Kopdar = Kebutuhan atau Kewajiban ?

Assalamualaikum Wr Wb

TPC = TuguPahlawan[dot]Com mempunyai (sangat) banyak sekali member yang tergabung dalam komunitas blogger ini. Tak tanggung-tanggung, sebanyak lebih dari 707 member (contributor) yang sudah terdaftar disini TPC . Hal yang sangat patut disyukuri bagi insan manusia yang berAKAL dan berBUDAYA menurut ciptaan Allah SWT. Bukan itu saja, tapi ada satu aktivitas TPC yang sangat dibanggakan daripada member-member tersebut. KOPDAR = KOPi DARat atau dapat juga dikatakan Temu Anggota (Bertemu Member) TPC tersebut satu sama lain, yang fungsinya adalah untuk saling mengenal lebih akrab, saling berbagi informasi (baik materi ataupun non materi), memperat persaudaraan, mempererat persatuan dan kesatuan yang sudah terjalin sejak awal pembentukan TPC.

Lalu siapa saja yang KOPDAR? Secara logika adalah anggota yang (seharusnya) sudah bergabung di TPC tersebut. Sebanyak 707 (lebih) anggota yang sudah tergabung harus KOPDAR? Suatu pertanyaan yang sangat sering penulis dapatkan daripada rekan-rekan yang lain (bahkan tak jarang dari para anggota itu sendiri). Mungkin karena penulis yang belajar untuk berpikiran luas, maka hanya bisa menjawab “KOPDAR itu kebutuhan saya dalam berinteraksi dengan masyarakat luas“. Lebih atau kurangnya, biarlah orang lain yang menilai karena mereka juga memiliki pemikiran yang (bahkan lebih) luas dan hal itu tidak akan penulis tanyakan kepada mereka atau kalian.

Kopdar bagi penulis sangat berperan penting dalam menghilangkan kepenatan dalam keseharian aktivitas sehari-hari. Penulis (saya) juga sibuk beraktivitas dalam keseharian yang dinamakan pekerjaan (kasar) yang sangat berat hanya untuk meneruskan kehidupan di dunia ini tapi sangat bersyukur kepada TPC yang sudah mengizinkan penulis untuk gabung KOPDAR bersama walaupun hanya sejam berkumpul di hari Minggu, yang mereka namakan JMP = Jogging Minggu Pagi di Taman Bungkul jam 07.00 WIB. Apakah anggota yang lain juga ikut KOPDAR ? Ah…itu tidak perlu saya tanyakan kepada yang lainnya, cukup hanya pada diri saya untuk menunjukkan eksistensi saya sebagai bagian dari TPC. Saya dapat banyak keuntungan daripada Kopdar JMP itu, disamping saya dapat menyehatkan badan saya juga dapat “menyehatkan mata saya“.

Judul atau title diatas mungkin dapat saya tanyakan kepada TPC, apakah KOPDAR itu suatu KEBUTUHAN atau KEWAJIBAN?

29 Responses to “Kopdar = Kebutuhan atau Kewajiban ?”

  1. aRai :

    PERTAMAX!!! *lirik @Luxsman* (lmao)

  2. luxsman :

    ya neK menuruT aq Yo KEBUTUHAN…….

    menCoba berinteraksI dengAn oranG laiN, selAin oranG-oranG yang TellAh menGEnaL aq LEbih daHULU dan MEncoBA berinteraKsi dengAn mAsyaraKAt…..

  3. novi :

    KEBUTUHAN!

    wes..

    aku sudah kan, bareng si tidy, luqman, Dyon, dll… Penulisnya malah gak datang (doh)

  4. DETEKSI :

    Ada yang tanya: TPC ini ORGANISASI apa KOMUNITAS sih kok pake acara2 begituan? kwakakakaka… heran juga masih ada yang mempermasalahkan hal remeh begitu tanpa melihat dirinya sendiri sudah berkontribusi seperti apa. Yang ada malah nggembosi TPC.

    buat saya pribadi kopdar tak lebih dari silaturrahmi dengan teman2 yang kebetulan satu hobi dan berada dalam satu komunitas yang berteman dengan komunitas yang lain. antara kewajiban dan kebutuhan, buat saya kopdar itu wajib dan butuh

  5. ajengkol :

    KOPDAR kalau saja adalah kebutuhan selain menyambung tali silaturahmi juga buat saling bertukar ilmu dan pengalaman
    Pernah menyandang Ratu Kopdar . . So kapan kopdar sama penulis ? Insya Allah

  6. loenpia :

    walah ternyata judulnya hanya pancingan 😛

  7. olip :

    kebutuhan … …. …. … ….

    semangad.

  8. aRai :

    kopdar mah kebutuhan dah pastinya mah bukan suatu hal kewajiban .. hal yg wajar juga dalam sebuah komunitas walaupun beranggotakan banyak tapi kalo kopdar selalu orang itu² aja, dikarenakan mungkin mereka juga ada keperluan lain ato ada yg lebih penting ketimbang dengan kopdaran

    tanpa di dunia real kan kita juga bisa berinteraksi di dunia maya … karena ini komunitas adalah komunitas dunia maya kan?

    cara bergaul banyak cara … dan cara menggauli juga banyak cara lho…tidak percaya? tanyakan saja sama ahlinya *lirik deteksi.info*

  9. senoaji :

    kebutuhan ketika dikaitkan dengan manusia dan bersosialisasi disini menjalin persaudaraan. Berjejaring tanpa harus terikat dan tentu saja membawa persebaran positifa.

    maju terus persaudaraan blogger diseluruh Indonesia!

  10. mantan kyai :

    kopdar itu ibadah. asal diniati untuk menjalin silaturahmi dan bukan menambah permusuhan atau pertikaian. udah, itu saja buat saya seh 😀

    dan lagi blog bukan segala-galanya saudaraku. kalau blog hanya menjadi ajang memperbanyak musuh dan memutuskan silaturahmi, mending saya berhenti ngeblog. tapi kalau ada yang tidak suka atau memusuhi saya karena blog, itu urusan mereka. dan saya tidak berhak mencampuri prasangka mereka. kewajiban saya menghormati siapa saja.

    kalau dipaksa memilih kebutuhan atau kewajiban. bagaimana kalao saya milih kebutuhan wajib … hehehe.

  11. suryaden :

    kopdar adalah salah satu hal baik diantara banyak kebaikan dalam perblogingan, menjadikan nuansa blog yang lebih bersahabat, menjadi ajang katarsis tambahan, menjadikan rasa senasib dan keterdekatan, dan entah apalagi, jika suatu kewajiban mungkin juga, namun jika kebutuhan mungkin lebih afdol, karena waktu dan kesempatan berkopdar masing-masing individu yang mungkin juga tidak sama…
    salut deh…

  12. dMid :

    wah..
    blum prnah kopdar neh.
    kapan2 ikut JMP ah..

  13. mudz069 :

    Kebutuhan apa kewajiban ?
    Bagi saya hal itu mirip dengan seteguk air saat makan. Ndak harus selalu ada dimeja makan, tapi menghindarinya akan membuat kita sadar saat segumpal nasi menyumbat tenggorokan.

    Hidup TPC !
    Biar jauh dimata tapi dekat dihati.

  14. JambronX :

    yo kewajiban bos….

    sebagai anggota yang budiman kita wajib melakukan kopdar minimal semingu sekali

  15. Alief :

    Kopdar tu kebutuhan wajib.Manusia selalu perlu manusha lain,yg mana interaksi ini sudah pasti tidak bisa didpt lok hanya lewat dunia maya yg tak jelas dimana rimbanya

  16. noviantopr :

    Kopdar bukan hanya sebuah kebutuhan dan kewajiban tapi sudah merupakan ruh kehidupan, itu kalo bagi saya, jadi kalo sudah tidak ada lagi saat kita berkopdar, itu sama dengan hidup sudah mati, bagaikan mayat hidup yang tidak berarti lagi, Bukankah dengan kopdar itu kita akan mengabadikan sebuah semangat persaudaraan yang dilandasi kebersamaan untuk saling berbagi dalam suka maupun duka 🙂

  17. Dillah :

    king of the kong udah sampe surabaya yo… amiennnn… 😀

  18. radith :

    kebutuhan…maap ga sempet kopdar lagi,soalnya mesti jaga malem terus klo tiap sabtu

  19. ukm.samsul :

    kopdar sebaiknya melengkapi koblog (komunikasi via blog). dan sebaiknya pula ada hal positif yang bisa dilakukan, khususnya untuk kemajuan TPC. jadi tidak cuma sekedar buang waktu percuma..

  20. ukm.samsul :

    kopdar perlu. akan lebih baik bila bisa disinergikan dengan kopblog (komunikasi via blog). maksudku, yen iso kopdar iku ora sekedar waste time, buang2 wektu. contoh sing jelas, opo agendane TPC ngadepi ultah suroboyo? ayo bikin kopdar, bahas hal itu. ngono lho rek…

  21. bagus_al_haqq :

    “Saya dapat banyak keuntungan daripada Kopdar JMP itu, disamping saya dapat menyehatkan badan saya (karena tawwaf ala TPC) juga dapat “menyehatkan mata saya (karena sering2 melihat gadis2 senam di pagi hari)

    oke2..
    aku akui aku harus off bentar buat kopdar atau JMP
    maklum aku smk klas 3 rek! mari ngene aku unas, kapan2 ae lek aku mari unas aku tak teko maneh

    total ada 3 kata LUAS
    “kurang telu setengah lusin rek..!!”

  22. anda :

    dari 707 member, cewenya sampai 10 ga hehehehehe, tunggu kedatangan saya biar genap 708 hehehe. Salam dari kalsel

  23. dinda_cute :

    menurut dinda kopdar kebutuhan wajib buat para blogger. bnyak manpaat na selain bersilaturahmi juga bisa berbagi ilmu.

    dinda belum pernah ngerasain kopdar sebenere tapi bisa diliat dari cerita temen temen kek kopdar tuhhh penting banget

  24. nggresik :

    @Cak Nopy……….

    ojo sadis-sadis po’o caaaak……ayooo ngopi-ngopi-ngopiiii
    yo penting pancen…sopo ngerti bek ne nhang dhalan butuh ngombe masiyo cuman banyu puteh

  25. Xpresi Blogger :

    Aduh.. KApan bisa Kopdar ya Blogger Riau??

  26. Suwahadi :

    Jujur, aku belum pernah sekalipun ikutan kopdar.
    Lain kali ikutan ah… 🙂

  27. Rusa Bawean™ :

    bareng TPC cuma sekali
    tapi kapan2 pasti kopdar lagi
    abis mau ikutan JMP
    gak bisa bangun pagi

  28. TuguPahlawan.Com » Blog Archive » Inikah Kopdar TPC ? :

    […] suatu perjuangan dengan teman-teman TPC. Bagi kami yang selalu “haus” akan suatu bentuk KOPDAR tidak akan pernah menuntut suatu pertanyaan, “Kamu nanti mau gak datang […]

  29. TuguPahlawan.Com » Blog Archive » Kopdar Lain :

    […] -bagi penulis- masih dalam keadaan sangat menyakitkan dalam intern TPC sendiri terutama dalam KOMITMEN. Penulis sangat MALU […]

Leave a Reply