Peran Strategis Komunitas Blogger Menuju Komunitas ASEAN 2015 [BAG. 3]

FUNGSI DAN PERAN STRATEGIS BLOGGER

Blogger dengan media blog sejatinya adalah senjata yang sangat ampuh bagi siapa saja yang ingin memaanfaatkan, keampuhan blogger dan komunitasnya bisa dilihat dari beberapa pengalaman menakjubkan di beberapa negara. Sebut saja peran blogger Filipina yang mampu menggerakkan massanya melakukan demonstarsi besar-besaran mengkritisi kebijakan pemerintah Filipina. Juga peran besar blogger Malaysia mendukung kembalinya Anwar Ibrahim ke panggung politik. Dalam banyak aspek, gerakan moral yang dilakukan oleh blogger di dunia maya sangat efektif mempersuasi publik.

Melihat beberapa pengalaman blogger di tempat lain dan melihat kembali referensi kasus di atas serta sedikit mempelajari socio-cultural community ASEAN, penulis bisa menyimpulkan fungsi dan peran strategis yang bisa dilakukan oleh blogger yang antara lain:

Pertama, fungsi dan peran sosialisasi, pemerintah selaku pemegang otoritas secara proaktif melakukan sosialisasi kepada rakyatnya salah satunya dengan melibatkan komunitas blogger sebagai mitra wicara. Blogger sendiri turut serta berpartisipasi aktif melalui tulisan-tulisannya di dunia online menyampaikan apa yang telah dicapai oleh pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan rakyatnya melalui Piagam ASEAN (ASEAN CHARTER).

Kedua, fungsi dan peran kontrol, blogger dan komunitasnya dapat memainkan fungsi dan peran kontrol atas kebijakan-kebijakan yang diambil pemerintah terkait dengan kebijakan-kebijakan dan langkah-langkah teknis menuju komunitas ASEAN 2015.

Ketiga, fungsi dan peran mediasi, banyaknya kasus terkait hubungan antarnegara Asia Tenggara yang menimbulkan gesekan-gesekan di masyarakat, blogger secara aktif melalui tulisannya dapat turut serta menjadi mediator mencapai penyelesaian masalah.

Keempat, fungsi dan peran akselarasi, blogger dan komunitasnya dapat secara proaktif mencari dan berkreasi melakukan upaya-upaya terobosan yang bersifat kosntruktif untuk memuluskan jalannya kebijakan pemerintah menuju komunitas ASEAN 2015. Banyak sektor yang bisa digarap dan membutuhkan banyak pihak yang dilibatkan, blogger salah satunya dapat memainkan fungsi dan peran tersebut.

KESIMPULAN

Penulis menyerahkan sepenuhnya pembaca untuk menyimpulkan sendiri 😀

(sangat mohon maaf, jika tulisan ini harus saya perpendek, hanya untuk memudahkan … :D)

7 Responses to “Peran Strategis Komunitas Blogger Menuju Komunitas ASEAN 2015 [BAG. 3]”

  1. rusabawean :

    nahhh
    ini baru aq paham maksudnya
    hehe

    ok deh sep
    aq wes tamat 3 bagian
    🙂

  2. budiono :

    nunggu seri 10

  3. canon powershot digital camera :

    hm… gitu ya….
    makasih infonya…
    salam kenal….

  4. cruwl :

    Wuiik top markotop. Memang sekarang, komunitas blogger sudah tidak dapat dipandang sebelah mata. Kontribusinya sudah sangat besar membawa kemajuan bangsa. Berbagai aspek kehidupan dapat tercakup melalui media ini. Semoga kedepan komunitas blooger akan terus membawa kemajuan, baik individu per individu maupun kemajuan bangsa secara menyeluruh. Sukses selalu.

  5. ilyasafsoh :

    salam blog walking 🙂

  6. xtsu :

    wah ini yang dinantikan blogger newbie seperti saya, semoga nanti komunitas blogger makin jaya

  7. Gempur Media » Peran Blogger untuk Komunitas ASEAN 2015: Urun Rembug dari Orang Awam :

    […] Melanjutkan tulisan sebelumnya yang sama-sama telat terbitnya terkait komunitas blogger ASEAN, kali ini saya menyampaikan di sini apa-apa yang telah saya lontarkan pada acara deklarasi pembentukan komunitas blogger ASEAN, di Jakarta, tanggal 10 Mei 2011. Masih sama dengan yang pernah saya tuliskan di tugupahlawan.com [bag.1], [bag.2], dan [bag.3] […]

Leave a Reply