Objek Wisata di Surabaya Yang Wajib Dikunjungi Wisatawan

Sebagai sebuah kota metropolitan, Surabaya telah berkembang sedemikian maju untuk memenuhi kebutuhan hidup seluruh warganya. Hiruk pikuk aktivitas bisnis di Surabaya sedemikian padat dan makin lama kota ini menjadi semakin macet. Tak heran jika kemudian di Surabaya bermunculan banyak sekali mall atau pusat perbelanjaan, kafe, sentra kuliner, bioskop dan sarana hiburan yang lain.

Buat kamu para wisatawan yang ingin berkunjung ke Surabaya, supaya tidak bingung menghabiskan waktu yang terbatas itu untuk ke mana saja untuk dapat menikmati Surabaya, berikut saya rangkumkan beberapa objek wisata di Surabaya yang wajib dikunjungi wisatawan.

Tugu Pahlawan

Surabaya dikenal sebagai Kota Pahlawan. Dan sebagai penanda, dibangunlah sebuah monumen yang dinamakan TUGU PAHLAWAN. Di kompleks Tugu Pahlawan yang luas itu, selain dapat menikmati kegagahan Tugu Pahlawan, para wisatawan juga terdapat sebuah museum 10 November yang menyajikan berbagai hal terkait dengan pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang sangat terkenal itu.

Tugu Pahlawan terletak di Jalan Pahlawan, berseberangan dengan Kantor Gubernur Jawa Timur, persis di depan Gedung Bank Indonesia. Untuk berkunjung ke sini sebaiknya pagi saja karena berada di luar ruangan dan cuaca Surabaya cukup panas, khususnya di musim kemarau.

Jika Anda berkunjung ke Tugu Pahlawan di malam hari, bisa mampir ke Bebek Tugu Pahlawan yang ada di Jalan Tembakan, persis di seberang Tugu Pahlawan. Ini adalah bebek khas Madura dengan citarasa yang sedap dan gurih.

House of Sampoerna

House of Sampoerna merupakan sebuah museum yang menceritakan sejarah berdirinya pabrik rokok Sampoerna. Museum ini terbuka untuk umum dan wisatawan dapat masuk ke dalam museum secara gratis. Jika beruntung, kamu dapat menyaksikan secara langsung proses pembuatan rokok Dji Sam Soe secara manual dengan tenaga linting rokok yang semuanya perempuan. Mereka mampu melinting 500 batang rokok per-jam. Sangat cepat!

Museum House of Sampoerna ini terletak di Jalan Taman Sampoerna. Akses masuknya dari Jalan Rajawali, sebelum Jembatan Merah Plaza belok ke kiri melintasi bekas Penjara Kalisosok.

Habis dari House of Sampoerna, kembali lagi ke Jalan Rajawali, langsung saja mepet ke kiri. Di sana ada sebuah warung lontong balap yang sangat terkenal kelezatannya, yaitu Lontong Balap Rajawali.

Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam alias Monkasel berada di pinggir Kalimas, seberang Stasiun Gubeng Lama, sebelum Surabaya Plaza. Lokasinya sangat stretagis sehingga mudah ditemukan. Monkasel hanya buka siang hari. Di Monkasel para wisatawan dapat menyaksikan sebuah kapal selam betulan yang sudah tidak dioperasikan. Pengunjung juga dapat masuk ke dalam kapal selam. Masuk ke Monkasel ini ada tiketnya tapi tidak mahal, terjangkau oleh semua kalangan.

Habis dari Monumen Kapal selam, Anda bisa mampir ke Eskrim Zangrandi yang berada di Jalan Yos Sudarso, tidak jauh dari Monkasel. Ini adalah eskrim yang legendaris dan tempatnya menjadi salah satu cagar budaya di Surabaya. Lokasinya persis di seberang gedung DPRD Surabaya.

Jembatan Suroboyo

Ini adalah jembatan yang membentang di atas pantai Kenjeran Lama. Jembatan yang belum lama ini diresmikan oleh Tririsma Harini Walikota Surabaya ini memiliki sebuah air mancur menari yang sangat terkenal. Air mancur menari tadi hanya dinyalakan ketika malam minggu saja. Maka datanglah pada hari Sabtu malam Minggu, ketika jembatan Suroboyo ini ditutup untuk kendaraan dan hanya dibuka untuk pejalan kaki. Selain melihat pemandangan air mancur menari, juga dapat menikmati semilir angin pantai yang sepoi-sepoi.

Di dekat Jembatan Suroboyo ini terdapat Sentra Ikan Bulak. Di pagi hari Anda dapat berbelanja aneka ikan segar hasil tangkapan nelayan, maupun produk olahan ikan hasil produksi UKM binaan Pemkot Surabaya.

Taman Bungkul

Ini adalah sebuah taman terbuka di tengah Kota Surabaya. Lokasinya ada di jalan Raya Darmo. Taman Bungkul sudah sangat terkenal akan keindahannya dan berhasil menjadi tempat interaksi warga kota Surabaya dari berbagai kalangan. Anda dapat berkunjung siang maupun malam. Kalau ingin berkunjung siang hari, datanglah pada hari Minggu pagi pukul 05.30 hingga pukul 10.00 ketika di Raya Darmo sedang ada kegiatan Car-Free Day alias ditutup untuk kendaraan bermotor. Di sana Anda dapat menyaksikan ribuan warga Surabaya jalan-jalan kaki, berolahraga dan melakukan berbagai atraksi kesenian.

Di belakang Taman Bungkul, persis di seberang Hotel Grand Darmo Suite, terdapat sebuah warung yang sangat terkenal. Namanya Warung Sedap Malam atau lebih dikenal dengan sebutan Rawon Kalkulator.

Sebenarnya masih banyak lagi objek wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Semoga bisa bersambung lagi di tulisan berikutnya. Selamat berwisata ke Surabaya. Jika butuh guide atau orang yang bisa menemani, silakan hubungi saya 🙂

One Response to “Objek Wisata di Surabaya Yang Wajib Dikunjungi Wisatawan”

  1. 5 Hotel Dekat Ciputra World Mall Surabaya yang Paling Nyaman untuk Menginap Bersama Keluarga | TUGUPAHLAWAN.COM :

    […] membutuhkan waktu lama. Alangkah sayang, jika harus melewatkan tempat menarik di sana. Meskipun objek wisata di Surabaya sarat dengan kehidupan masa silam, itu tidak menghilangkan pesonanya. Banyak tempat yang bisa […]

Leave a Reply