Persamaan Taipei dan Surabaya

Setelah 3 bulan lebih di Taipei dan jalan-jalan ke beberapa tempat wisata. Saya merasa kok antara Taipei dan Surabaya itu gak begitu beda jauh ya, hehe…. Gak percaya kan? berikut ini beberapa persamaan Taipei dan Surabaya.

Pertama, sama-sama punya landmarks berupa bangunan yang menjulang tinggi. Kalo Surabaya punya landmarks Tugu Pahlawan, sedangkan Taipei punya Taipei 101. Cuman kalo Taipei 101 tertinggi di dunia, sedangkan tugu pahlawan tertinggi dari sekitarnya, hehe… Kalo Taipei 101 dalamnya berupa pertokoan dan perkantoran. Gak tau kalo tugu pahlawan? Gak pernah masuk sih, hehe…

  

Kedua, sama-sama punya kebun binatang. Kalo Surabaya punya Bonbin Surabaya, sedangkan Taipei punya Taipei Zoo. Di dalamnya sama-sama berisi binatang kok, bukan yang lain, hehe… Bedanya mungkin kalo di Taipei zoo ada pinguin, sedangkan Bonbin gak punya 🙂

Ketiga, sama-sama dibelah oleh sungai. Kalo di Surabaya ada Kalimas, maka di Taipei ada Xindian river dan Danshui river. Isinya juga sama-sama air kok. Tapi kalo di Taipei sungainya bersih, di Surabaya tau sendiri lha… Kalo di Xindian river sepanjang bantarannya bisa dibuat bersepeda dan bersantai. Kalo di bantaran Kalimas, hanya bisa untuk ‘santai’ saja, haha….

    

Keempat, sama-sama punya wisata pantai. Kalo Surabaya punya Kenjeran, sedangkan Taipei punya Danshui. Tempatnya juga berbatasan dengan selat kok, sama seperti Kenjeran yang berbatasan dengan Selat Madura. Cuman kalo di Danshui asyik buat mancing, sepedaan, dan makan. Sedangkan di Kenjeran asyik buat ‘esek-esek’, haha….

kontributor: Alief, langsung dari Taipei ketan 😀 

14 Responses to “Persamaan Taipei dan Surabaya”

  1. Titah :

    loh? blom tau dalemnya tugu pahlawan? blogger thok! kalo ga percaya liat aja di versi online-nya https://tugupahlawan.com/ 😀

  2. aRuL :

    *ngakak baca koment bu titah, 😆 *
    cak gimana dengan keadaan udara di sana? panas ngak? surabaya nih makin panas aja….

  3. Det_caT :

    *ngakak guling-guling baca komen bu titah*

    cak, di sana apa ada yg semacam dolly, hayo????????????????????????????

  4. aRuL :

    @ det dan lainnya : *ayo ngakak bareng2….. 😆 *
    pemukiman kumuh ada ngak di sana pak?

  5. cempluk :

    berarti yang kurang perekonomiannya kali yah ?? kalo di taipei perekonomian maju klo disini masih melangkah menuju ekonomi maju

  6. gandhi :

    Wah bu Ttah kocak juga ternyata… asli senyum2 sendiri saya bu baca komen nya.

    kalo hujan banjir gak disana? di surabaya banjir kalo hujan. Kok gak diulas sih kesenian yg ada disana, apa tuh namanya *bingung* kan mirip2 ma loedruk tuch, cuma versi taipei.

  7. pandu :

    *baca komen pertamax*
    *ikutan ngakak*
    😆
    BTW, di Surabaya punya kelebihan yang “gelap” dibandingkan Taipei ketan. Bahkan se-Asia Tenggara. 😛

  8. pandu :

    Biar isinya nggak cuman blogger, sebaiknya TPC juga membahas tentang Tugu Pahlawan (asli), sejarahnya, dan segala isinya sebagai bentuk tanggung jawab kita sebagai “pemilik” Tugu Pahlawan.
    Siapa yang mau mulai? 😉

  9. alief :

    # Titah:
    wakakak…. Ya isinya blogger thok, ada yang ngguling2 lagi… 🙂

    # arul:
    di sini lagi musim dingin, suhunya sekitar 18-22 derajat celcius. Kadang hujan, kadang ada sinar matahari, gak tentu…
    rumah kumuh ada juga, biasanya di pinggiran sungai. Mereka sambil berkebun, punya rumah juga…

    # Det_cat:
    wah kalo ndolly-nya Taipei saya belum pernah ngunjungi… 🙂 Dengar-dengar sih ada juga, tapi gak tau di Taipei sebelah mana…

    # cempluk:
    betul… 🙂

    # gandhi:
    di daerah kampus dan sekitarnya, belum pernah njumpai banjir karena hujan. Mungkin di Taipei laen ada kali… Apalagi kalo hujannya dibarengi dengan Taifun
    Kesenian di Taipei ya??? Ok lah ntar aku tak nonton dulu, trus dibandingkan dengan ludruk 🙂

    # pandu:
    Surabaya sering lampu mati ya??? Kok ‘gelap’ 😀
    Btw, idenya OK punya, perlu ‘sejarahwan’ tuh yang mulai nulis…. 🙂

  10. filyung :

    btw TPC udah sampe ke Taiwn gak ya? Udah ada anggotanya tinggal di sana gak ya?

  11. sUN^ :

    lho surabaya lebih lengkap..

    surabaya punya kya-kya (pechinan nya surabaya)…

    surabaya juga punya arab town.. (AMPEL)

    lebih hebat surabaya lah…

    🙂 🙂 🙂

  12. alief :

    # filyung:
    lha… saya sekarang lagi taipei kok, meski gak menetap 🙂

    # sun:
    hehe…

  13. imiL :

    sama-sama ada cak Alief nya… 😛

  14. asa_safa :

    masi o arek suroboyo rek tapi nek kake an cuk e iku iku yo nggak tepak ketok nek dhudhuk arek suroboyo

Leave a Reply