saya yang kebetulan rumahnya dekat dengan daerah itu, katanya “Ya Mas itu bukan penjual daging seperti yang sampeyan kira, tapi penjual sate. Setiap hari pasti rame karena bahannya dari kambing muda dan segar”. Kata saya, wah boleh dong kita coba, hitung-hitung sebagai makan siang terakhir he..he..

Ya Pak uniq biasanya dia dipanggil memulai merintis berjualan sate karena kesukaan masak dan makan sate ini. Waktu pertama kami datang, kelihatan dari depan bahwa ruangan yang sempit itu kelihatan ramai sekali. Tetapi setelah saya masuk ternyata ada ruangan yang lumayan luas dibelakang yang menjadi tempat pelanggannya menyantap sate.

Dan kebetulan ruang itu penuh juga dan akhirnya kami diajak naik ke lantai 2 yang belum selesai secara sempurna banguannya (masih ada tukang dan sang pemilik sate yang melakukan finishing bangunan).

Waktu kita tanya koq tambah lagi ruanagannya pak, katanya untuk mempersiapkan bulan ramadhan, misalnya yang ingin menyantap buka puasa bersama keluarga atau relasinya, biar tambah lapang.

Kenapa saya bilang unik

Nama Warung
Nama warung sate ini adalah SATE BARONGAN PAK UNIQ. Saya menjadi teringat dulu waktu kecil orang tua sering melarang saya untuk bermain ke barongan. Barongan artinya sama dengan hutan bambu yang konon menyeramkan.

Tapi dasar saya anak yang pemberani barangkali he..he..seringkali malah mainnya disitu kalau main petak umpet jangan ditanya pasti sembunyi di tempat-tempat seperti itu.

Saya tidak tahu ide sebenarnya Pak Uniq menamai dengan brand seperti ini tapi kalau menurut saya inilah kejelian pertama yang dilakukan untuk merangsang pasar. Nama yang unik, membuat yang lihat jadi penasaran dan akhirnya mencobanya.

Menu & Penyajian
Menu utamanya sebenarnya sama dengan warung sate pada umumnya yaitu sate kambing dan gulai kambing, tetapi yang membedakan adalah bahannya berasal dari daging kambing muda dan segar.

Dan yang lebih beda lagi, disini pengunjung bisa melihat dan membuktikan keaslian dagingnya secara langsung yang dipajang secara utuh di depan. Disamping itu juga bisa memilih bagian mana yang diinginkan untuk di sate, nah lho.

Penyajian dilakukan secara semi prasmanan, dimana pengunjung bisa secara bebas mengambil nasi dan krupuk yang ada di pojok ruangan. Jadi, yang porsi makannya besar sangat dimanjakan disini he..he..

Suasana & Publikasi
Sekali lagi ketika anda melihat dari depan, tampilan warungnya seperti kaki lima biasa. Di depan ada rombong sate dan tempat pemangggangan dan pajangan kambing utuh yang digantung dan kelihatan dari jauh aroma daging muda dan segarnya.

Kalau anda masuk kedalam dan juga naik ke bangunan yang lagi difinishing tadi, ada ornamen yang berasal dari bambu. Tangga putarnya saja seolah terbuat dari bambu. Jadi khas barongan banget gitu lho, sesuai dengan nama warungnya.

Saya melihat di ruang depan ada dua halaman penuh dari sebuah tabloid khas kuliner menempel didinding yang memuat profil Pak Uniq ini dengan warung satenya. Luar biasa saya fikir yang dillakukan Bapak ini.

Dan didinding terpajang rapi foto Pak Uniq bersama tamunya, nampak disitu foto orang kedua Surabaya, Bapak Wawali, Arief Afandi. Juga ada Bapak Presiden Republik Mimpi Si Butet Jogya dll. Ini menggambarkan betapa terkenalnya warung sate ini he..he..Gak papa keliahatan kecil seperti kaki lima asalkan penghasilannya seperti restoran gedhe yang mendunia he..he..

Servis Excellence
Jangan ditanya soal pelayanan, luar biasa itu kesan yang saya tangkap. Tampilan memang kaki lima tapi pelayanan luar biasa prima. Bahkan saat kami selesai makan, sang empunya warung makan ini bilang : Trimakasih ya Bapak-Bapak dan dilanjutkan pertanyaan sang kasir, ”gimana pak sajian kami ?”

Klop sudah nih saya fikir, jadinya membuat orang ketagihan untuk datang. Wah yang darah tinggi dan kolesterol tinggi gak bisa datang lagi donk he..he..

24 Responses to “Ide Unik : SATE BARONGAN PAK UNIQ”

  1. gatra :

    alamate nang ngendi cak????

    🙂

  2. JieWa Nakamura :

    daging kambing muda ? Cempe ya namanya ?

  3. nico kurnianto :

    ternyata kambing

  4. arifaji :

    @gatra : nang jalan wonocolo, sepanjang (sisi kanan jalan dari arah surabaya). dari karang pilang arah sepanjang mas, ngerti khan he..he…

    @Jiewa Nakamura : kambing muda = cempe, iya kali, uenak tenan yang jelas.

    @niko kurnianto : alergi kambing yah mas he..he..

  5. Mirzha :

    hanjritttt bikin ngileerrr 😀

  6. det :

    duh postingane kok morat marit ya, spasi antar paragrafnya kebanyakan… [apa karena opera saya ini?]

    kalo yang begituan saya dah pernah makan tahun 1999 lalu pas masih sekolah di jombang. lokasinya di peterongan. namanya SKM alias sate kambing muda.. dan memang rame juga.. majang kambing utuh juga.. kayak di restoran yang majang babi gitu deh majang kambingnya..

  7. santy :

    gambar satenya bikin ngiler… 😛 mauuu…

  8. nanakiqu :

    SEDAP….jadi pengen mampir

  9. dadang :

    Enak temenan kethoke, nyobaa’ah! diwenehi peta po’o, kan wis onok wikimapia. ben tambah jelas rek!

  10. chibi :

    wah, koq kebetulan mbahas ttg sate barongan…
    aq suka banget lho ma ni sate…
    emm, kira2 dah 4 kali nyicipin…
    rasanya, mak nyuuuzzzz!!!

  11. ulan :

    kayak nya enak ya..
    dimana alamat nya??

  12. chika :

    iya…sumpah… enak banget…. aku padahal ga suka kambing… huek…hiek….ada bau – bau aneh tapi bgitu kecelakaan nyoba sate kambing pak unik ga ada rasa aneh … yang ada enak tenan….
    makannya aku jadiin sponsor deh…

  13. Supermoto :

    yoooo kopdar (eh sudar) nang pak Uniq

  14. poce :

    wahhh… sate kambingg … hmmmm ….

  15. Lisa :

    Waaahhh perlu dicobak neh cempene..!! Asyik..asyik ono info warung anyarrr.. 😛

  16. Adams :

    wah iso dicoba rek.. wonocolo yo?

  17. milan :

    Saya pernah makan sate kambing muda di Dadaha Tasikmalaya, Lezat gurih empuk & dagingnya seger. Juga gulenya, tongsengnya, & tumis kambing guling… bener2 nikmat alami …

  18. milan :

    Saya pernah makan sate kambing muda di Dadaha Tasikmalaya. Lezat gurih empuk & dagingnya seger. Seporsi 14 rebu. Di situ ada juga gulenya, tongsengnya, & tumis kambing guling. Bener2 nikmat alami…

  19. WS. Sutrisno :

    Pengin banget coba tapi alamatnya kurang jelas
    setahu saya karangpilang dengan wonocolo agak berja
    uhan. Tolong kalo bisa kasih alamat lebih detail.
    Terima kasih.

  20. hary :

    ini sdh 2009,mana petanya…………..?

  21. dewoc :

    iso dicoba iku, aku wis sering krungu tp durung tau noba…

  22. lutfi rahman :

    Sate Nya Enak Banget saya kalau kesurabaya pasti mampir kesana apalagi dengan BERAS KENCURNYA Seger banget Sukses Pak UNIK dari lutfi jakarta

  23. lutfi rahman :

    pokoknya eeeennnnnnaaaaaaaaaaakkkkkk

  24. lulu :

    Baru nyoba kemarin,uwenaaakkk tenan,ketagihan,pengen kesana lgi,dagingx empuk g bau kambing,gulaix maknyuss

Leave a Reply