Makanan khas Surabaya

Saya sering bingung ketika main ke daerah-daerah teman2 saya. Mulai kejogja, Malang bahkan Semarang. hal yang sering saya dengar adalah. mana oleh2 (makanan) dari surabaya?? sempat bingung juga makanan apa ya yang khas surabaya. Perasaan mulai dari kecil sampai sekarang besar kayak gini. belum begitu paham dengan makanan khas surabaya. Denger-denger sih semanggi. Trus denger-denger juga lontong balap. ya mungkin kebanyakan denger-denger akhirnya kagak mudeng (Tidak mengerti). Kalau dari kediri katanya tahu kediri. kalau dari madiun ada Brem madiun. trus surabaya yang pasti apa ya..selidik punya selidik ternyata rujak cingur makanan khas kota surabaya. saya tambah bingung jadinya. Lho kok bisa???? yai iyalah..kalau rujak cingur dibawa ke semarang, Malang atau jogja. Gimana bawa nya ya..ada rjak cingur Instan gak>>???hehheheRujak Cingur

43 Responses to “Makanan khas Surabaya”

  1. nanakiqu :

    he..he..jadi inget…di terminal bungurasih ada yg jualan lontong balap wenak tenan….kapan hari pernah makan dan harganya lumayan murah Rp.3000,-

  2. hidayat :

    Saya kok gak tau ya tempatnya. salam kenal buat ujiek..bacanya uciek ya??
    hobynya kan cari tempat makan yang enak…kapan2 di traktir ya aku..
    salam kenal

  3. don45 :

    MAs kalo ada rujak cingur instant kalah mie instan !! He……heeee….

  4. avy :

    Wah cak, kalo di surabaya urusan oleh-oleh.
    Tinggal cari di Pasar Genteng atau Kenjeran.
    Biasanya tuh Lorjuk, pasti yang dikasih oleh-oleh seneng banget.

  5. surabayamuda.com :

    hmm, rujak cingurnya menggugah selera. Kapan2 wajib kami liput ini. Oh ya kawan2 yg ingin melihat beberapa makanan Suroboyoan, silakan mampir ke blog kami.

    matur suwun

  6. ndop :

    aku kok gak mudeng? gimana cara bw rujak cingur ke semarang? khan, gmpang. bw aja bhan2nya. trus nyampek smarang,tggal dicampur2. gtu aja kok repot.. hehe..
    kyknya lontong balap is surabaya banget! gak enek nang ndi2.

  7. farid :

    lontong balap plus sate kerang yummyy…

  8. aziz :

    lontong balap dari surabaya yah? kirain dari negara laen………

    kwkwkwkwkwkwkwkwk

  9. amanda :

    yg makanan-makanan gini kegemaran saya ๐Ÿ˜€

  10. putri :

    aq bc ndek femina edisi minggu iki, ad liputan warung makanan sby ndek jak,,
    makanan asli sby sing yg dijual dsana: semanggi, kupang lontong, rujak cingur, gado2 siram, tahu tek, sm lontong kikil,,
    wiwiwiwi, kok tiba’e akeh yo,,

  11. aRuL :

    wah saya juga sempat bingung makanan asli surabaya apa yakz… soalnya beberapa daerah juga mempunyainya.
    kalo rujak cingur sebenarnya ngak terlalu suka, tapi pernah sy coba enak juga sih ๐Ÿ˜€

    *Jumari maaf tulisannya di pindahkan di cangkrukan soalnya susunan perlu diperbaiki, pesan dari salah satu redaktur*

  12. torasham :

    makanan khas surabaya..?
    kyknya kok gak bisa dibawa yah..?
    soalnya emang harus dimakan ditempat, seperti lontong balap (coba cari di depan eks biskop garuda, kranggan, deket BG Junctions), Rujak cingur (bnyk yg enak, tp cobak deh di daerah m duryat, deket plasa jayanatha, rujak cingur cendana)dan Semanggi, gak tau yg enak dimana, tp biasanya saya cari di Sinar Bintoro.

    Nah model makanan khas surabaya, tidak ada yg instan. Tp mungkin bisa bawa makanan khas madura seperti lorjuk.

    omong2 kalau mau njamu temennya, aku dijak po’o..

  13. tu2t :

    kalo khas surabaya ya semanggi toh?? kan hanya ada di surabaya ๐Ÿ˜›

  14. orangufan :

    kalo lontong Kupang??? iku uwenak tenaaaan gurih

  15. leipzic :

    yuppy, semanggi enak banget loh… tapi rujak cingur memang enak banget. salah satu yang terkenal tuh yang di jalan ahmad jais.

    tapi mungkin juga kenapa kok rasanya oleh2 khas surabaya nggak terlalu terkenal? sebab surabaya udah jadi salah 1 tempat peleburan budaya, di surabaya semuanya ada n udah mengakar.

    tapi jadi ingat, tau nggak, di surabaya itu surganya bebek, banyak banget bebek enak. di kota lain belum tentu lho… ๐Ÿ™‚

  16. Rizal :

    Makanan Khas suroboyo ya pokoke sing nggawe petis. Tahu Tek, Rujak Cingur, Tahu Campur, Lontong Balap (kalo kata ibuku lontong balap itu asale dari kutisari)dan kalau lontong kupang itu sidoarjo deh… seep.. ueenaaak….
    Kebanyakan sih makanan sejenis itu. Kalau jajanan aku ga tahu, tapi bener avy, cari aja di pasar genteng atau daerah deket bandara juanda.

  17. putri :

    hehehe, ndek dkt rmhq d sidoarjo ad tahu tek wuenak,,

  18. hamid :

    ada kok makanan or oleh2 yg email, kalo ada yg minat nanti saya email…. hehhe

    btw, bukannya tahu campur dari lamongan (CMIIW)

  19. bes :

    Tonglap? Gitu aja kok repot. Di Jl. Kepanjen, jalanan depan markase SMPN 2 Surabaya, disitu juga sangat-sangat huwenak… apalagi dikunyah dengan sate kerangnya. Hm… nyam… nyam… clegukan aku Rek. Gak percoyo, buktekno dewe… otrey…?

  20. aLf :

    Rujak cingur.. lontong balap.. semanggi.. kangen ambek sedep’e aku… hahaha

  21. eko magelang :

    surabaya itu deket laut, pastinya oleh-2 khas berbau laut : coba cari petis dan segala macam krupuk, fleksibel dan asik lho

  22. fikri92 :

    kok dadi luwe

  23. fifi :

    bicara makanan khas suroboyo yo rujak cingur.emang kita patut bangga jd warga kota surabaya.soalnya kota kita ini di banding kota lainnya masih aman pool rek!nek jakarta itu makanannya emang macam2.tapi ngadepi demo,kekerasan,and macetnya itu yg bikin sterss!!!hidup arek suroboyo!

  24. sibermedik :

    aku tau mutung gara2 eruh asale SEMANGGI & KUPANG. ndelalah godong semanggi asale teko sawah2 sing akeh celetong2 ngono..opo maneh kupang?teko dasar kali dijupuk..eh nduwure ono wong buang hajat..

    tapi gak popo..enak kok..gurih2..mak nyus.

  25. ilham :

    ada tempat makan baru di sby..

    enak dan murah. namanya MOnsterjelly cafe di daerah semolowaru..

    nasi goreng sama kentang gorengnya maknyus!

  26. abdul shomad :

    aku dadi ingeet jamane nang mbanyurib dan girilaya tahun 82 tiap malem mangan lontong balab. tapi sekarang sudah tidak bisa lagi karena dadi orang bandung. dan kalau pingin kudu nyari dulu dan jauh

  27. ika_jakarta :

    ealaaaaaaaaaaaaah……….!!!

    Aq KuAngEn KarO PangaNan KhAs KoNo…

    UeNak TeNaaaaAAAAAAAAAAAAAAAAN…!!!

    GYhaaaaaAHaHaHAHHAHAHAHAHAH…!!!

    lAm kEnal Yoooooo!!!

  28. trisija :

    Di Jabodetabek jarang ditemui lontong kikil khas surabaya. bagi yang belum tau, sudah ada di daerah bekasi depan STMIK Bani Saleh, Perum Galaxi,dan Gas Alam Cimanggis!

  29. mudz069 :

    Setahuku makanan khas Surabaya itu ya semanggi ,rujak cingur n lontong balap.
    Cuma susahnya semua tergolong makanan basah so ga bisa buat oleh2 apalagi kalau dibawa roaming kecuali ada yg suka usil dgn mengemas dalam kaleng. . . . ya mirip cornet dsb.
    Mau yg lebih praktis lagi ya harus sabar nunggu sekian tahun lagi.. . .itu bila ada ilmuwan yg mengawinkan protokol internet dg makanan. . . . . .olala, mau apa, rujak cingur, lontong balap ? Tak masalah. Semuanya akan dikirim via email.

  30. rendy :

    bakul es juice “Purnama Ria” iku wis dhodholan nang sebelah’e bioskop Purnama (cedhak Pasar Keputran) kaet taun 1968 –> jarene sing ndhuwe

    sing jelas, pancene aku wis ngerti panggonan iki kaet aku sik cilik menthik

    Nek ngene iki wis iso mlebu kategori makanan khas surabaya gak ?? heheheh…

  31. Susanti :

    Buat yg suka makan bandeng, mesti nyobain ke Resto Corona di daerah pasar bunga Kayoon. Bandeng cabut durinya enak bener, dan yg paling asik ya itu gak ada durinya, dagingnya lembut bener. Belum lagi dibakar pake bumbu yg enak.

  32. Caca :

    Wah klo nyari oleh2 khas sby,pean dtng aja ke pntai kenjeran.petis,terasi,krupuk kupang,krupuk udang,lorjuk..murah tur enak..ojok lali ngenyang..nek bebek goreng senenganku sih bebek purnama yg dkt aloha,pintu masuk menuju bndara juanda lama..murah boo..

  33. dennis :

    ada makanan baru di surabaya, namanya MIE PANGSIT TUNA, kan jarang di surabaya lagian uenak and murah, ikan tuna kan juga banyak manfaatnya, mungkin kalau mau coba di jalan tambak segaran wetan 54, surabaya

  34. marry :

    ich suka sekali ama rujak conggor,tapi akunya nggak tahu gยดmana mau ngebawain ke europa?aku demen sekali makan jalan

  35. ucik :

    makanan khas surabaya enak2..aq paling suka lontong balap palagi lontong balap yang didaerah jembatan kedungturi wage..yummy..mana murah lq..seporsi cuman 3rb..bis gni ksana ah….

  36. ucik :

    makanan khas surabaya enak2..aq paling suka lontong balap palagi lontong balap yang didaerah jembatan kedungturi wage..yummy..mana murah lq..seporsi cuman 3rb..bis gni ksana ahโ€ฆ.

  37. alfa :

    kasi tau dong tempat makanan enak di sby. soale klo plg kampung aku seneng wisata kuliner.

  38. sitqlqksmi :

    di surabaya ada rujak cingur yang bisa dibawa ke LN tapi yo ngono regane larang bgt seporsi kurleb 35ribu sampe 40ribu.

  39. kirana :

    mantap coyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy

  40. hifni :

    mangztabs ni kyknya…tpi kalo mnurut si IKIN si yg khas sby tu Lontong Racing…:p

  41. Macaroni Schotel--Madame Schotel :

    Yg khas dari Surabaya?? hmm..semanggiiii kaleeee…langka tuh makanan..susah nyarinya di tempat saya..dimana yaa ada semanggi yang uenakk?? slama ini cuma beli di depan rumah doank..ada gak sih yg mangkal tetep gt?

  42. Rey Alice :

    aduhh, jadi tambah ngiler anakkuuuu, kapan ya pulang ke surabaya, jadi pengen petis asin atau biasa disebut petis merah, uuuenak tenan rek rujak petis merah bikinan suroboyo, kl makanan khas ya rujak cingur(faourite banget :D) kl yg makanan lain soalnya banyak yg mendompleng soalnya, okelah buat temen2 yg belom pernah nyobain makanan surabaya, sekali makan gak mau pulang kampung dijamin uuuuenakkk

  43. Dedy :

    Hhhhmmmmm……panganan suroboyo pancen sedep rek….aku nyambut gawe nang aceh nek kangen suroboyo aku yo moleh hehehehehe 4,5 jam soko iskandar muda nang juanda tapi gak opo2 seng penting aku iso mangan nang kampungku wonokromo, mulai lontong balap, wader, utowo rujak cingur warung kasanah sedeeeepppppp wesss nggarai ngiler rek

Leave a Reply