Tempe penyet

Tempe Penyet pake PentolTau masakan asli surabaya ini kan ?? jangan ngaku arek suroboyo kalo ga tahu dan ga pernah makan tempe penyet.

Yah makanan ini bisa kita jumpai dengan sangat mudah di surabaya, entah mengapa makanan ini menjadi salah satu makanan favorit masyarakat surabaya, sepengetahuan saya dimana pun saya membeli Tempe Penyet pasti ramai dan BAHKAN sampai antri..

Rasanya yang pedas serta gurihnya tempe (dan tahu serta lauk yang lain) mengoda kita untuk memakannya, pada dasarnya makanan ini terdiri dari Tempe + Tahu + SAmbel Ulek(+ terong klo ada), hanya itu saja. tapi sekarang ini cukup bervariasi, mulai dari telor, ayam, bebek, sampe pentol. ya pentol yang biasanya ada di tukang bakso pun masuk dalam racikan penyet.

Kata wongΒ² Surabaya… pusat Tempe Penyet ada dijalan Karmen a.k.a Karang Menjangan sebelah rumah sakit Dr. Soetomo, jejeran warung tempe penyet ada disitu dan selalu ramai setiap hari.

Tapi apa anda sudah tahu tempe penyet wonokromo (sebelah DTC) konon katanya tempe penyet itu menyajikan sambel extra HOT serta pelayan yang yang ehemΒ².. itu bisa di buktikan dengan ramainya pelanggan tiap harinya (sUN^ melaksanakan survey), antri bukan antri “sedilut” tetapi antri lama dan sangat panjang. meskipun mulai BUKA jam 10 malam.

Apa anda berani mencoba ?? mau kopdar disana ?? XD~

21 Responses to “Tempe penyet”

  1. deteksi hati-hati :

    nah makanan yg satu ini sebenarnya aku suka, tapi skrg kudu selektif dan hati2..
    1)karena sekarang perutku gak suka pedes2
    2)sambelnya itu kan pake trasi. tau proses bikin trasi? wes aku gak crito, daripada semua ngeriiiii….
    3)adoh… makan ginian masa ke DTC? kalo sekalian mampir sih boleh… tapi mending langsung ke RAWON PAK PANGAT di dalam DTC situ.. lebih mak nyus… *ayo ada yg pernah nulis ini blom?*

    tapi.. kalo kadung pengen, ya terpaksa harus rewel ke yg jualan, gak pake trasi, cukup lombok, tomat, bawang, garam..

    sedikit nasi.. *dua piring*

    sedikit tempe *5 potong*

    sedikit ayam *dada menthok + brutu*

    siap? SIKAAAAATTTTTTT….

  2. sUN^ :

    sedikit versi mu = versi jumbo sUN^

    wah wah… Dion sepertinya berbakat jadi penggantinya Pak BOndan “maknyus” … πŸ™‚

  3. STR :

    @ deteksi: ayo mamen! ditulis aaj sklaian. dalam

  4. evelynpy :

    Kok kayak porsinya ayam penyet RIA.
    Tau kan?:)
    atau jangan2 memang ayam penyet Ria?

  5. Edi Psw :

    Tempe penyet aq paling suka
    Yang bikin nggak suka kalo sambelnya kepedesen

  6. arifaji :

    wah enak tenan panganan iki. tinggal lhepp..he..he.. (kayak iklan sosis saja). Kalo lagi ngantor seringnya makan “penyet” an gini dech. soalnya praktis bro.

    masalah kekuatan perut…itu urusan lain he..he..

  7. JieWa Nakamura :

    @Eve : saya yakin bukan RIA, kalo disana bakwannya dibelah jadi merekah πŸ˜€

  8. aRuL :

    makanan suroboyoan yang paling cepat pas di lidah sejak ku datang di sby, memang asyik sih…
    kalo mau tuh penyet yang di gubeng pojok,
    apalagi penyet ayam, makyus banget sambelnya, sambel ulek yang masih segar.
    biasanya ku makan 2 kalo lag lapar πŸ˜€

    eh sambal ulek terkenal loh di belanda, teman orang londo ngomong gitu πŸ˜€

  9. cathief :

    omg! aku bener2 suka tempe penyet , ayam penyet dan semua yg berbau penyet ! makanan suroboyo memang paling ngangeni, sekarang di sini jangankan makanan surabaya, makanan indo saja susah banget nemunya πŸ™

    yum yum yum.. posting yg bikin lidah mengecap nih

  10. aRuL :

    eh baru liat baik2 fotonya, ternyata ada baksonya juga, so jadi bakso penyet dong πŸ™‚

  11. sUN^ :

    wah wah..
    banyak yang suka.. ayo2 jangan berimajinasi.. ayo makan bareng XD~

  12. deT :

    #arul
    makanya dibaca tulisannya, jangan langsung komentar!
    wekekekeek….

    *lariiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii*

  13. aRuL :

    @det : sori, tadi koneksi ke tugupahlawan.com lelet so cuman baca dikit… trus fotonya juga ngak tampil…
    so ndak sempat liat bulatan itu πŸ˜€

  14. santy :

    kok ada baksonya yah? -_-‘
    tapi..tempe penyet emang enaaakkk πŸ˜› *ngiler*

  15. anasmcguire jatuh cinta :

    Bener kata santi… Perasaan tempe penyet gak ada pentolnya… Wah, salah foto nih…

    @ deteksi (mas dion): ngapain jauh-jauh ke DTC. Rawon setan aja……

  16. gandhi :

    kalo tempe ato apapun yg di penyet sih ok2 aja deh tapi kalo rawon gak doyan hiks… gak tau kenapa bisa gak doyan ama yg namanya rawon… trauma masa lalu kali.. lihat didalam dandangnya ada itu tuh…… hiiiiiiiiiiiiiiii

  17. aRuL :

    @ anasmcguire : rawon setannya udah ngak enak πŸ˜€

  18. nanakiqu :

    he..he.. baru tahu ada tempe penyet ada baksonya

  19. Neng Chiw :

    kalo aku, biasane makan penyetan gak pake sambel… πŸ˜†
    lha ancen aku ra doyan sambel kok…

    penyetan pak kumis keputih yo Enak lho… onok bumbu kuning’e…

    :mrgreen:

  20. sUN^ :

    nanakiqu : itu pengalaman saya ada pentol dipenyet, maap klo tersinggung..
    anasmeguire : penyet DTC sambel e sangar..

  21. luphy :

    bLom pernah ada yg nyoba di depannya kampus UPN. tmpilanya sederhana seperti brand yg dipasangnya. tapi masakannya sungguh oeenak…
    nasi yg ditanak dg campuran santan shg ada rasanya. blom tempe + tahu yg disajikan sngguh besar2. dan yg paling kusukai adalah Sambal BISA AMBIL SENDIRI. tidak dibatasi…sayangnya koq murah bget sich…. apa g rugi tuh..

Leave a Reply