Surabaya punya Bus Way.. ??

PEMKOT Surabaya berencana membuat solusi lalu lintas Surabya yang kian hari makin padat. Bus Way yah.. berita ini mungkin sudah kesebar kemana-mana, Bus Way dinilai dapat mengurangi kemacetan pada koridor utara – selatan surabaya. Jl. Ahmad yani, Jl. Basuki Rahmat, Jl bubutan, Jl. Indra pura dll,  jalan – jalan ini merupakan jalan arteri Surabaya, dan seperti yang “arek” surabaya ketahui jalan – jalan tersebut sangat padat pada pagi hari menjelang kerja dan sore hari saat jam pulang kerja, dan pada hari libur juga.  PEMKOT Surabaya telah melakukan survey (saia salah satu petugasnya XD~), dan juga studi – studi pada ruas – ruas jalan di surabaya, serta survey kendaraan umum yang ada disurabaya. apakah Bus Way dapat menjadi jawaban masalah lalu lintas Kota Kita ini ? sedangkan di Jakarta saja masih menjadi pro – kontra masyarakat. bagaimana menurut kalian teman – teman ??  NB : untuk koridor Timur – Barat ada rencana Bangun Fly over dari Pandegiling ke Banyu Urip, tapi saya tidak bahas disini karena takutnya terlalu banyak. 

20 Responses to “Surabaya punya Bus Way.. ??”

  1. Edi Psw :

    Waduh, bakalan rame nih.
    Kalo saya sendiri nggak setuju.
    Di Jakarta aja justru banyak masalah dengan adanya
    jalur Bus Way ini

  2. DEeon neTEK SapI :

    gak hanya busway, tapi mass transport yg lain, yg aman, nyaman, murah..

    tapi juga harus merubah habit warga kota yang suka gengsi-gengsian bawa mobil dan motor dw ke mana-mana. karena habit itulah yg bikin jalanan macet. warga kota ini ibarat se-rumah mau ke tunjungan plasa, ayahnya bawa mercy, ibunya naik crv, anak cewek bawa si cempluk yaris, anak cowok bawa ferari.. gimana gak macet?

    tapi mereka gak sepenuhnya salah. transport massa yg ada saat ini kan tidak bisa memberikan jaminan rasa aman dan nyaman. ditambah lagi banyak preman. sopir juga ugal-ugalan. hanya tuhan dan dia sendiri yg tahu kapan dia mendadak melakukan pengereman! yang belakang jadi keteteran. moncong nyruduk angkot di depan. akhirnya bacok-bacokan!

    duh…

    *lanjut netek sapi / mimik susu sapi.. 😀 *

  3. Anang :

    artikel serupa pernah aku tulis disini

    […]Mungkin ada sebagian orang yang pro dan ada sebagian lagi yang kontra dengan proyek semacam busway ini. Ada yang berpendapat bahwa nanti jumlah lajur jalan akan berkurang karena satu lajur akan terpakai untuk busway serta akan berdampak semakin memperparah kemacetan yang sudah ada. Namun di pihak yang pro sendiri berpikiran jauh kedepan. Busway ini bukan semata-mata untuk menekan kemacetan melainkan merubah pola pikir masyarakat kita untuk beralih dari kendaraan pribadi menuju kendaraan umum seperti Busway ini. Dengan demikian penggunaan kendaraan pribadi bisa ditekan dan subsidi BBM pun bisa berkurang dan dialihkan ke sektor-sektor lainnya yang mendesak dan sangat memerlukan.. Serta tingkat polusi pun bisa diminimalisir serta banyak aspek lainnya yang bisa menguntungkan…

    Tentunya semua impian tersebut bisa terlaksana dengan baik dengan syarat, semua sarana pendukung transportasi massal ini harus diperbaiki agar nyaman dan aman untuk penggunanya…. Karena kalau nggak gitu, masyarakat akan berpaling ke kendaraan pribadi lagi dong……? :)[…]

  4. Edi Psw :

    » Deon :
    Bagi-bagi dong, sapinya.

  5. deteksi :

    #Edi Psw
    njenengan lak udah punya “sapi” dewe toooooo….
    hayo, setia!!!

  6. anasmcguire :

    3 tahun terakhir, pertumbuhan jalan (pembangunan jalan baru) 0 persen. Sedangkan pertumbuhan kendaraan mobil 4 persen pertahun, sepeda motor 7 persen pertahun. (HARYO SULISTYARSO, 2007)
    Menurut saya tidak imbang… Jika ruas jalan dipersempit untuk jalur busway, malah akan menambah kemacetan… karena dari tahun ke tahun jumlah kendaraan semakin banyak… sekarang aja jumlah kendaraan yang ada di surabaya kira-kira ada 1,55 juta dengan tingkat pertumbuhan kendaraan sekitar 9,7 persen/tahun. (Djatmiko Ichsani, 2007)

    Sangat ironis jumlah kendaraan yang semakin banyak, pertubuhan jalan 0 persen, jalan semakin sempit yang digunakan untuk jalur busway. Bukankah surabaya akan tambah macet? Kita liat jakarta, apakah kemacetan jakarta udah teratasi dengan diterapkannya bus way?

    *Ingat slogan dinas perpajakan “apa kata dunia?“*

  7. cempluk :

    masak kota metropolis kedua terbesar di indonesia, gak ada busway..:D hehehe

  8. yuki :

    kalo di Lyon Perancis, yang banyak justru pengguna sepeda pancal. Nanti mereka parkirin sepedanya di terminal tertentu, dan lanjut naik bis dan angkot ke tempat kerjanya. Ini namanya bike transit atau apalah…aku lali jektas moco mau…

  9. aRuL :

    hati2 aja tambah macet 😀

  10. kwawoenkz :

    meskipun aku bukan arek suroboyo asli, tapi tak dukung rencana pemkot yang satu ini, untuk kemajuan suroboyo, transportasinya jangan kalah ma jakarta! meskipun banyak kontra lanjut aja, kalau udah terealisasi kan masyarakat suroboyo sendiri yang merasakan manfaatnya!

  11. anasmcguire :

    @ kwawoenkz: opo cak manfaate?
    liat jakarta, apakah jalan yang tambah ruwet dikatakan sebagai manfaat?
    Apakah jalan yang setiap hari tambah macet dikatakan manfaat?

    Mari kita pikirkan sekali lagi deh apa manfaat dan konsekuensi menerapkan bus way di surabaya?

  12. evelynpy :

    Macet adalah suatu masalah, jadi sudah deh jangan ditambahi dengan masalah busway yang amat sangat membuat macet kota Surabayaku ini!

  13. aRuL :

    kayaknya fikir2 dulu deh kalo mo bikin busway, yah seperti jakarta itu. makin rumit.
    Bagi saya kesadaran bagi warga Kota surabaya untuk menggunakan transport massal, so mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.
    Tentunya harus diimbangi dengan transport massal itu harus memenuhi syarat juga.
    Yah sama2 sadar lah 😀
    *untung ke kampus masih jalan kaki*

  14. STR :

    saya berkacamata skeptik: urgensinya bagimana? jangan-jangan ini cuma pengada-adaan proyek di lingkungan pemkot aja, supaya pejabat-pejabat terkait bisa merasakan cipratan dari proyek.

    saya berkacamata optik: kok malah burem? ohh, pantes. lha wong motoku jek normal kok.

  15. yuki :

    Proyek busway memang sudah lama didengung-dengungkan pemerintah. Malah waktu acara Bincang Otomotif di SS, Bambang Supriyadi Kadishub Kota Surabaya pernah bilang, upaya Busway itu juga selain mengurangi kepadatan lalulintas Surabaya, juga untuk mengurangi angka kecelakaan karena banyaknya kendaraan bermotor.

    Memang di Jakarta proyek ini masih terus dicerca masyarakatnya. Bahkan ada yang nekat menggugat Fauzi Bowo Gubernur DKI, dan Sutiyoso Gubernur terdahulu, karena gara-gara proyek busway, ia harus menghabiskan waktu hampir 3 kali lipat waktunya di jalan. Memang masih jadi tanda tanya, apa bisa membuat masyarakat berpaling ke kendaraan umum? Mengingat pelayanan di kendaraan umum tidak begitu baik. Malah kadang-kadang ada sopir MPU yang kongkalikong dengan penjahat, untuk mempreteli perhiasan para penumpangnya. Nah, kalo udah gitu, jelas masyarakat akan lebih suka naik kendaraan pribadi. Itung-itung selain lebih irit, juga lebih cepat.

    Kalo saya sih, mending revitalisasi Kalimas yang dulu sempat dikoar-koarkan itu ndang dijalankan, jadinya nanti dengan kali yang bersih, dan ada sarana angkutannya. Wis ta, orang pasti lebih seneng nyusuri kali ke tempat kerjanya, daripada bermacet ria di darat, dan kena polusi pula…mudah-mudahan nggak cuma mimpi….

  16. galih :

    Yah… pokoknya jangan melakukan kesalahan Jakarta saja. Surabaya harus belajar banyak dari Jakarta soal busway…

  17. sun :

    yah.. kemarin ada kegiatan di depan gelora 10 november.. “ayo pake sepeda” mungkin itu bisa jadi solusi, tetapi masalahnya ” jam karet” di indonesia sudah menjadi budaya.. apa anda mau kerja jam 7 pagi berangkat lebih cepat setangah jam dari biasanya ??

  18. Astri :

    Kalo sarana transportasi kita sudah jauh lebih menyenangkan, kayaknya akan banyak orang mau berganti moda transportasi. Kota New York kalo gak salah pernah bikin retribusi buat mobil pribadi yang beredar di jalan, dan harganya cukup mahal. .Sehingga pada mikir dua kali kalo mau bawa mobil pribadi
    Sayang, Surabaya panas banget, jadi agak2 mikir mau naik sepeda onthel ke TP 🙂 Tapi kalo praktek saya naik sepeda onthel lhoooo

  19. nanakiqu :

    klo ada bus way gmn dengan nasib supir metro mini dan bus kota….apa iya pemerintah sudah mempertimbangkannya…..saya kira semua kebijakannya harus di kaji ulang supaya ga merugikan orang…

  20. qorianku :

    waduh.. busway lagi ?
    aku melarikan diri dari jakarta pulang ke surabaya supaya gak ketemu busway kok disini malah mau mmbuat busway…

    ya tahu sendiri kalo busway dijakarta malah bikin macet, soalnya dah makan jalan yang harusnya malah dilebarkan…

    seharusnya solusinya adalah membatasi jumlah kendaraan
    polisi jangan main enak terima pajak kendaraan aja, emang sih lek kendaraan tambah akeh pajak seng melbu tambah akeh, lah tapi opo dalan e tambah akeh ???

    wes lah pokok e gak setuju ono busway…

Leave a Reply