Mallaby Tewas Gara Gara Anak Buah Sendiri

Jaman dulu kita bertanya tanya, siapa pahlawan yang berhasil menembak jenderal Mallaby ?  Ternyata jenderal satu ini sedang sial, meninggalnya karena kecerobohan anak buahnya sendiri. 

Sial karena jadi korban mati konyol, dan seandainya waktu itu tidak ada insiden dengan kasus jenderal mallaby ini mungkin tidak perlu terjadi korban dari sisi rakyat secara besar besaran, secara sudah ada perjanjian gencatan senjata dan penarikan pasukan Inggris [NICA] dari Surabaya. Tapi, kalau arek soroboyo waktu itu tidak bertempur dan banyak yang mati, maka Surabaya bukan kota pahlawan.  Huehehehe ….

Menurut kamu bagaimana, wahai arek suroboyo ?

Dikutip dari wikipedia berbahasa Indonesia.

Pada siang hari, 30 Oktober 1945, dicapai persetujuan yang ditanda-tangani oleh Presiden RI Soekarno dan Panglima Divisi 23 Mayjen Hawthorn. Isi perjanjian tersebut adalah diadakan perhentian tembak menembak dan pasukan Inggris akan ditarik mundur dari Surabaya secepatnya. Mayjen Hawthorn dan ke 3 pimpinan RI meninggalkan Surabaya dan kembali ke Jakarta.

Pada sore hari, 30 Oktober 1945, Brigjen Mallaby berkeliling ke berbagai pos pasukan Inggris di Surabaya untuk memberitahukan soal persetujuan tersebut. Saat mendekati pos pasukan Inggris di gedung Internatio, dekat Jembatan merah, mobil Brigjen Mallaby dikepung oleh milisi yang sebelumnya telah mengepung gedung Internatio.

Karena mengira komandannya akan diserang oleh milisi, pasukan Inggris kompi D yang dipimpin Mayor Venu K. Gopal melepaskan tembakan ke atas untuk membubarkan para milisi. Para milisi mengira mereka diserang / ditembaki tentara Inggris dari dalam gedung Internatio dan balas menembak. Seorang perwira Inggris, Kapten R.C. Smith melemparkan granat ke arah milisi Indonesia, tetapi meleset dan malah jatuh tepat di mobil Brigjen Mallaby.

Granat meledak dan mobil terbakar. Akibatnya Brigjen Mallaby dan sopirnya tewas. Laporan awal yang diberikan pasukan Inggris di Surabaya ke markas besar pasukan Inggris di Jakarta menyebutkan Brigjen Mallaby tewas ditembak oleh milisi Indonesia.

Letjen Sir Philip Christison marah besar mendengar kabar kematian Brigjen Mallaby dan mengerahkan 24000 pasukan tambahan untuk menguasai Surabaya.

foto dari http://en.wikipedia.org/wiki/Image:Peta_soerabaja_1897.jpg

baca juga :

19 Responses to “Mallaby Tewas Gara Gara Anak Buah Sendiri”

  1. Raden Mas Angki :

    Sehebat apapun Inggris dengan senjata “Wah”nya. Masih kalah dengan bonek

  2. fikri92 :

    walaupun inggris kuat tapi tetap aja inggris kalah, itu namanya senjata makan jendral

  3. herdianto :

    loh tapi kenapa buku sejarah blm juga di revisi ya..

  4. buayaganteng :

    Bonek mau dilawan??
    sama aja bunuh diri tuh…

  5. det :

    ah saya ndak langsung percaya..

    sejarah itu kan ditulis sesuai dengan kepentingan penulisnya.. gak ada yang benar-benar objektif!

  6. papabonbon :

    Jelas jelas, faktanya adalah :

    1. Mallaby itu cuma perwira administratif. Makanya dia dapat tugas mendistribusikan pengumuman hasil perundingan antara inggris-indonesia, kalau besoknya tentara inggris akan ditarik mundur

    Karena arek suroboyo songong, utusan yang bertugas mengumumkan gencatan senjata pun maunya akan digebukin rame rame. Sok pahlawan 🙂

    2. Jelas jelas tentara inggris yang menang perang setelah pertempuran itu. Lha mereka menambah bala bantuan.

    Banyaknya korban yang jatuh, berujung nica dipertanyakan di luar negeri. Hingga akhirnya mereka di recall.

    Jelasnya posisi mereka konyol kayak :

    – Amerika udah menang di perang dunia II, tapi jepang tetap dilempari bom atom

    – kayak wong amerika di iraq sekarang ini. Menang perang, tapi posisi diplomasinya di dunia internasional melorot jauh, wong sak ndayak benci semua sama amrik

  7. tintin :

    kasian .. 😛

    tapi alhamdulillah dia sudah tewas .. hahahahahhaa *ala pahlawan bertopeng*

  8. papabonbon :

    tapi gara gara bonek nggak bertanggung jawab itu, orang surabaya dan sekitarnya yang jumlahnya sak ndayak itu pada mati semua.

    jalur diplomasi di klecein sama para bonek sih … gimana coba … 🙁

    jangan jangan gaya semacam ini, melepas apa yang sudah ditangan, untuk mengejar sesuatu yang belum pasti, memang mendarah daging di kita.

    kayak kejadian di atas itu lho.

  9. ghaniarasyid :

    hmmm…
    agak bkin pusing.
    coba ada mesin waktu 😆

  10. fahmi! :

    tanggal 10 november 2007 lalu, bersama teman2 dari komunitas wisata surabaya aku sempat masuk ke museum tugu pahlawan, liat film dokumenter soal sejarah mallaby juga.

    banyak fakta unik yg biasanya luput dari perhatian. misalnya: arek2 suroboyo sebenernya kalah di pertempuran itu. tanggal pertempuran sebenarnya 30 oktober, bukan 10 november. dan sebagainya.

    beberapa yg tercatat oleh salim bisa dibaca disini:
    http://salimsuharis.blogspot.com/2007/11/salah-paham-saya-tentang-peristiwa-10.html

  11. sagung :

    Hati-hati ditipu

  12. Rizal :

    entahlah… Mbahku selalu bungkam kalau ditanya masalah perang ’45. Mungkin membangkitkan memori yang tidak menyenangkan…

    Tugas kita ini untuk mengungkap sejarah….

  13. pandu :

    Kalau begitu, sebenarnya Surabaya kota apa dong?

  14. udin :

    HIDUP SUROBOYO
    NEK AREK-AREK SUROBOYO AKE KORBANE IKU WAJAR, SOALE ORA DUWE SENJATA, TAPI SING KUDU DI ACUNGI JEMPOL IKU SEMANGAT PERLAWANAN NANG PENJAJAH. MASIH ORA DUWE SENJATA TAPI BERANI. AKU YAKIN NEK AREK2 SUROBOYO WAKTU IKU DUWE SENAJTA SING SEPADAN KARO INGGRIS, AKU YAKIN INGGRIS DI BANTAI ENTEK-ENTEKAN…….PLUS ANTEK2 E’.
    JADI, PENCEN PAS NEK SUROBOYO IKU DI JULUKI KOTA PAHLAWAN…

  15. imiL :

    lho lik sing mateni Mallaby wong Inggres dewe lak sangar-e dado kurang afdhol?

  16. alunk :

    yo bener…bonek kok di lawan:))hahhaha…

    kejahatan takkan selamanya menang….pasti ujung-na KO/keok…:))hahhaha

    bangkai di tutupi, baunya pasti juga tercium…..;))hehehe…walaupun arek Suroboyo jd kambing hitam pasukan inggris waktu itu karena di tuduh membunuh si dodols mallaby, tetep aja ketahuan biank kerok-na..:))hahhahhaha…

    banggalah jd bagian dr arek suroboyo=))wkakakkakkaa…

    dr pd jd bagian mallaby mati ketiban sial=))wkakkakakkaa

  17. AREK SUROBOYO :

    SENG PENTENG IKU , LAWANE AREK SUROBOYO GHAK KACANGAN . . . . . . . . .
    TAON 1945 LAWANE ENGGRES ( JAMAN IKU DHADI NEGHORO ADI DAYA )
    TAON 1292 LAWANE MONGOL ( JAMAN IKU YO SENG PALENG DHIWEDHENI )

  18. dimas :

    ya bner tuh arek” soerobojo patut diacungi jempol buat keberaniannya dan semangatnya kala itu.
    dan yang patut dibanggakan lagi semangat arek” soerobojo saat itu didasari kalimat Allahu Akbar dari Bung Tomo…

  19. den Bei al thariqi :

    yang jelas Mallaby tewas dalam pertempuran, banyak fihak yg senang dengan masalah ini, banyak berita atau tepanya miring : misalnya ada yg mengatakan Mallaby ditempak saat berunding dengan Bung Karno, ada yg mengatakan Mallaby ditembak dari belakang oleh tentaranya sendiri, ada juga yg mengatakan ditembak oleh milisi Indonesia,,,, yg nulis miring itu jelas punya misi, agar dunia luar tidak tahu kemampuan atau kehebatan semangat arek surabaya, atau mungkin arek surabaya beraninya menembak dari belakang… tidak saat perang..

Leave a Reply