Menjaga Kesehatan di Musim Penghujan

Indonesia telah memasuki musim penghujan sejak beberapa bulan lalu. Nah, ketika memasuki bulan Januari seperti ini, biasanya hujan bisa terjadi setiap saat, hampir setiap hari. Demikian juga di Surabaya. Biasanya mulai sore sampai malam, hujan turun dengan sangat lebat. Udara menjadi sangat dingin.

Nah, ketika musim penghujan seperti ini, karena terjadi perubahan cuaca setiap saat, maka biasanya data tahan tubuh menjadi menurun dan mengakibatkan tubuh mudah terserang penyakit.

Batuk pilek, diare, alergi dingin, masuk angin dan demam berdarah adalah contoh penyakit yang biasanya mendadak menjadi trending ketika musim hujan tiba. Pasien rumah sakit maupun puskesmas mendadak berlipat-lipat jumlahnya dibanding sebelumnya.

cuaca surabaya

Nah untuk mengantisipasi supaya tubuh tidak mudah terserang penyakit, maka sebaiknya kita melakukan langkah-langkah pencegahan. Karena sumber penyakit bisa berasar dari dalam tubuh kita dan juga lingkungan, maka pencegahan juga harus dilakukan dari dalam dan dari luar.

Beberapa langkah pencegahan atau antisipasi yang dapat kita lakukan misalnya:

  • Konsumsi makanan bergizi seimbang. Untuk menghadapi cuaca dingin di musim penghujan, tubuh memerlukan energi lebih besar untuk menghangatkan suhu tubuh. Energi tersebut tentu saja berasar dari makanan yang mengandung gizi seimbang. Kombinasikan bahan makanan mulai dari karbohidrat, protein hewani, protein nabati dan buah-buahan dalam porsi yang seimbang. Sempatkan sarapan, makan siang dan makan malam tepat waktu, apalagi jika sehari-hari melakukan pekerjaan yang membutuhkan energi besar. Tidak hanya kerja kasar, tapi mikir keras juga membutuhkan energi yang besar.
  • Jaga kebersihan lingkungan. Buanglah sampah pada tempat yang semestinya. Jangan buang sampah sembarangan. Tengkurapkan benda-benda yang bisa menampung air dan berada di luar ruangan supaya tidak menjadi sarang nyamuk. Segera buang barang-barang yang sudah tidak diperlukan lagi supaya tidak menjadi sarang tikus dan ular. Jangan lupa menguras bak mandi secara rutin seminggu sekali. Jika perlu, tambahkan bubuk abate untuk mencegah supaya nyamuk tidak berkembangbiak di bak mandi.
  • Perhatikan Binatang Peliharaan. Jika di rumah memelihara burung, kucing, anjing atau binatang lain, usahakan mereka selalu dalam keadaan yang bersih. Apalagi seperti kucing dan anjing yang suka jalan-jalan di luar rumah, usahakan selalu membersihkan mereka setiap kembali ke rumah. Binatang yang kotor bisa menjadi perantara penyakit.
  • Sedia Alat Kesehatan di Rumah. Jangan lupa untuk menyediakan alat kesehatan dasar, seperti termometer, tensimeter, dan timbangan badan di rumah. Sewaktu-waktu dibutuhkan maka tinggal memakainya. Jika belum punya, bisa beli di toko online atau marketplace seperti tokopedia yang jual alat kesehatan omron. Bahkan di sana juga ada nebulizer. Ini sangat penting bagi penderita asma yang mudah kambuh ketika cuaca dingin seperti ketika musim penghujan seperti ini.
  • Sedia Obat-Obatan Dasar di Rumah. Selain sedia alat kesehatan, jangan lupa pula untuk selalu siap sedia dengan obat-obatan dasar, atau suplemen kesehatan dan juga aneka vitamin, yang sekiranya akan dibutuhkan sewaktu-waktu. Minyak kayu putih, minyak angin, obat diare, obat batuk pilek, atau mungkin multivitamin seperti jelly gamat. Semuanya bisa dibeli juga secara online tanpa harus keluar rumah. Apalagi jelly gamat tersedia di Tokopedia. Lebih mudah lagi belanjanya.

Leave a Reply