Pentingnya SEO Buat Blogger

Apa sih pentingnya SEO buat blogger?

SEOThe Heroes, kita semua gabung di TPC karena memiliki dua kesamaan yaitu kita suka ngeblog dan kita arek Suroboyo. Nah, kita ngeblog tentunya ingin kalau tulisan kita dibaca, bukan? Mungkin bagi para newbie akan melakukan publikasi di fesbuk, twitter, kaskus atau jejaring sosial yang lain supaya ada yang berkenan untuk membaca blognya. Kadang-kadang juga memanfaatkan jasa penyebaran iklan internet gratisan, dan sebagainya.

Saya tidak menyalahkan hal itu. Namun saya ingin menawarkan alternatif lain yang jauh lebih hebat. Namanya SEO atau Search Engine Optimization. Apa itu SEO? saya tidak tahu definisi yang paling pas untuk istilah itu. Tapi saya menggambarkan SEO sebagai usaha legal maupun ilegal untuk menaikkan rangking web/blog kita secara optimal di search engine. Lalu apa pentingnya SEO buat kita?

Saya punya banyak teman yang juga suka ngeblog dan tulisannya bagus-bagus. Tapi sayang sekali waktu saya lihat statistik pengunjungnya hanya berkisar antara 1-2 orang per hari bahkan hanya dikunjungi sekali-dua kali dalam seminggu. (blog saya dulunya rata-rata<10 pengunjung tiap hari). Sayang banget khan kalau tulisan kita sebenarnya bagus dan berkualitas tapi tidak ada yang baca. Promosi dan publikasi sudah berkali-kali dilakukan tapi tidak menambah jumlah pengunjung (traffic).

Tahu penyebabnya? Ketika kita memublikasikan blog kita ke jejaring sosial, anggap saja 100 orang melihatnya saat itu. Karena cara publikasi kita bagus dan menarik kira-kira 90 orang akan mengunjunginya. Dalam 1 minggu kedepan blog kita akan ramai dikunjungi dengan rata-rata pengunjung 12-13 per hari (90/7=12,86). Setelah 1 minggu apakah jumlah pengunjung akan naik? Saya tidak berani menjamin. Untuk mempertahankan traffic dengan metode publikasi manual dibutuhkan usaha yang berulang-ulang. Saya tidak melarangnya namun SEO bisa mempertahankan traffic yang tinggi meskipun tanpa publikasi rutin. Karena kita memanfaatkan Search Engine yang tidak pernah berhenti bekerja dan memiliki naungan terluas di seluruh dunia.

Tanpa SEO, blog kita hanya akan dikunjungi paling banter 50 orang per hari (untuk yang pro tanpa SEO). Dengan SEO, blog kita akan dikunjungi hingga 1000 orang lebih tiap harinya tanpa henti. Apa keuntungan SEO yang lainnya? Silahkan anda cari sendiri di Google atau Yahoo dan anda akan menemukan tulisan para SEO master di jajaran halaman pertama hasil pencarian.

Saya yakin teman-teman The Heroes yang masih newbie juga sangat ingin bila blog mereka ramai pengunjung. Sekarang anda sudah tahu khan apa pentingnya SEO buat kita para blogger? Berikut ini adalah blog-blog beberapa teman saya yang isinya bagus-bagus tapi sepi pengunjung karena tidak memakai SEO. Kebanyakan blogger pemula akan mendahulukan tampilan blognya daripada apapun. Kualitas konten, SEO, adsense, kode HTML dan sebagainya akan menjadi prioritas kesekian.

10 Responses to “Pentingnya SEO Buat Blogger”

  1. DeWay :

    Tapi bagi seorang newbie memikirkan tekhnik SEO aja wis puyeng. Belum lagi kita gak tau bagaimana SEO dijalankan oleh mbah Google.

  2. ./jendral :

    ini lah namanya artikel SEO, kadang menarik tapi memang tidak ada orang berkunjung untuk harianya, bahkan ada juga sedikit, namun ketika dibaca ada banyak juga yang berkomentar.

    SEO yang ditulis diatas tergolong tingkat promosi lewat jejaring sosial, namun hanya dalam batasan waktu itu saja. dan tidak bisa memberikan backlink tersendiri untuk menjadi permanent backlink.

    Makasih masukanya 🙂

  3. angkringan :

    makasih atas infonya dan makasih juga atas anjurannya untuk mencari tentang seo di embah googele. salam

  4. Wahyu :

    informasi dasar mengenai SEO sudah bisa dipahami,,

    tapi langkah2 teknik SEO perlu juga dijelaskan secara terperinci.

  5. kuzaru :

    @all: maaf karena link-link blog teman-teman saya entah mengapa tidak bisa tampil di artikel ini. dan terima kasih untuk admin telah menerbitkan artikel ini. besok-besok akan saya posting lagi SEO langkah demi langkah,insyaAllah…

    (aku terharu baca komen-komennya)
    :’)

  6. Jaap NS :

    artikel yg bagus, SEO itu adalah basic itu sendiri, tanpa itu semuanya hanya sesaat saja

  7. Pusat kosmetik :

    sangat menarik… tks

  8. Yusrizal :

    Benar juga gan.itu saya pernah alamai.kalau di publikasikan ke social bookmark memang naik trafficnya.setelah itu turun karena tidak lagi promosi.kemungkinan tadi tulisan saya tidak ada seonya.jadi harus setiap hari promosi terus.berarti seo sangat penting bagi traffic.

  9. Afrianti :

    Bagaimana catranya?… Ajarin dooonnnkkk

  10. Tokimachi Blok :

    Selamat malam Gan, ane masih bingung dengan SEO nih, udah banyak artikel SEO yang sya baca dan udah saya praktekan tapi kenyataanya bokl saya setiap hari cuma dikunjungi 100 orang Gan, bisa bantu gak gan masalahnya apa?

Leave a Reply