[REMBUGAN] cari moderator buat postingan blog dan forum cangkrukan

Perhatian! Ngumpul-ngumpul dulu sini………

Jadi gini, temen-temen TPC. Untuk menghindari dominasi perseorangan dalam komunitas ini, dan juga untuk menjunjung tinggi nilai kebersamaan, dan juga untuk menghindarkan saya dari kolaps mendadak, kita perlu cari moderator buat postingan di blog dan forum cangkrukan. Oya, satu lagi: bagian urus-urus masalah keanggotaan!

Masalahnya gini, kita berkomunitas ini kan perlu diatur, tapi juga bukan berarti kita mo bikin struktur hirarkis kayak pemerintah gitu! Yang jelas kesepakatan bersama itu perlu supaya tidak ada yang merasa rugi dan dirugikan. Itulah makanya di sini ada guideline-guideline yang tadi malam saya buat (yang SUDAH mengikuti rute dengan seksama pasti mudeng guidelines yang saya maksud!!, bagi yang belum, segera KLIK DI SINI). Rute itu wajib buat para member. Istilahnya masa-masa orientasi member lah, buat pengenalan dan tetek bengeknya.

Nah, ternyata sampai detik ini pun guidelines tersebut masih belum bisa dipatuhi. Posting profil masih belum kasih info lengkap, foto nggak ada, ato ada foto yang di upload ke hosting TPC (hosting TPC terbatas sekali sementara ini…).

Kalo merasa nggak cocok dengan guidelines tersebut, MONGGO, ayo dirembug lagi. Lagian guidelines itu saya buat semalam dengan terkantuk-kantuk untuk mengantisipasi antusiasme arek-arek di sini. Maksudnya ketika member beraktivitas di TPC keesokan paginya (pagi tadi –red), member nggak asal melangkah (biar langkahnya enak dan nggak nabrak-nabrak). Nah, buatnya aja sambil ngantuk, pasti banyak salahnya.

Nah, selain kemungkinan dirembug bareng, saya juga merasa HARUS melibatkan temen-temen di sini. Ya itu tadi, untuk menghindari dominasi perseorangan dalam komunitas!! Ini rumah bersama kan? Lagipula ini komunitas, prinsipnya sih harusnya komunal gitu… Saya juga bukan manusia super yang bisa duduk 24 nonstop di depan komputer untuk merapikan postingan, tret-tret di forum cangkrukan, dan administrasi member-member baru TPC.

Jadi, MONGGO, kalo ada di antara the Heroes yang bersedia maju angkat tangan untuk posisi-posisi di bawah ini:

Moderator postingan blog
Intinya mengusahakan agar postingan-postingan yang ada di blog TPC ini jadi rapi, bersih, mudah dibaca, terkategorisasi dengan baik, dll. Blog kita ini dilihat sama orang luar, jadi?? Ya tau sendiri lah, masak mau nyambut tamu dengan kondisi ruang tamu acak adut?? Jadi kira-kira gambaran pekerjaannya adalah memantau isi-isi dari postingan member, udah sesuai dengan GBHP (Garis-garis besar Haluan Pemostingan) belum? Kalo belum ya diedit, tapi kalo kebelumannya itu kebablasan (misal: postingan spam, postingan SARA), ya sekalian aja diturunin. Dari segi teknis, harus bisa merapikan gambar, formatting text, smiley, dan alignment (kalo bisa, dipegang sama member yang menguasai TAG-TAG HTML).

Moderator tret forum Cangkrukan
Jadi sebenarnya forum ini maunya dimodel seperti milis (mailing list). Tujuannya untuk diskusi-diskusi entengan kayak rembugan gini (MEMBER ONLY). Tret-tretnya dibuat dari postingan yang dimasukin kategori Cangkrukan. Aturan penulisannya pun nggak perlu seketat postingan blog, yah … anggep aja ini milis lah (walaupun saya buat dalam format blog, tapi cukup mirip kan?? 😆 ) Kembali ke topik! Karena ini sipatnya member only, otomatis tugas para moderator di sini adalah menjaga privasi komunitas tersebut. Kalo ada komen dari orang lain non-member, langsung hapus!! Suruh daptar dulu jadi member! Saya nggak tau caranya mengunci kategori-kategori tertentu dari orang luar kalo pake platform blog WP ini. Lalu tugas moderator ini juga memantau jalannya forum. Kalau forum udah melenceng, ya dilurusin lagi. Intinya, muirip dengan tugas moderator milis!

Admin keanggotaan
Yang terakhir! Tugasnya simpel, setiap kali ada anggota baru masuk, langsung diverifikasi syarat-syaratnya. Kalo udah cukup, masukin link-nya di daftar the Heroes dan masukin blognya ke dalam aggregator. Lalu dicek profilnya, sudah lengkap belum (nama, email, dan URL blog) Sebenarnya di sini juga udah ada saya & si Cempluk sih … (Pluk, aggregatornya lho……), tapi ya itu tadi, menghindari dominasi perseorangan dalam sebuah komunitas! 😀

Oke. Saya tunggu respon dari the Heroes!

43 Responses to “[REMBUGAN] cari moderator buat postingan blog dan forum cangkrukan”

  1. aRuL :

    okeh siap bantu, tapi yang mudah2 yah, coz lagi TA 🙂

  2. STR :

    @ aRul: Maju ke depan, lalu pilih salah satu 😀

  3. nrkhlsmjd :

    jgn aku rul….aku kan TA juga…
    swiwiiii tuh yg nganggur… *tunjuk2 siwi* 😀

  4. cempluk :

    siwi tuh cocok spt nya..ntar aku bantu omongin ke dia..

  5. Neng Chiw :

    oke oke …

    saya bersedia!

  6. aRuL :

    Moderator tret forum Cangkrukan aja deh, tapi aturannya kasih tau ya.

  7. STR :

    @ Neng Chiw: Bersedia untuk yang mana, Wi?

    @ arul: Berdasarkan pengalaman saya (nggaya), peraturan dasar tret di milis itu adalah: NO JUNK, NO SPAM, dan NO HURT FEELING (yang terakhir ini saya dapet dari komunitas blogger sebelah).

    Lalu tiap-tiap tret juga punya tag sesuai tujuannya. Misal tag [ABSEN] buat absen kalo mau ada acara, tag [KOPDAR] kalo mau bahas soal kopdar, dll.

    Ada yang mau nambahin ato kasi kritikan?

  8. aRuL :

    taunya itu anggota dari mana?
    yang ada di heroes atau ?

  9. STR :

    @ arul: YUPZ, kalo nggak ada di daftar the Heroes, langsung aja dibusak komennya dari forum Cangkrukan.

  10. aRuL :

    eh singkatannya tugupahlawan.com itu TPC yah? kalo TP aja gimana?
    kan TP biasa berarti Tugu Pahlawan, bisa juga Tunjungan Plaza (ikon kota sby juga) hihihi….

  11. STR :

    @ aRuL: Kalo gitu sampeyan nyebutnya TP, kalo saya TPC aja (biar nggak bingung2 ketuker sama TP 😛 )

  12. aRuL :

    @ STR : kalo pake TPC sih gpp… kan cuman tanya dan ngasih usul bos :p

  13. STR :

    @ aRuL: wah, rasane aku ancen kudu ndang kopdar bareng nang Sby iki. ben ora salah-salah paham!! komenku sing sakdurunge iku mek guyon tok boz.. kok digae serius ngono?? 😆

    gak kepenak pisan dadi admin tapi gak tau kopdar

  14. aRuL :

    lah aku bercanda pisan jeh… hehehe 😀
    tadi 😛 ngak berfungsi….

  15. STR :

    @ arul: eh Rul, akunmu barusan kunaikin jadi Admin (jadi bisa akses halaman moderasi komen). Met bertugas jadi moderator milis-in-blog ini yah?? selamat, selamat! 😀

  16. STR :

    @ aRuL: perasaan obrolan kita yg tentang TPC-TPC-an tadi OOT…

    ayo, dilanjut rembugane! siapa yaang mau jadi moderator posting ato forum? juga admin anggota?

  17. aRuL :

    @ STR : okeh2 bos.siap melaksanakan tugas.

  18. aRuL :

    @ STR : ada ym ngak? YMku ada di profilku 🙂

  19. aRuL :

    @ STR :: iyah OOT, tapi bingung mo ngomongin di mana? coz bis baca komentmu di blognya chiw, tapi aku lagi puasa ngoment kecuali disini. hehehe, makannya jadi ladang OOT ku 😀

  20. Ning Chiw :

    ehem ehem…
    kembali ke topik semula!
    apa ini arul sama satria ini? hah? tukang OOT semua.

    mau saya japus komennya ya? :mrgreen:

  21. anasmcguire :

    Buat mas moderator atau mas admin. Ketika saya membuka url ini https://tugupahlawan.com/kategori/profil-anggota/ menggunakan browser opera ternyata templatenya acak-acakan ada yang hurufnya kebesaran, ada yang sidebarnya ilang, trus ada yang gak kelihatan hurufnya.. Tidak hanya di url tadi tapi juga di https://tugupahlawan.com/kategori/opini/
    Tapi ketika aku gunakan mozilla firefox… Tampilannya udah normal…

  22. aRuL :

    @mas anas : setau saya memang wordpress optimal dipake di moxilla, tapi coba di refresh biasanya bisa kembali ke normal koq. gimana cak STR?

  23. STR :

    @ Chiw: Eh, Siwi! Kamu jadinya piye? Doyan yang moderator forum ato moderator postingan?? Langsung tak ganti akun nanti.

    @ anasmcguire: Memang! makanya itu, selalu gunakan Firefox! Tinggalkan opera sama IE! :mrgreen: Eh, ini serius lho.

  24. Neng Chiw :

    #satria
    moderator postingan wae ah… soale aku gak iso onlen 24 jam jeh, lek moderatori forum. kuliah reeek…

  25. STR :

    @ Siwi: akunmu udah aku jadikan admin. Silahkan utak-atik postingan ya. Diedit sesuai guidelines yang udah ada. Ato kamu mau edit guideline-nya sekalian juga gak papa.

    Untuk semuanya, moderator postingan emang gak perlu nongkrong di sini 24 jam, tapi kerjaannya lebih teknis dan berat daripada moderator forum ini. Jadi, kalo bisa banyak orang neh. Yang lain mana ini? Mosok Siwi dewean reek?

  26. gempur :

    @ STR: jangan asal buang gitu dong!! kan kasiaan yang bikin ie dan opera, usul aja, tambah pake netscape navigator, dijamin plek dengan mozilla tampilan dan lain2nya 🙂

  27. STR :

    @ gempur: nyang mbikin IE & opera bukan wong suroboyo toh?? jadi saya nggak peduli :mrgreen: ini guyon, tapi juga serius! salahnya sendiri kenapa mereka bikin web browser yang neko-neko (gak standar), saya sendiri juga mangkel lho karena desain web yang saya bikin nggak ke-render dengan bagus. istilahnya “hurt the web” 🙄

    tapi usule njenengan keliatannya mantab, sayang saya yg belum mudeng :mrgreen: , maksudnya yg gimana itu?

  28. anasmcguire :

    Ku mau dong jadi moderator posting blog ama admin keanggotaan. Mumpung aku banyak nganggure… He3x

  29. Anang :

    heh anas, bilang banyak nganggure.. itu tugas2 kuliah dikerjakan dulu….

  30. Ning Chiw :

    #anas
    bilang aja mao bedeketan sama aku terus, iya kaaan?
    *kedip kedip najis*

  31. Anang :

    halah… opo to iki…..

  32. nrkhlsmjd :

    @swiiii
    bener2 najis…ngilani… 😆

  33. aRuL :

    kembali ke jalan yang benar, topiknya tentang moderator bos 🙂

  34. JieWa Nakamura :

    Waduh, saya tut wuri handayani saja lah. Mendukung dari balik layar 😀

    *alesan*

  35. aRuL :

    eh yang ngurus keanggotaan jadinya sapa? kan beberapa udah lengkap tuh datanya tinggal dimasukin ke blogroll.
    ato aku masukin aja?
    *sori bnyak tanya, takutnya mendahului tugas yang laen 🙂 *

  36. STR :

    @ arul: langsung ditancap mamen! thanks udah ngingetin! 😀

  37. aRuL :

    oke cak, tapi aku makan doloh, malam2 aja yah.. 😀

  38. anasmcguire :

    @ STR: gmn mas tawaranq?

  39. sun :

    saia jadi anggota saja.. wes XD~
    saia dukung para oprator TP.C
    Ganbatte !!

  40. fuu :

    hmm… pengen seh, ikutan kerja (okay, I’m a workaholic) tapi yang lagi kosong posisi yang mana yah?

  41. STR :

    @ anasmcguire: udah tak naikin akunmu jadi administrator. selamat bekerja!! 😀

    @ sun: ganbatte = opo?

    @ fuu: hmm … tunggu kesempatan selanjutnya. 😀

  42. anasmcguire :

    @ STR: mas, ganbate itu artinya sama dengan caiyo!!!

  43. harry_zoe :

    jenengku ra onok…tapi wes podo kenal to

Leave a Reply