Kelangkaan Energi Bahan Bakar

Salah satu permasalahan besar negara Repulik Indonesia yang belum bisa tertangani sampai saat ini adalah mengenai kelangkaan energi bahan bakar yang didukung oleh semakin meningkatnya populasi masyarakat Indonesia.

Dan hal ini masih saja berlangsung meskipun pemerintah telah melakukan impor dengan nilai triliunan rupiah per tahunnya untuk mencukupi kebutuhan energi bahan bakar tersebut. Sehingga perlu dicarikan solusi cerdas sebagai pemecahannya, antara lain adalah pemanfaatan energi surya akan diaplikasikan melalui pembuatan Kompor Energi Surya (KES).

Kenapa pemerintah sangat kurang support dalam hal pendanaan ilmiah mahasiswa maupun dosen. Bahkan untuk proses pengembangan saja sangat minim. Sehingga banyak karya mahasiswa yang berakhir di gudang maupun pengarsipan saja. Minyak langka, elpiji langka. Mau cari apa kalau tidak ke energi alternatif. Ya mungkin saja pemerintah lebih mementingkan kehidupan pribadi daripada kehidupan masyarakat.
Tanya Kenapa???

12 Responses to “Kelangkaan Energi Bahan Bakar”

  1. yuki :

    Pemerintah memang kurang, atau malah nggak kreatif samasekali, menyikapi kelangkaan energi yang berasal dari bahan fosil. Kalo di Amerika, saya pernah nonton di NGEO, ada beberapa pemanfaatan energi, salah satunya yaa energi surya itu. Memang untuk yang satu ini masih butuh dana yang lumayan gede.

    Terus ada satu lagi, di Texas itu kan daerahnya kebetulan berangin, jadi dimanfaatkanlah embusan-embusan angin itu, untuk dijadikan energi listrik, melalui turbin-turbin yang dipasang mirip kincir angin.

    Yang penting sebetulnya sih niat baik, atau bahasa kerennya political goodwill aja dari pemerintah. Dulu ITS pernah bikin Widya Wahana, mobil bertenaga surya. Sayang nggak ada kelanjutannya. Kalau dulu ada fasilitas dari pemerintah, bisa jadi proyek itu akan bisa diproduksi masal, dan kita bisa naik mobil bebas BBM, meskipun kalau mendung ya repot juga, hehehe!!!

  2. TheGoeh :

    Ehhmm mungkin karya-karya para mahasiswa masih terlalu sophisticated untuk ukuran industri, jadi susah buat dibikin massal, belumn tepat guna mungkin. kalo secara inovasi sih, memang sudah ok..

  3. neng-shei :

    kenapa?
    Karena Pemerintah “Pura-Pura Lupa” pernah terlahir sebagai “Rakyat” yang menggugat hal yang sama kalo lagi kesusahan.
    When time has come, alias uda menyandang ‘jabatan’ dan mengantongi uang milyaran,
    penderitaan tempoe doeloe hanyalah sejaranh kelam yang petut ditinggalkan dan akhirnya ‘nglali’ akan “penderitaan rekyat kecil” yang pernah dialami..
    Naseeeb..Naseeeb

  4. ndop :

    aku jadi bingung.. pemerintah kui sing dipikir opo yo??

    aneh wis..

    ga melok2 ngritik aku.. wedi nek ditangkep koyok slank..

  5. ndop :

    orang endonesia itu asli pinter-pinter, cerdas-cerdas.. tapi gak nduwe duik!!

    duike negoro entek kangge mbayari wong2 sing kerjone lungguh legi (duduk manis,red.) nang kantor aneh bentuk keong itu..

  6. neng-shei :

    Sepakaat!!!
    Saia kecewa waktu pemerintah menolak pendanaan untuk riset dan ilmu pengetahuan, yang entah kapan itu, lupa. Lha kalo ‘hasil riset’ itu dipek wong liyo ya bukan salah rakyat yang dibilang ndak nasionalis. Mau nasionalis kok dipersulit, sopo sing salah?

  7. aRuL :

    sek sek.. hubungannya kelangkaan bahanbakar dengan mahasiswa apa yakz ❓

  8. torashamz :

    hal yang paling membuat saya bertanya…? mengapa Indonesia ikut2an menjadi langka energi..?

    Indonesia adalah negara super kaya akan energi. Kita adalah penghasil minyak bumi dan cadangan minyak bumi yang belum dieksplorasi masih ribuan titik.

    lebih aneh lagi, kita penghasil minyak bumi tapi mengimpor mninyak bumi..?

  9. novriza :

    kelangkaan BBM di negara kita ini sebenarnya ya karena kebodohan kita sendiri. SDA yang udah melimpah koq gk bisa ngolah sendiri malah di ekspor. akhirnya kan kita sendiri yang mengimpor minyak.apa bukan bodoh itu namanya?????
    hehehehehe…………

  10. sasa :

    emang iya…..di Indonesia bnyak bangetz populasinya…..tiap tahun aja pazti nambah banyak….makanya Indonesia kekurangan bahan energi….secara, banayak penghuninya….

    yang saya tanyakan,,,,

    kapankah kelangkaan tsb teratasi…..?????
    yar orang2 di Indonesia pada makmur…..

    kapan yach……..????

  11. Bastian Ramadhan :

    ya… tuch kan masalah DEPARTEMEN ENERGI DAN PERTAMBANGAN, n’ DEPARTEMEN bgn TRANSMIGRASI.
    knp koq bisa langkah di INDONESIA? tuch kan yang harus dipertanyakan kepada SDM indonesia, knp INDONESIA kok tmbh meng-import minyak matang/jadi dari negara lain, malah indonesia meng-export minyak mentah ke ngra lain…?

    Ingat yach, SDA kita masih bnyak sesungghnya tp SDM kita yang tidak bisa mengolahnya….!
    gitoch……

  12. richer :

    yah, kalo ngomong SDM sih…benernya mungkin kita poenya ya..Tapi selalu dibikin g PD ma kemampuan sendiri. masalahnya, Indonesia masih mbebek buat mutusin segala sesuatunya ma negara yang lebih gedhe, ato super guedhe. kayak Amrik tuh. meski ngorbanin rakyat dhewe, kayaknya pemrintah kita yg setia tuh g bakalan g tega deh. buktinya, tambah hari tambah banyak ajah kebijakan yg bisa bikin org2 melarat mati pelan2. iya g?????

Leave a Reply