Mengenal Kota Surabaya

SEJARAH SINGKAT

Kota Surabaya adalah ibukota Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Dengan jumlah penduduk metropolisnya yang mencapai 3 juta jiwa, Kota Surabaya merupakan pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan di kawasan Indonesia timur. Kota Surabaya terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan karena sejarahnya yang sangat diperhitungkan dalam perjuangan merebut kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah.

Kata  Surabaya konon (entah benar atau tidak, karena turun temurun dari nenek moyang) berasal dari cerita mitos pertempuran antara sura (ikan hiu) dan baya (buaya). Meskipun Jawa adalah suku mayoritas (83,68%), tetapi  Surabaya juga menjadi tempat tinggal berbagai suku bangsa di Indonesia, termasuk suku Madura (7,5%), Tionghoa (7,25%), Arab (2,04%), dan sisanya merupakan suku bangsa lain atau warga asing.

GEOGRAFIS SURABAYA

Surabaya terletak di tepi pantai utara provinsi Jawa Timur, tepatnya 07° 9”- 07° 21” Lintang Selatan dan 112° 36” – 112° 54” Bujur Timur. Wilayahnya berbatasan dengan Selat Madura di Utara dan Timur, Kabupaten Sidoarjo di Selatan, serta Kabupaten Gresik di Barat. Surabaya berada pada dataran rendah, ketinggian antara 3 – 6 m di atas permukaan laut kecuali di bagian Selatan terdapat 2 bukit landai yaitu di daerah Kecamatan Karangpilang dan Gunungsari ketinggiannya antara 25 – 50 m diatas permukaan laut dan di bagian barat sedikit bergelombang. Surabaya terdapat muara Kali Mas, yakni satu dari dua pecahan Sungai Brantas. Luas wilayah Kota Surabaya mencapai 52.087 Ha dengan 63,45 persen atau 33,048 Ha yang terbagi menjadi 31 Kecamatan dan 163 Desa/Kelurahan. Dari luas total wilayah sekitar 36.55 persen atau 19.039 Ha merupakan wilayah laut yang dikelola oleh Pemerintah Kota Surabaya.

Surabaya merupakan salah satu pintu gerbang perdagangan utama di wilayah Indonesia Timur. Dengan segala potensi, fasilitas, dan keunggulan geografisnya Surabaya memiliki potensi ekonomi yang sangat besar. Sektor primer, sekunder, dan tersier di kota ini sangat mendukung untuk semakin memperkokoh sebutan Surabaya sebagai kota perdagangan dan ekonomi .

Bersama-sama sektor swasta saat ini, Kota Surabaya telah mempersiapkan sebagai kota dagang international. Pembangunan gedung dan fasilitas perekonomian modern merupakan kesiapan Kota Surabaya sebagai bagian dari kegiatan ekonomi dunia secara transparan dan kompetitif sehingga membuka segala macam investasi positif.

Bagi anda yang membutuhkan referensi Daftar Rumah Sakit di Kota Surabaya, dapat di download disini. Begitu juga bagi yang membutuhkan referensi Daftar Kantor Polisi yang ada di Kota Surabaya dapat di download disini. Daftar tersebut merupakan hasil observasi penulis (keliling Kota Surabaya) selama jam kerja dalam waktu 3 bulan.

Terima kasih dan silahkan berkunjung di Kota Surabaya !!!

16 Responses to “Mengenal Kota Surabaya”

  1. mif :

    salam kenal,,

  2. mif :

    salam kenal surabaya, aq cah gresik

  3. PRof :

    belum pernah ke Surabaya…pengen…..

  4. AMYunus :

    ditambahin lagi dung info2 tentang surabaya.
    saya termasuk orang durhaka nih. ga tahu apa2 tentang surabaya.
    yang jelas ada TP (Tunjungan Plaza) haha.

  5. rusabawean :

    saya di Surabaya sudah 5 tahun
    semoga surabaya makin nyaman

  6. yoga :

    jaya terus surabya

  7. iccuz :

    Surabaya Jos ! 😀

  8. Frenavit Putra :

    Surabaya.. meski saya bukan orang yang lahir di Surabaya.. saya bangga menjadi bagaian dari kota Surabaya…

  9. ajengkol :

    Love Surabaya and You

  10. iLLa :

    suatu saat, Surabaya akan menjadi kenangan tersendiri buat saya. nanti, ketika sy sudah kembali ke kampyung halaman 😀
    saat ini masih bergelut dengan kehidupan di Surabaya. unik lah kota ini.. 😀

  11. andinoeg :

    SUROBOYO UYE…

  12. Jidat :

    Surabaya. . .pengen kesana aku

  13. fithraw :

    Semoga pembangunan di kota Surabaya ini meningkat dari berbagai sektor…
    Amin…

    Maju terus Suroboyo…
    Sukses terus buwat TPC… 😀

  14. giriayoga :

    aku cah ponorogo….maju terus surabaya….surabaya tempatku sekarang menimba ilmu

  15. renata :

    surabaya is my lovely city and also my responsibility..
    🙂

  16. Anton_Bonek27 :

    Ojo arek suroboyo lek gak dadi Bonek

Leave a Reply