Trans-Gender

example transgender in USA

example transgender in USA

Memperbincangkan Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender yang disingkat dengan LGBT tidak dapat dilepaskan dari pembahasan tentang seksualitas karena hal tersebut yang menyebabkan adanya diskriminasi dan kekerasan yang dialami oleh kalangan LBGT. Seksualitas yang dimaksud disini memiliki makna yang luas yaitu sebuah aspek kehidupan menyeluruh meliputi konsep tentang seks (jenis kelamin), gender, orientasi seksual dan identitas gender, identitas seksual, erotism, kesenangan, keintiman dan reproduksi. Seksualitas dialami dan diekspresikan dalam pikiran, fantasi, hasrat, kepercayaan atau nilai-nilai, tingkah laku, kebiasaan, peran dan hubungan. Namun demikian, tidak semua aspek dalam seksualitas selalu dialami atau diekspresikan. Seksualitas dipengaruhi oleh interaksi faktor-faktor biologis, psikologis, sosial, ekonomi, politik, sejarah, agama, dan spiritual. Pada dasarnya, terdapat dua pandangan tentang seksualitas yang saling berseberangan, yaitu antara kelompok yang mendasarkan pemikiran tentang seksualitas pada aliran esensialism, dan kelompok yang lain pada social constructionism.

Kelompok esensialism
meyakini bahwa jenis kelamin, orientasi seksual, dan identitas seksual sebagai hal yang bersifat terberi dan natural sehingga tidak dapat mengalami perubahan. Kelompok ini berpandangan bahwa jenis kelamin hanya terdiri dari 2 jenis yaitu laki-laki dan perempuan; orientasi seksual hanya heteroseksual; dan identitas gender harus selaras dengan jenis kelamin (perempuan-feminin; laki-laki- maskulin) menyebabkan kelompok yang berada di luar mainstream tersebut dianggap sebagai abnormal.

Atau, kasarnya, kaum LGBT dianggap kaum “banting setir” karena nyeleneh dari kodratnya.

Sebaliknya, dalam pandangan social constructionism, bukan hanya gender, namun juga seks/jenis kelamin, orientasi seksual maupun identitas gender adalah hasil konstruksi sosial. Sebagai sebuah konstruksi sosial, seksualitas bersifat cair, dan merupakan suatu kontinum sehingga jenis kelamin tidak hanya terdiri dari laki-laki dan perempuan namun juga intersex dan transgender/transeksual, orientasi seksual tidak hanya heteroseksual namun juga homoseksual dan biseksual.

Terlepas dari julukan “banci kaleng”, yang “banting setir” cuma untuk ngamen atau cari uang………….

Bagaimana bila seseorang dilahirkan sebagai pria atau wanita, kemudian terdapat kelainan kondisi kejiwaan sehingga timbul naluri untuk demen alias suka sama yang sejenis ???

Bagaimana bila seseorang fitrahnya adalah pria atau wanita, tapi karena kelainan kondisi tubuh / hormonal sehingga harus menjalani operasi transgender ???

Bagaimana bila seseorang mengalami kondisi diatas dan mendapatkan perlakuan yang menjurus pelecehan dan kekerasan ???

what do you think, brother n sister ???

*Tidak sengaja waktu menerjakan tugas masalah transgender menemukan artikel lama tapi menarik di Kompas TV*

28 Responses to “Trans-Gender”

  1. det :

    jadi ini bukan kopas kan kang? hehehe…

  2. ulan :

    mmmm sayang nya kelamin enggak bisa milih ya..

  3. nanakiqu :

    um…..weleh2 makin anech-anech wae manusia..hehehehhe

  4. shei :

    bicara mengenai kostruksi sosial, tentu mereka memiliki hak seperti kita yang (mungkin) heteroseks, tetapi, mengingat bahwa di Indonesia bukan negara sekuler…jadi mau-gak-mau ya agak tersingkir dari peradaban, karena alasan agama. Bukan maksud mengekslusifkan diri, namun, sadarlah kawan kalo kenyataan yang terjadi seperti itu. Ada solusinya, kalo mau bertindak sebebas-bebasnya tanpa merasa ‘terisolir’ di Masyrakat Indonesia, ya pindah aja ke Belanda…dijamin bebas…

    maka itulah,,

    kebabasan kita terbatas oleh kebabasan orang lain juga

    ^^

  5. gajah_pesing :

    meteng ah…

  6. aRai :

    pengen jadi cowok tapi tetep hamil … duh jadi inget ma seseorang yah … perutnya sama *lirik kiri-kanan*

  7. ilyas asia :

    yah….
    menungso
    ..kiamat rupane wis idek

  8. ilyas asia :

    yah….
    menungso
    ..kiamat rupane wis

  9. ilyas asia :

    huebat pancen manusia

  10. arqu3fiq :

    Trans gender sah sah aja. Buktinya ada kan. Kalau gag ada ngapai di posting.
    Perutnya kayak sapa ya? Lihat sekeliling anggota TPC 😀

  11. ilyas asia :

    b

  12. nggresik :

    iyo iyo….susahe dadi menungso…kudu sadar menungso di ciptakno nang bumi tujuane opo se rek…?

  13. mie2nk :

    hem, kiamat memang sudah dekat ya….

    *jadi teringat neh perutnya*

  14. mudz069 :

    Sayang memang kita sejak awal tak dibekali dengan menu properties sehingga dengan sekali klik orang bakalan tahu kita ini termasuk bagian yang mana.
    Lebih susahnya lagi orang menggunakan pendekatan yang berbeda untuk melakukan analisa.
    Pihak medis menggunakan pemeriksaan hormonal, psikolog tentu lebih suka pendekatan kejiwaan dan orang awam memartisinya dari hasil pengamatan visual, yakni perilakunya.
    Tapi untungnya saya rasa ada pendekatan yang lebih valid.
    Ada kata kata : aku tinggalkan 2 perkara yang bila engkau ikuti, niscaya engkau akan selamat………
    Dan didalam 2 perkara tsb. Ada ketentuan ketentuan guna membantu kita dalam memecahkan masalah ini.
    Kata kata itu seingatku disampaikan oleh orang yang sedang menyampaikan pidato perpisahan….karena dia tahu sebentar lagi memang akan pergi jauh.

  15. mudz069 :

    Sayang memang kita sejak awal tak dibekali dengan menu properties sehingga dengan sekali klik orang bakalan tahu kita ini termasuk bagian yang mana.
    Lebih susahnya lagi orang menggunakan pendekatan yang berbeda beda untuk melakukan analisa.
    Pihak medis menggunakan pemeriksaan hormonal, psikolog tentu lebih suka pendekatan kejiwaan dan orang awam memartisinya dari hasil pengamatan visual, yakni perilakunya. Dan kadang hasil akhirnya berupa ketidaksinkronan.

    Tapi untungnya saya rasa ada pendekatan yang lebih valid.
    Seingatku ada seseorang yang saat sedang menyampaikan “pidato perpisahannya” [karena dia tahu sebentar lagi memang akan pergi jauh], sebuah kata kata : aku tinggalkan 2 perkara yang bila engkau ikuti, niscaya engkau akan selamat………
    Dan didalam 2 perkara tsb. Ada ketentuan ketentuan yang akan membantu kita dalam memecahkan masalah ini.

  16. mudz069 :

    Aku pikir seharusnya ada kompabilitas antara hardware dan softwarenya, harus ada kesesuaian antara raga dan jiwanya.
    Bayangkan saja kalau ada hardware jenis laki2 tapi softwarenya kewanitaan. Kita mau pelukan juga gak nyaman, selalu kebayang weeh, tenaga diesel nih………..
    Kalau ada yang merasa kurang sesuai, kita sejogyanya berasumsi God never wrong dan softwarenya harus direpair sesuai hardwarenya.
    Mengapa ?
    hardware tidak pernah berubah karena perubahan iklim maupun perubahan lingkungan. Tapi sebaliknya, lingkungan kadang bisa merubah kejiwaan seseorang.

  17. aR_eRos :

    aneh tur ajaib
    kiamat sudah dekat

  18. harry_zoe :

    begitulah kira”

  19. rita :

    hmmm gak tau mau ngomen apa.. .. Mungkin baiknya cari kebenaran, diresapi dan diamalkan.. 😀

  20. Just Bryan :

    Naudzubillahimdzalik…
    Salah satu tanda-tanda kiamat..

  21. bembenk :

    Waduh…
    Kalo ngomong soal komunitas ‘penyuka sesama jenis’.. di Surabaya sudah semakin banyak..
    Bahkan tiap tahun semakin bertambah dan semakin terang-terangan menunjukkan komunitas mereka… (Cuman kadang ada yangterkesan dari mereka cuman latah dan ikut2an aja… Tapi lama-kelamaan terseret juga..)

  22. mantan kyai :

    aih ada broundoung bowk … muah

  23. rinaissawati :

    ah….kalo yang namanya banting setir itu mah sudah ada sejak dulu.jaman wayang2 dulu bukannya udah ada yah.tapi yah begono kalo menurutq cuman dari manusianya sendiri.kan tuhan maha pengasih dan penyayang 🙂

  24. ndutyke :

    ga mau komen kalo soal ini ah…

  25. sibermedik :

    walah..awakmu pingin di adzab koyok kaum’e Nabi Luth A.S yo?

  26. ana :

    duh bingung banget yoooooooooooooooooooooo jdi dri sndri………………………………………………………………………………pgen jadi cewek pi gendernya cowok……………………………………………………………………………….. pgen jadi cowok tapi gendernya cewek……………………..gimana donk mau lesbian tw homo dosa tyuzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzkawin ma siapa donk?????????????????????????????????????????????????????????????????????????

    jo kiamat dlu donk………………..kan blom kawinnnnnnnnnnnnnnnn……eh hemmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm

  27. opit :

    amit-amit..
    amit-amit..
    jangan sampe dech !

  28. windi adi wibowo :

    wew…..makin edannnnn
    btw foto diatas (cowok hamil) beneran gak yah??

Leave a Reply