Kuliner Pagi di AMPEL

Roti MaryamGulai Kacang Hijau

Melihat Posting “Sepotong Sejarah Ampel Delta” di Wisata & Kuliner, terasa kurang lengkap apabila tidak membahas tentang kuliner di daerah Ampel. Tadi pagi waktu saya unjung-unjung ke saudara saya didaerah ampel, ketemu dengan makanan khas daerah Ampel (makanan arab) seperti gulai kacang hijau dan Roti Maryam. Gulai ini adanya hanya di pagi hari, tempatnya ada di PASAR AMPEL, sebelum gapura pintu masuk Masjid Ampel.

Gulai ini sama seperti gulai biasanya yang udah dimakan, tapi ditambah dengan kacang hijau, jadinya rasanya lebih kentel kuahnya. Dan kalau makan Gulai Kacang Hijau enak kalau ditambah dengan Roti Maryam (sejenis roti arab atau roti cane). Jadinya kalau makan Gulai Kacang Hijau ditambah dengan Roti Maryam yang “disobek” kecil-kecil dan dicampur dengan kuah kacang hijau. Harganya ya ngak terlalu mahal Gulai Kacang Hijau Cuma 3000 IDR plus Roti Maryam IDR 500 per lembar.

Untuk minumannya ada Kopi Arab yang rasanya juga beda dengan kopi yang dijual di warung kopi dan took-toko terdekat. Dan tidak lupa ketinggalan ada susu putih yang tidak biasa, yaitu “SUSU KAMBING”. Untuk susu kambing ini banyak yang cari baik yang tua maupun anak sekolahan, sehingga awas kehabisan. Kata yang jualan susu kambing ini diperes langsung dan keluarnya juga tidak banyak jadi seperti limited edition. Harga untuk kopi arab 1000 rupiah dan susu kambing 2000 rupiah. Tempatnya juga satu kawasan di PASAR AMPEL, dibelakang pedagang yang jual Gulai Kacang Hijau.

Jadi murah untuk makan pagi di kawasan AMPEL sambil menikmati suasana ARABIAN di pagi hari.

31 Responses to “Kuliner Pagi di AMPEL”

  1. kucluk :

    wew,,
    aku dah pernah nyoba!.. tapi keknya bukan yang ini deh!! mangkoknya beda

  2. mudz069 :

    Artikel cukup membantu saya, yg kebetulan ingin mencoba makanan ala Arab.
    Dulu sempat muter2 didaerah Ampel tapi kebingungan nyari tempatnya.

  3. luxsman_lucky :

    SorrY Om…….

    GamBarNya memAng BuKAn ITu tadI paGi aQ luPa ngAk bAwA Kamera……..

    GambarNya search di InterneT nemUnya itu….

    he…he…he…he…..

  4. gajah_pesing :

    kalo di malaysia namanya Roti Canai..

  5. det :

    wah bikin laper!

  6. shei :

    kok ndak ada yang ngajakin saia?? 🙁

  7. aRuL :

    wah blum pernah coba nih ;D

  8. sagung :

    Pasti kucluk coba yang bukanya cuman dini hari. Jam 11 malem sampe jam 3 pagi.
    Maknyus, ….. Istimewa

  9. ma2nnis :

    waduh pengen nyoba nieh…..

  10. aditcenter :

    “Susu Kambing”……………

    Gak ada yang lebih ekstrim lagi ya?
    Susu kuda liar atau
    Susu Orang Amazon gitu???

  11. udin :

    Pingin nyoba neeee
    🙂

  12. mie2nk :

    wah jadi kepengen neh….

  13. ar_eros :

    lapeeerr…

  14. Rizal :

    yummi… kalau aku dulu biasanya di Gule Maryam jl. KH.Mas Mansyur (sama ga ya?)

    Jadi inget waktu di eepis-ITS dulu, di lab-ku ada aturan harus makan makanan ini. Yang paling lama menghabiskan (ga semua doyan makanan gini) harus korah2 sampai makan bareng berikutnya. Kalau ga mau makan, ga usah ngelab lagi. TA Batal…

    Tapi kalau buat saya sih, enak kok… ngangeni malah…

    Perlu dicoba juga “Nasi Kebuli”, di daerah situ banyak yang enak…

  15. avy :

    Aku kepengen Kebabnya …ada gak.
    bosen kebab baba rafi

  16. luxsman_lucky :

    KalaU nAsi KeBuli sAmA kEbaB coBa aJa puter-puter Ampel mAlam Hari…

    aDa juGa mEnu KaMbinG GuLing AdA di Sana, Tapi Aku LupaaMpeL seBelAh mAnA……..

  17. nanakiqu :

    um2…makanannya di ampel memang enak2 mas…..serasa makan di negei seribu satu malem wekekekeekekke suasananya beda bgt

  18. rZd :

    mau mau mau,,,ayo tpc kopdar di ampel,,,

  19. bpb2008 :

    mau dong…

  20. sagung :

    Mak Nyusssss…..
    Coba lagi ah…

  21. santy :

    wew.. gulai kacang hijau.. 😀 kayak apa ya.. jadi pengen nyoba 😛 swt

  22. Shei :

    Poso rek..Poso!!!

  23. IPhone :

    haha

  24. IPhone :

    test

  25. Fenty :

    Kapan ya saia diajak kesana ?? ngarep diajak aja, suka nyasar kalo pergi sendiri, hehehehehe

  26. Adi :

    Susu kambing wah sdh terkenal, tp kok murah…, kan ss kmbg istimewa banget

  27. sameer :

    lho ko’ ga ngomong2 lek nang ampel, cobao lak ktm aq 🙂

  28. danny :

    di ampel ada sambosa gk yah??? wah klo ada hrs dicobain tuh…klo mnurut saya sih maknyuuzz…:D:D

  29. Ghani Arasyid :

    Nyam!!!
    Belum pernah nyoba menu kuliner di ampel 😛

  30. amani :

    lebih lengkap lagi yang didaerah sasak, khm masyur, masih kawasan ampel juga, di sepanjang jalan itu, tempatnya wisata kuliner, kalau pagi hari habis subuh di sepanjang jalan ada yg jual gule mariyam, soto madura, agak siangan sekitar jam 7 pagi banyak toko2 yg jual makanan khas arab, sambosa, pastel, pukis, kamer, wajek, toko2 bakery, restoran timur tengah, kambing guling, kambing open, nasi madura, nasi campur, rawon, rujak cingur, dsbnya.
    kalau malam hari lebih ramai lagi, ada sate kambing, nasi kebuli, nasi goreng, kebab, pizza , semua harganya terjangkau di bandingin makanan yang ada di mall.
    coba deh, kalau nggak tau jalannya, banyak2 tanya aja.

  31. adra :

    wah…enak nih jadi pengen coba..!!!

Leave a Reply