Seminar Implementasi Piagam Asean

SEMINAR IMPLEMENTASI PIAGAM ASEAN MENUJU KOMUNITAS ASEAN 2015 DAN PERKEMBANGAN KERJASAMA ASEAN DENGAN NEGARA MITRA WICARA UNTUK KOMUNITAS BLOGGER

SURABAYA,  22 MEI 2010

A.      Latar Belakang

  1. Piagam ASEAN yang ditandatangani oleh 10 Kepala Negara/ Pemerintahan ASEAN tanggal 20 November 2007 pada KTT ke–13 ASEAN di Singapura, merupakan dokumen historis yang mengubah ASEAN dari suatu asosiasi yang longgar menjadi organisasi yang berdasarkan hukum (rules-based) dan berorientasi pada kepentingan rakyat (people-centered).
  2. Kerjasama ASEAN telah mengalami perkembangan pesat sejak diberlakukannya Piagam ASEAN pada tahun 2008. Piagam ASEAN yang terdiri dari 13 bab dan 55 pasal, ditujukan bagi pembentukan ASEAN Community 2015 melalui 3 pilar sebagaimana termuat dalam Cha-am Hua Hin Declaration on the Road Map for the ASEAN Community antara lain melalui:
    1. Peningkatan kerjasama politik dan keamanan ASEAN bagi pemeliharaan perdamaian di kawasan, termasuk untuk memasyarakatkan nilai-nilai bersama seperti HAM dan demokratisasi (ASEAN Political-Security Community)
    2. Pembentukan single market dan production base serta upaya memfasilitasi arus perdagangan, investasi, modal, pergerakan pelaku usaha dan tenaga kerja (ASEAN Economic Community)
    3. Inspirasi One Vision, One Identity and One Caring and Sharing Community (ASEAN Socio-Culture Community)
  3. Sebagai tindak lanjut dua keputusan ASEAN tersebut di atas, negara-negara ASEAN saat ini sedang melakukan berbagai langkah tindak lanjut implementasi Piagam ASEAN dan langkah-langkah persiapan pembentukan Komunitas ASEAN di tiga pilar yaitu politik dan keamanan, ekonomi dan sosial-budaya. Kegiatan tersebut diupayakan dilakukan dengan melibatkan seluruh komponen di negara-negara anggota ASEAN.
  4. Indonesia telah meratifikasi Piagam ASEAN melalui Undang-Undang No. 38 Tahun 2008 Tentang Pengesahan Charter of the Association of the Southeast Asian Nations (Piagam Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) pada tanggal 6 November 2008. Sebagai konsekuensi logis, Indonesia juga melakukan proses Implementasi Piagam ASEAN, terutama ditujukan untuk membawa ASEAN lebih dekat kepada seluruh unsur masyarakat di Indonesia.
  5. Selain itu, ASEAN mengalami perkembangan kerjasama yang aktif dan intensif dengan negara Mitra Wicara. Saat ini ASEAN tidak hanya memiliki 10 negara mitra wicara (Australia, New Zealand, Amerika Serikat, Kanada, Uni Eropa, India, Cina, Jepang, Republik Korea, Rusia), namun ASEAN juga memiliki kerangka kerjasama East Asia Summit (EAS) serta ASEAN Plus Three (APT), dan Mitra Wicara Sektoral dengan Pakistan.  Kemitraan ASEAN dan negara Mitra Wicara tercermin melalui program-program kerjasama yang difokuskan pada penguatan Komunitas ASEAN 2015.
  6. Berkaitan dengan perkembangan Implementasi ASEAN Charter terutama pentingnya membawa ASEAN lebih dekat kepada seluruh lapisan masyarakat, serta memperhatikan prioritas kerjasama ASEAN ditinjau dari segi kepentingan Indonesia, dipandang perlu menyelenggarakan seminar sekaligus sosialisasi dengan tema “Implementasi Piagam ASEAN Menuju Komunitas ASEAN 2015 dan Perkembangan Kerjasama ASEAN dengan Negara Mitra Wicara” yang melibatkan Komunitas Pengguna dan Pemilik Blog (Blogger) di Surabaya.

B. Maksud dan Tujuan

  1. Maksud dan tujuan dilaksanakannya seminar adalah:
  1. Untuk memberikan pengetahuan, sosialisasi dan pemahaman mengenai implementasi Piagam ASEAN menuju pembentukan komunitas ASEAN 2015 serta Perkembangan Kerjasama ASEAN dengan negara Mitra Wicara.
  2. Untuk mendapatkan masukan dan pemikiran dari berbagai lapisan masyarakat, khususnya dalam hal ini komunitas blogger, sebagai salah satu komunitas online yang terbiasa menulis di internet, untuk mengkaji mengenai implementasi Piagam ASEAN, dan perkembangan hubungan kemitraan antara ASEAN dan negara-negara mitra wicara.
  3. Untuk curah gagasan / brainstorming mengenai perkembangan implementasi Piagam ASEAN menuju pembentukan Komunitas ASEAN 2015 serta perkembangan kerjasama ASEAN dengan negara-negara Mitra Wicara dalam  community development di daerah-daerah di Indonesia, khususnya yang dapat memajukan kepentingan nasional.

C.      Hasil yang diharapkan

  1. Melalui seminar ini diharapkan dapat dilakukan pembahasan isu-isu konkrit mengenai perkembangan Implementasi Piagam ASEAN serta kerjasama ASEAN dengan negara Mitra Wicara untuk memberikan pemahaman sekaligus untuk mendapatkan masukan dari komunitas blogger yang diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal bagi kepentingan nasional Indonesia.

D. Bentuk Kegiatan

  1. Kegiatan akan dilaksanakan dalam bentuk:
  1. Pleno dengan pemaparan mengenai implementasi Piagam ASEAN menuju pembentukan Komunitas ASEAN 2015 serta Perkembangan Kerjasama ASEAN dengan negara mitra wicara disesuaikan dengan isu-isu yang kiranya perlu menjadi perhatian yaitu sejalan dengan pilar kerja sama ASEAN yakni: Politik-Keamanan, Ekonomi dan Sosial-budaya.
  2. Diskusi yang merupakan ajang curah gagasan perkembangan ASEAN dengan melibatkan komunitas blogger di daerah-daerah di Indonesia.

E. Waktu dan Tempat

  1. Waktu persiapan dan penyelenggaraan kegiatan adalah 1 (satu) hari dan akan dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2010 di Hotel INNA Simpang, Jl. Gubernur Suryo No. 3  Surabaya, Jawa Timur.

F. Pembicara dan Peserta

  1. Pelaksana kegiatan adalah Direktorat Mitra Wicara dan Antar Kawasan, Ditjen Kerjasama ASEAN.
  2. Nara sumber: Pejabat Kemlu RI dan Tokoh Blogger.
  1. Peserta diharapkan datang dari para blogger yang tergabung dalam Komunitas Blogger di Surabaya.

G. Pendanaan

Anggaran yang digunakan berasal dari DIPA Ditjen Kerjasama ASEAN Tahun Anggaran 2010.

TENTATIVE KEGIATAN

SEMINAR IMPLEMENTASI PIAGAM ASEAN MENUJU KOMUNITAS ASEAN 2015

DAN PERKEMBANGAN KERJASAMA ASEAN DENGAN NEGARA MITRA WICARA UNTUK

KOMUNITAS BLOGGER SURABAYA, 22 MEI 2010

09.00-09.45       :    Registrasi

09.45-10.00       :    Pembukaan

10.00-11.30       :    Paparan tentang Implementasi Piagam ASEAN Menuju Komunitas ASEAN 2015 dan Perkembangan Kerjasama ASEAN dengan Negara Mitra Wicara
Pembicara: Duta Besar Hazairin Pohan (Mantan Duta Besar RI untuk Polandia)

Moderator: Isbandi Anang Tatur / Fayyas Ahmadullah (Komunitas Blogger Surabaya)

11.30-12.00       :    Tanya Jawab

12.00-13.30       :    ISHOMA

13.30-14.40       :    Paparan tentang peran blogger dalam mendukung implementasi Piagam ASEAN menuju Komunitas ASEAN 2015

Pembicara I: dr. Raden Ajeng Purwaningsih / Blogger Bekasi (Pengajar Fakultas Kedokteran UI, Jakarta)
Pembicara II: Abdul Gofur / Komunitas Blogger Surabaya (Pengajar SMA 11 Surabaya)

Moderator: Aris Heru Utomo (Kemlu)

14.40-15.00      :    Tanya Jawab

15.00                 :    Penutupan

*update tanggal 20 Mei 2010*

Pendaftaran Online dapat silahkan isi Form dibawah ini:

Loading…

15 Responses to “Seminar Implementasi Piagam Asean”

  1. iLLa :

    sudah daftar, insya Allah bisa ikotan 🙂

  2. Frenavit Putra :

    InsyaAllah sempat ndak sempat akan di sempatkan hadir.. Semoga tidak ada aral melintang… Amin

  3. ajengkol :

    Insya Allah dateng

  4. Tweets that mention TuguPahlawan.Com » Blog Archive » Seminar Implementasi Piagam Asean -- Topsy.com :

    […] This post was mentioned on Twitter by ajengkol. ajengkol said: Bagi Blogger Sabtu 22 Mei 2010 berada di Surabaya silahkan Kopdar Blogger https://tugupahlawan.com/3709/seminar-implementasi-piagam-asean/ […]

  5. kodokkrawu :

    insyaAllah menyusul untuk datang

  6. [Event] Seminar Implementasi Piagam ASEAN | Situs Personal Frenavit Putra :

    […] bisa langsung menghubungi Contact Person ada di postingan ini atau bisa langsung daftar dan baca di https://tugupahlawan.com/3709/seminar-implementasi-piagam-asean/ KONTAK Gajah Pesing C. 085645323058 Email: fayyasa@gmail.com Twitter: twitter.com/gajah_pesing […]

  7. Paccarita :

    sukses untuk event-nya
    salam kenal yaaa

    mari ki’ diiiii

  8. Free Software Download :

    Mudah2an Blogger PLAT-M.com Dateng Smua.. 🙂

  9. amril :

    Mantap…Semoga sukses dan lancar acaranya ya.
    Bulan depan di Makassar kan’? 🙂

  10. gajah_pesing :

    @illa: alhamdulilah
    @frenavit: amin
    @ajengkol: alhamdulilah
    @kodokkrawu: alhamdulilah
    @paccarita: terima kasih dan sukses juga buat Angin Mamiri
    @free: amin dan alhamdulilah
    @amril: terima kasih mas, untuk bulan depan lebih baik tanya ke mas Aris

  11. iccuz :

    Semoga Q dapat ijin, Amiiin !

  12. cruwl :

    Pengen ikut tapi ada keperluan yang tidak dapat ditinggalkan.
    Semoga kedepan bisa ikutan.
    Sukses acaranya.

  13. cruwl :

    Pengen ikut tapi ada keperluan yang tidak dapat ditinggalkan.
    Semoga kedepan bisa ikutan acara lainnya.

    Sukses buat acaranya.

  14. rusabawean :

    Insyaallah bisa dateng
    aminnn

  15. rusabawean :

    aq daftar yaaa

Leave a Reply