Paru paru bocor karena Bapak Perokok

Bismillahirrohmanirrohim,

bhy rkk

Sebelumnya saya minta ma’af kepada semua orang yang merasa gak enak ataupun marah akan tulisan saya ini.

Judul tulisan diatas telah dijadikan berita pada Jawapos Edisi Rabu tgl 20 februari 2008. gara gara bapaknya seorang perokok berat, ibunya terpaksa menjadi perokok pasif. Yang menurut penelitian juga lebih bahaya daripada perokok Aktif. Mungkin bagi kaum perokok pasti ada komentar “Makanya jadilah perokok aktif sekalian…” yah… mungkin ini memang sebuah guyonan atau lelucon tapi guyonan untuk mengajak orang berbuat kejelekan atau hal yang gak bener. istilahnya kalo di rumah sakit jiwa semua orang disitu banyak yang gila masak sih dokternya juga mau jadi gila? kan gak mungkin….

mungkin juga mereka ingin mengikuti gaya hidup cowboy atau status sosial agar dipandang lebih dewasa bila merokok??

maraiboros

sama halnya dengan bahaya merokok dinegara kita ini banyak perokok yang tidak merasa berdosa bahwa mereka telah menyebarkan penyakit atau menyebarkan kerusakan di sekitarnya. berapa banyak kejadian kebakaran gara gara orang buang puntung rokok sembaranga. berapa banyak penyakit yang ditimbulkan oleh rokok. berapa banyak anak putus sekolah karena bapaknya gak bisa ngilangin kebiasaan merokok. Hal ini juga telah diajarkan oleh Islam dalam Alqur’an QS.28.AlQashas ayat 77 77. Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. Kita juga tidak bisa memungkiri bahwa dari pabrik rokok juga banyak tenaga kerja yang telah di hidupi. Tapi kita harusnya berpikir apakah lebih banyak manfaatnya merokok daripada kerusakan yang ditimbulkannya.

Bahkan salah satu negara(Arab Saudi) telah mengkampayakean anti rokok dengan slogan “Jangan bakar dirimu, jangan bakar apa yang ada disekitarmu dengan rokok”

antirkk

antirkk2

Paling tidak kita harus mendukung atau menciptakan aturan dimana tempat publik atau tempat umum harus disediakan ruangan khusus perokok. biar kita yang gak merokok tidak menanggung kerugian atau bahaya dari merokok itu. sudah saatnya budaya hidup sehat di ciptakan dan menjadi gayahidup kita.

jangan sampai generasi muda kita seperti ini… apalagi anak anak perokok…

byrkkk

sekali lagi sepurone sing akeh….. terutama buat para perokok.

26 Responses to “Paru paru bocor karena Bapak Perokok”

  1. Laks :

    memang bahaya rokok itu tapi kalo dah kecanduan ya susah

  2. tu2t :

    ya bagaimana lagi??

    bagaimanapun juga itu butuh kesadaran dari perokok itu sendiri..

  3. det :

    oalah cak, tulisane iki apik, tapi gambare dibenerne po’o kok sampe kebesaran! dicek lagi ta cak nek mari posting iku!

  4. ulan :

    perokok jahanam !!!!!

    *beli rokok*

  5. ndop :

    untunge aku gak ngerokok,

    tapi gak untunge mas-masku ngerokok…

    hhh….

  6. aRuL :

    moga2 saya ngak ikut ngerok yah 🙂

  7. agung :

    betul cak. merokok gak bisa dibilang sepele.

    bahkan banyak anak sekolah yang musuhan cma gara2 rokok.

    karena gak mau diajak join ae, terus koncone dimusuhi. Pokok e

    dari segi sosial ,ekonomi, budaya kenek kabeh dampake rokok

    cak!

  8. cempluk :

    nge rokok ya..hm…

  9. Supermoto :

    saya dah berhenti, kapan tuh pengen nyoba rokok orange buatan temen di Bali..uhuk uhuk…
    gak enak…

  10. gempur :

    kepada para perokok pasif akibat ulah saya.. saya mohon maaf yang sebesar-besarnya… *mode serius benar-benar ON*

  11. khuclukz :

    perokok pasif lebih bahaya daripada perokok aktif….

    gabung jadi perokok aktif ah!!….
    *lho—

  12. tukang foto keliling :

    whahaha… gambar babynya fake 😀

  13. Suwahadi :

    Gwa gak merokok tuch. Cuma “buat asap”, hehehehe 😀

  14. Anas :

    Memang rokok berbahaya, bukan hanya bagi pemakai, tapi juga perokok pasif disekitarnya. Dan ketika di perusahaan dan tempat-tempat tertentu ada tulisan no smoking dan disediakan area khusus para perokok malah gak setuju. Alasannya kenapa? ruangan khusus untuk merokok itu kayak dipenjara (gak bebas). padahal, dengan area khusus tersebut, diharap dapat mengurangi banyaknya perokok pasif. Mari kita kurangi kebiasaan kita merokok dan berhenti menghisapnya.

  15. a! :

    mungkin sudah saatnya dibuat peraturan yang membatasi perokok, seperti di eropa.
    miris juga melihat kenyataan bahwa perokok remaja indonesia tertinggi di dunia….

  16. arifaji :

    pernah pak Taufik AB cerita, ada temannya yang tiba-tiba saja jatuh sakit dan terus meninggal (paru2nya parah banget…..), gara-garanya dia berada ditengah2 perokok berat dalam setiap rapat2nya….(alias perokok pasif)

    merokok ya merokok asal tahu tempat…..he..he…
    Jangan Menjadi “PEMBUNUH” orang2 disekitar anda….

    siip artikelnya…

  17. Edi Psw :

    Hii… ngeri kalau lihat bahayanya merokok. Untung aja saya kerja di skul sehingga ada larangan keras merokok di sana.

  18. nFath :

    thanks God, I’m not smoking. Beberapa minggu yang lalu sempet jadi perokok karena satu dua hal yang cukup bikin depresi. Tapi akhirnya saia berhenti karena ternyata, duduk” di atap rumah sambil mandangin bintang lebih menenangkan daripada merokok.

    I’m not a natural born smoker afterall..

    No offense lah, uneg” dowang ^^

  19. ram234 :

    salah kan orang indian yang pertama kali ngajarin dunia untuk merokok!!!!

  20. Nuri :

    Makannya jangan sering merokok,kalo bisa jauhin tuh rokok yang bisa menyebabkan kematian!!! jangan malah dibeli,itu namanya orang bodoh yang ga tau sistem keuangan! daripada uangnya buat beli rokok,lebih baik juga ditabungi buat beli hal2 yang bermanfaat. key? sadar dunkz!!!!!!!!
    Nget Kiamat sudah semakin dekat loh………

  21. Nuri 18th :

    oh iya gue lupa satu hal lagi.
    pokoknya untuk semua kalangan yang sudah kecanduan rokok, harap berhenti yuph?! syukur gue dah bisa berhenti merokok, masa loe ga pada bisa untuk berhenti merokok sich?????????!!!
    ayo guys, loe jangan sampe tergoda oleh godaan setan-setan penyakit yang akan membawa kalian ke tempat peristirahatan terakhir alias MATI!

  22. imank :

    gmn ya caranya berhenti????
    pa perlu dikarantin layaknya pemakai obat2an ato rokok diganti ma dynamite aj biar mbeldozzz tu mulut,gmn ne??

  23. mulyono :

    indonesia adalah surga bagi para perokok……..walau membahayakan warganya. gimana sih pemerintahaqne ora iso nertipke wargane……..

  24. mEi :

    setujuuuu…. aku juga sebel ma perokok…. ngeganggu bgd! apalgi klu di angkot,,, udah tempat kecil,, oksigen tambah berkurang … hufff….

  25. hik :

    sbetulnya lbh bahaya mana y? perokok aktif/pasif? soalnya org2 pd beranggapan klo perokok pasif lebih berat bahayanya tp kok ga logis ya soalnya perokok aktif kan ngisep rokok+asepnya jg tp klo yg pasif kan asepnya aj,,(setau saya 22nya beresiko tp yg mana yg plg besar resikonya y??) info lengkapnya ya,,thx

  26. Berhenti Merokok :

    Info yang menarik.

Leave a Reply