Meraih Pemimpi seperti “Sang Pemimpi”

Bertempat si salah satu resto Tunjungan Plasa I Surabaya, tadi siang tim liputan tugupahlawan.com luxsman dan gajah_pesing berkesempatan mengikuti press conference film “Sang Pemimpi” yang diproduseri oleh Mira Lesmana. Tampak juga hadir dalam acara tersebut beberapa pemain film ini antara lain Rendy Ahmad (Arai), Azwir Fitrianto (Jimbron), Maudy Ayunda (Zakiah Nurmala) dan Landung Simatupang (Pak Mustar). Tidak lupa turut hadir menyemarakkan acara ini penulis tetralogi Laskar Pelangi, Andrea Hirata.

Acara ini banyak diisi sharing cerita dibalik layar pembuatan film “Sang Pemimpi” antara lain sketsa pengambilan gambar underwawter di pantai yang mendatangkan alat khusus dari negeri seberang Australia dan mendatangkan kuda yang memang jarang sekali terlihat di Belitong dan memerlukan excited tersendiri. Untuk masalah biaya produksi ini, menurut Mira Lesmana menghabiskan 12 Milliar untuk film “Sang Pemimpi” dan telah balik modal sampai saat ini.

Dalam hal pemilihan peran, peran utama dalam cerita “Sang Pemimpi” harusnya putra daerah aseli Belitung untuk mempermudah penghafalan dialek aseli Belitong. Selain itu pemilihan peran harus sesuai dengan skenario dan karakter cerita. Untuk pemilihan musik film ini, terdapat salah satu karya Andrea Hirata yang menjadi OST “Sang Pemimpi” yaitu lagu Cinta Gila yang dinyanyikan oleh group band Ungu.

“Sang Pemimpi”, yang menceritakan kisah para perajut mimpi dari tanah Belitong. Tampak pada awalnya, selayaknya kenakalan remaja biasa, tapi kemudian tanpa Anda sadari, kisah dan karakter-karakter dalam film ini lambat laun menguasai Anda. Karena potret-potret kecil yang menawan akan menghentakkan Anda pada rasa humor yang halus namun memiliki efek filosofis yang meresonansi. Karena arti perjuangan hidup dalam kemiskinan yang membelit dan cita-cita yang gagah berani dalam kisah dua orang tokoh utama film ini yaitu Arai dan Ikal akan menuntun Anda dengan semacam keanggunan dan daya tarik agar Anda dapat melihat ke dalam diri sendiri dengan penuh pengharapan, agar Anda menolak semua keputusasaan dan ketakberdayaan Anda sendiri.

Jalinan kisah yang dibangun secara apik oleh sang sutradara serasa membius kita untuk mengenal tanah Belitong, kehidupan anak melayu pulau yang memaknai kesengsaraan dalam kehidupan dengan keteguhan bekerja dan merajut impian. Tak lupa bumbu-bumbu asmara yang cukup menghibur dan terkadang menggelikan serta dibalut aura keteguhan dalam sosok Arai yang pantang menyerah. Sementara kegelian lain dihadirkan pula dalam sosok Jimbron yang lemah, lugu, unik namun setia kawan.

Tokoh sentral dalam cerita ini, si Ikal, menyajikan karakter yang manusiawi, yang berusaha untuk survive dan bangkit di tengah keterpurukannya, yang belajar dari segala sesuatu di sekelilingnya, dan yang tak segan memberikan pencerahan kepada sahabat-sahabatnya. Sungguh banyak pelajaran positif yang bisa kita ambil dari film ini. Apabila penulis masih berusia belasan tahun dan sedang di bangku sekolah, niscaya film ini akan memberikan kekuatan ekstra yang membangkitkan potensi terdalam guna meraih kesuksesan.

Tidak lupa juga penulis juga berkesempatan foto bareng bersama Andrea Hirata dan pemeran Pak Mustar, Landung Simatupang.

tulisan terkait juga dapat Anda baca di http://luxsman.web.id/

20 Responses to “Meraih Pemimpi seperti “Sang Pemimpi””

  1. budiono :

    wah keren! tadi dirimu duduk sebelah mana man kok ndak ketemu diriku dan mbah sangkil?

  2. gajah_pesing :

    underwawter < artine opo iki mas?

  3. Anang :

    aku ning pojokan

  4. kucluk :

    wes.. mboys poll iki…

    *pileme apik..

  5. Frenavit Putra :

    Muantep pol2an… Man ono poto e zakia Nurmala ndak?? hehehe

  6. mbah sangkil :

    ketiduran mau nang jero, nguantuk pol sampai akhirnya dibangunin deteksi.

  7. Aziz hadi :

    wih wih, keren abis.. 😀

  8. Aqmal :

    Pingin liat rek..

  9. tio :

    @mas luxsman : tolong dong upload lagi foto2 yang lain waktu nonton bareng artis2 sang pemimpi.. apa lagi foto yang waktu mereka ada di dalam studio bioskop, pas foto bareng sama penonton dalam studio juga, tolong lah kalo bisa uploadin semua lah foto2nya… kan bagus2.
    ditunggu ya.

  10. ajengkol :

    Wah tops tenan hehehe aku kok nggak di ajak nonton yah ? 🙂

  11. elvigto :

    Wah qa ketinggal nih acara padahal pengin banget (duh)

  12. ericova :

    muantab ngunu reek 😀

  13. arqu3fiq :

    Keren.
    (Two thumb up)

  14. adi munandar :

    sang pemimpi, sangat menginspirasi orang agar angan-angan, usaha dan berdo’a adalah bentuk semangat optimisme agar semua terlaksana dengan baik serta optimal.

  15. cak surabaya :

    hebat jalan cerita film ini menggambarkan bagaimana semangat perjuangan anak muda yan g gagah berani supaya tetap surviv dan mengejar semua impiannya

  16. cak surabaya :

    dapat jadi contoh dengan semangat membara, bagaimana anak muda dapat bertahan hidup di negeri perantauan dan mengejar semua impiannya

  17. Inge :

    Diharapkan anak remaja Indonesia dapat mengambil hikmah dari Jalan cerita perjaungan emuda dalam menuntut ilmu tanpa di dampingi orang tua setiap harinya

  18. Ndoro Seten :

    Lumayan entuk kaos gratis yo Man?

  19. ash_wox :

    Sip…

  20. Kika :

    Wooooww manteb juragan Lukman..

Leave a Reply