Keberadaan Makanan Semanggi di Surabaya

Semanggi adalah salah satu makanan khas dari Jawa Timur. Terdiri dari daun semanggi yang telah dikukus, kecambah, kangkung, kerupul uli serta bumbu yang terbuat dari ketela rambat (jawa: TELO). Kesemua bahan tadi dibungkus dengan daun pisang yang dibentuk seperti kerucut (jawa: dipincuk).

Di Surabaya, semanggi ini diproduksi oleh masyarakat di daerah benowo. Para penjual semanggi kebanyakan adalah wanita paruh baya keatas. Mereka menjajakan semanggi ke seluruh pelosok kota surabaya dengan menggendong di punggung dan berjalan kaki. Pada pagi hari, para penjual semanggi berkumpul di perempatan sendangbulu, dekat perumahan bukit palma. Meraka menunggu jemputan dari mikrolet yang setia mengantarkan mereka ke pelosok kota Surabaya.

Harga semanggi ini relatif terjangkau, dengan rasa yang nikmat. Biasanya semanggi ini dapat dijumpai di pinggir-pinggir jalan, sekolah, maupun Plaza.

Sumber foto: www.surabayatourism.com

24 Responses to “Keberadaan Makanan Semanggi di Surabaya”

  1. cempluk :

    pagi pagi makan semanggi , mak Ny#s..

  2. nFath :

    luuh, paling enak klo menuru saia ya dimakan siang”, pas pulang sekolah, sama temen”, sambil becanda bareng, gantinya rujak lah ^^

    *padahal yo wis ndak sekolah T_T*

  3. evelynpy :

    Well jangan makan semanggi yang ada di food courtnya Mall Galaxy yang baru ya. Mahal n nggak enak.

  4. Edi Psw :

    Yang bikin senang makan semanggi apa?
    Aku suka sama sayurnya.
    Bisa bikin tubuh seger, dan yang
    jelas bisa bikin kenyang.
    He… he … he…

  5. Ardian :

    Walah2 tempat produksi semanggi kan ada deket sekolahku, Lha wong sekolahku didaerah Benowo. Hehehe2x

  6. nanakiqu :

    Um..masih ada ya makanan yg namanya semangi . khan itu udah langka banget. terakhir kali makan udah berpuluh2 tahun lalu….
    Ngomong2 alamat warung yg jual semangi di mana ya mas..?

  7. Edi Psw :

    # nanakiqu
    Tempat jual semanggi kayaknya nggak ada mas.
    Yang ada adlh penjual keliling
    Cuman nyarinya ya agak susah

  8. santy :

    nyanyanya…
    semanggi yah… enak bgt euy :p, tapi saya suka bumbunya doank, tapi semangginya juga ^^, paleng enak kalo sayur ama bumbunya sama banyak, ho ho ho :p

  9. titah :

    It is said that 600 ml of water boiled with 30-40 grams semanggi leaves on small fire until remains 200 ml, drunk twice a day (100 ml each) can cure chronic hepatitis. It also cures diarrhea, and as gargle cures sprue and other mouth infections.

    There are many other uses of Oxalis corniculata. If fresh oxalis herbs are pulverized and dabbed, it can cure wounds, eczema, abscess, scabbies, singe, prickly heat, and insect bites. It is said that drinking the mix of the fresh herbs extract and honey can stop haemorrahage. You can also treat ureter stone by heating 60 grams of fresh oxalis herbs and 60 ml of arak manis until remains a half. Divide it into three dosages daily.

  10. DION :

    wah pengen banget makan semanggi, dah 7 tahun di surabaya taunya pecel, rawon, lontong balapan, tahu tek..

    di mana beli semanggi?

  11. ono :

    Mangan semanggi nang ngarep teras omah, rong pincuk semanggi karo sakgelas teh anget dadi klenger awak iki rek.
    Mangan Semanggi enak’e pas sakdurunge awan lan awan pisan, nunggu bakul semanggi nang teras omah, eee… sing lewat malah cak pandik sing dodol lontong balap.

    Senengnge rek ono komunitas blogger suroboyo, wes ndang dirumat sing apik. Seneng rek….

  12. galih :

    Lhoo… aku malah belum pernah makan semanggi suroboyo….

  13. yuki :

    semanggi? hmmm….kalo kata orang Pasuruan, uinuk masss!!!

  14. Mdgila :

    kapanhari liat liptan jelang sore kalo gak salah, di trans tipi 🙁
    ada presenternya dandan kaya mbok-mbok jamu, pakai kebaya jualan semanggi digendongan, keliling.

    Saya, teman saya, teman saya, dan juga teman saya
    (berempat maksudnya, pas liat tipi, lagian dijelasin juga pecuma gak kenal hehe)

    Sama-sama melongo, semanggi itu apa?
    gak tahu – belum pernah makan – gak tau rasanya
    Ada yg bependapat:
    – mirip pecel mungkin
    – kaya lalapan sunda
    – o…kaya J.co mungkin
    – atau ada di gerai StarBucks hehehehe…

    Minta dong….(alamatnya) beli dimana, di Sby ?? Jgn jauh2..lokasinya

  15. chex :

    semanggi ??????
    q bnget,,,,,,, kapan lagi bisa makan semanggi suroboyo……
    ingat ga nyanyian :
    “semanggi suroboyo, lontong balap Wonokromo”
    Enak tenan!!!!!!!!!!!!!

  16. Dicky :

    Rasanya seperti apa? Pecel?

  17. STR :

    @ Dicky: pecel?? lebih mantab semanggi, dick!!

  18. Dicky :

    Piye manyab’nya? Bumbunya? 😀

  19. tu2t :

    semanggi yah?? kalo nggak salah daerah utara sana ada warung yang jual semanggi..
    masalahnya, pas tu2t liat di wisata kuliner, tu2t lupa nyatet alamatnya :p kalo nggak salah di Taman Surya ada yang jual deh.. murah meriah.. skitar 3000-3500an gituh degh.. kalo lewat.. jarang2 degh..

    wah.. jadi pengen mam semanggi XD

  20. anggie' :

    dulu di perumahan tempat tinggalku, kalo siang gitu slalu ada pnjual semanggi keliling.jualannya teriak kenceng bgt semanggi….kata adek ku mbak dipanggil tuh heheh secara mirip gitu anggi ma semanggi hehe…
    jadi penasaran, nyoba beli deh…dan ternyata UENAK HEHEHE…
    kangen neh ma krupuk uli nya ma semau muah nya hehehe
    miz u so semanggi)

  21. kartika :

    di mall2 banyak di food courtnya. di galaxy mall ada, di giant juga ada.

  22. rempeyek :

    Kalau semanggi bukan dijual di surabaya saja tapi di pinggiran surabaya juga banyak seperti daerah waru dan sekitarnya. Tapi kebanyakan penjualnya ibu2 dari Tanggulangin Sidoarjo

  23. Agustini :

    Makanan yang paling tak suenengi no 1 samapai aku habis 5 bungkus (pincuk) waouw …… makanan ini luama aku cari ternyata skr lebih sering aku temui di mall mall yang harganya selangit n rasanya gak maknyus…. aku ingin nemui mbok mbok yang “nyunggi ” semanggi heemmmm pasti uenak n mak nyuus….. tapi dimana….. ??? aku sering ke sby tapi dimana mbok aku harus nemuin kamu..???… mbok aku kehilangan awakmu ….. mbok bakul semanggi…..

  24. Agustini :

    wouw semanggi mkanan yang paling aku sueneng aku bisa habis 5 bungkus ( pincuk) … tapi kok skr adanya di mall mall … rasanya gak maknyus… hrgnya jg mahal….. mbok semanggi dimana sampeyan…… ?? aku nyaari sampeyan kemana kemana gak pernah ketemu…. oohh semanggi ku …… ooh mbok bakul semanggi kamu dmn …. semanggimu maknyuuus ……. aku kelangan awakmu mbok ….

Leave a Reply