#saveKBS – Kebun Binatang Surabaya

Keluarga Binatang di Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang mati mendadak, hingga hilang secara misterius dalam beberapa hari terakhir ini. Menimbulkan banyak perbincangan dimana-mana. Berbagai media mulai turut andil dalam menyajikan berbagai informasi perkembangan Kebun Binatang Surabaya (KBS). Mulai dari yang buruk hingga yang baik, semuanya ada.

Menurut informasi pribadi yang saia dapatkan, ada beberapa hal yang sangat serius untuk diperhatikan bersama. Menurut informasi tetangga saia, dimana beliau salah satu dari Tim Pengelola Sementara KBS, hanya dapat pasrah dan tidak dapat berbuat banyak. Sekitar ± 20 satwa mengalami kondisi yang sangat kritis dan kecil peluangnya untuk sembuh. Saat ini, mereka hanya dapat melakukan tindakan-tindakan yang sesuai standar medis, misalnya perawatan maksimal hingga pemberian vitamin kepada bintang tersebut. Mereka juga tahu, bahwa tindakan itu tidak akan mampu menyelamatkan para binatang itu.

Pihak Tim Pengelola Sementara KBS sudah menelpon para dokter yang ada di Taman Safari, Prigen, Pasuruan. 4 dokter hewan, menyatakan angkat tangan untuk membantu kesembuhan para binatang itu. Satu-satunya jalan bagi para Tim Pengelola Sementara KBS, hanya memberikan vaksinasi kepada binatang yang tidak terjangkit penyakit. Tindakan preventif untuk meminimalkan resiko kematian yang lebih besar.

Bantuan dana yang dijanjikan oleh Kementrian Kehutanan, Gubernur Jawa Timur dan Pemkot Surabaya akan dibelikan makanan sehat dan perbaikan kandang. Seperti yang sudah-sudah, mereka masih menunggu janji cairnya bantuan dana itu. Pertanyaan saia pribadi, apakah harus mengorbankan lebih banyak binatang lagi baru cair dananya? Entahlah..

Jika aku menjadi orang kaya, akan aku sumbangkan seluruh kekayaanku untuk membeli makanan sehat, obat serta perbaikan kandang. Jika aku menjadi orang terkenal di dunia online (blogosphere, sosial media), aku akan kerahkan semua followerku untuk menyumbang sebagian penghasilannya, demi kelangsungan hidup binatang di Kebun Binatang Surabaya. Jika aku menjadi pengelola web portal sebuah komunitas, maka aku akan segera membuat “Gerakan Koin #saveKBS” kepada seluruh member komunitas. Tapi…

Sayangnya, aku hanya binatang gajah yang pesing, hanya sanggup bergumam melalui tulisan. Entahlah.. Seperti halnya tetangga saia, lebih diam daripada di”cuthik” karena keluargaku butuh duit buat makan dan sekolah, bukan butuh nama. Dengan lirih, saia hanya bilang #saveKBS!

Selamat Ulang Tahun Komunitas Blogger Surabaya..

4 Responses to “#saveKBS – Kebun Binatang Surabaya”

  1. sibair :

    Selamat ulang tahun komunitas blogger Surabaya #SaveKBS

  2. luxsman :

    p-erlu gerakan vote sms juga

  3. DeWay :

    Save KBS. saya juga setuju kalau ada koin untuk KBS, meskipun sifatnya masih kedaerahan tetapi bisa dimungkinkan menjadi issue nasional.
    Saya juga menyuarakan keprihatinan mengenai KBS di blog saya
    http://ftw1974.blogspot.com/2011/10/kemelut-yang-terjadi-kebun-binatang.html

  4. Jaap NS :

    orang dalam KBS perlu di usut tuh …

Leave a Reply