RTRW.NET : Hitung Kebutuhan!

Tulisan berikut adalah menyambung tulisan sebelumnya. Mohon maaf baru bisa nulis lagi.  Untuk admin, terima kasih udah diapprove. sumber : dari berbagai sumber yang dikasih bang google.

Konfigurasi RTRW.NET
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan konfigurasi network yang diinginkan.  Penentuan konfigurasi ditentukan oleh seberapa banyak dan seberapa jauh lokasi calon client yang berminat untuk ikut dalam rtrw.net.
Konfigurasi Sederhana tanpa wireless :
ADSL |- Switch – Client
          |- Switch – Client

Konfigurasi diatas dapat dipakai jika lokasi calon client tidak terlalu jauh dari pusat/sentral dan tidak memerlukan pembatasan khusus (setting firewall yang njelimet).  Semua client akan terhubung ke sentral dengan menggunakan kabel.

Untuk penggunaan panjang kabel, saya menyarankan tidak lebih dari 100 m, dengan pertimbangan murahnya biaya pemeliharaan.

Kelebihan dari konfigurasi ini, biaya investasinya murah. Dengan biaya kurang dari 1 juta, sentral sudah bisa berdiri.  Kekurangannya adalah admin tidak bisa membatasi akses internet, kecuali menggunakan fitur firewall yang disediakan oleh modem ADSL. Umumnya, fitur ini sangat sederhana.

Konfigurasi Sederhana dengan wireless :
ADSL – Switch – AP (radio murmer + antenna omni) – Client
          |- Client (cable)

Konfigurasi ini bisa dipakai jika lokasi calon client jauh dari sentral, namun calon client yang berdekatan juga dapat di akomodir dengan menggunakan kabel.

Kelebihan dan kekurangannya, hampir sama dengan konfigurasi pertama.  Biaya yang dikeluarkan dapat ditekan hingga kurang dari 2 juta untuk sentral.

Konfigurasi Kumplit  😀 :
ADSL – Proxy – Switch – AP (radio adv. + omni) – Client

Konfigurasi diatas lebih komprehensif lagi, dengan penggunaan proxy server.  Umumnya, proxy server berupa PC yang sudah terinstall aplikasi proxy/router, seperti IPCop untuk linux, wingate untuk windows, dll.  Fitur-fitur pada proxy umumnya lebih komplek, sehingga admin dapat leluasa mengatur akses dan penggunaan bandwith.
Konfigurasi-konfigurasi diatas tergolong sederhana dengan memanfaatkan perangkat yang murah meriah. Harga dari perangkat-perangkat tersebut bervariasi.  Anda bisa mencarinya di internet 😉 .

Penggalangan Dana
Setelah biaya investasi untuk sentral sudah dihitung, sekarang tinggal menentukan bagaimana mengumpulkan dana untuk biaya investasi awal tersebut.

Penggalangan dana dapat dilakukan dengan cara ;
1.  Membagi sama rata total biaya yang dibutuhkan kepada calon pengguna.  Semakin banyak peminat, semakin kecil biaya yang akan ditanggung oleh masing-masing peminat.

2.  Mencari pendonor untuk menutupi biaya awal dan membebankannya ke iuran bulanan.

Yang terpenting adalah, membicarakan dan mendiskusikan hal tersebut kepada semua calon pengguna.

Setelah itu, kita dapat menentukan iuran bulanan yang harus ditanggung oleh anggota.  Perlu diingat, memasukan biaya pemeliharaan sangat diperlukan, untuk mengantisipasi jika ada perangkat yang rusak.

Jika semua sudah terpenuhi, implementasi siap untuk di laksanakan.

Jadi, mana yang sesuai untuk lingkungan Anda??

Tips :
gak ada salahnya jika googling dulu, untuk memantapkan pilihan perangkat dan konfigurasi yang diinginkan.

11 Responses to “RTRW.NET : Hitung Kebutuhan!”

  1. nggresik :

    waduuh…canggih temen rek Cak Kriwul….kulo mboten paham…spurane

  2. Jamrud khatulistiwa :

    Mantap neh tips nya.

  3. danny :

    manstabb bos!

  4. luxsman :

    ayo buka nang kampung ku

  5. det :

    hitung2an biayanya gimana cak kriwul?

  6. ericova :

    manttaafff 🙂

  7. kriwul :

    @det
    Hitung2an biayanya, sampeyan bisa cari harga dari perangkat2 keras yg disebut diatas. Tetapi sebagai gambaran, untuk konfigurasi yang pertama :
    – Modem ADSL gratis dari spidi (atau kl mo beli yg agak bagus, DLINK sekitar 445rb)
    – Switch murmer TPLINK 8 port sekitar 170rb – 200rb
    – Kabel CAT5 sekitar 5rb permeter, beli sesuai kebutuhan.
    – RJ-45 @ 2rb, beli sesuai kebutuhan.

    Toolsnya :
    – Tang krimping sekitar 45rb
    – Cable Tester sekitar 50rb.

    Ditempat saya sudah terpasang 2 switch dengan total rumah tersambung 7 rmh. Iurannya 150rb perbulan. Saya juga pakai wireless dengan antenna omni, tp gak usah dibahas, deh. Yang sederhana dulu aja. Kalau sudah berkembang dan dirasa perlu menggunakan wireless, tinggal googling kok.

    @luxsman
    Ayo, cak!! cari peminat!! ijin rt/rw…

  8. mh_454_nt :

    iyo canggih yo cak kriwul..podo pisan aku yo ora paham..$^&%^%^

  9. gajah_pesing :

    ayo digagas

  10. sugeng :

    biaya bulananne siktar piroan cak ??? jare wong2 seng seneng posting nang blog2 liyane sak iki akses internet gae cdma sutarwan (lebih) murah. Lek rt/rw.net wong 15 kiro2 piro an cak ?? tapi nang omahku wong seng gak gaptek yo gak sampe sak mono.
    Salam kenal cak.

  11. cheemot :

    mas, ini saya mau buat jaringan wi-fi di kompleks. Dari telkom sudah ada modem+router TP-Link TD-W8151N. Maunya bagi jaringan ke tetangga di blok sebelah, tapi signal dari modem+router hanya bisa 20m cuma sampai depan rumah itu pun 3 batang. Apa perlu ganti modem+routernya atau bagaimana cara sederhana biar tetangga blok sebelah bisa ikut menikmati wifi saya…??

Leave a Reply